Kalikotes Family Farm: Kegiatan Edukasi Pertanian Hidroponik yang Ramah Keluarga

Kalikotes Family Farm: Kegiatan Edukasi Pertanian Hidroponik yang Ramah Keluarga
info gambar utama

Pada Selasa 18 Juli 2023, mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2023 subunit Kalikotes telah melaksanakan salah satu program kerja yang bernama “Kalikotes Family Farm”.

“Kalikotes Family Farm” merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan pertanian hidroponik yang ramah keluarga. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengampanyekan konsumsi sayur dan ketahanan pangan keluarga.

Kegiatan “Kalikotes Family Farm” dilaksanakan di Central Hidroponik Tirta Arum yang berlokasi di Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 20 orang siswa kelas 2, 3, dan 4 SDN 1 Kalikotes beserta 20 orang tua/pendampingnya.

Selain Gundala yang Difilmkan, Akan Rilis Pula 30 Komik, Novel, dan Buku Anak di 2019 Ini

Kegiatan dibuka dengan peresmian gapura melalui simbolis pemotongan pita oleh Plt Camat Kalikotes, Retno Setyaningsih S.K.M, M.M.R didampingi oleh Kepala Desa Kalikotes, Ponidi S.M, dan Direktur Central Hidroponik Tirta Arum, Paimin.

Setelah acara pemotongan pita, peserta diarahkan untuk melakukan eksplorasi greenhouse Tirta Arum. Para peserta dapat melakukan observasi secara langsung terkait dengan teknik pertanian hidroponik yang memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Setelah melakukan observasi, peserta diarahkan menuju pendapa di dekat central hidroponik untuk kegiatan pembukaan dan sambutan dari perwakilan Wali Kelas, Kepala Desa, dan Camat.

Pembukaan dipandu oleh MC dengan membaca doa bersama. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Indah selaku perwakilan guru SDN 1 Kalikotes. Kemudian, sambutan selanjutnya disampaikan oleh Direktur Central Hidroponik Tirta Arum, Kepala Desa Kalikotes, dan Camat Desa Kalikotes.

Setelah sesi sambutan, peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mengikuti dua mata kegiatan inti, yaitu Kids Farm dan Moms Farm. Kids farm merupakan kegiatan pengenalan teknik budidaya hidroponik bagi anak-anak usia sekolah dasar, mulai dari pengenalan istilah hidroponik, tanaman yang bisa dibudidaya dengan teknik hidroponik, alat dan bahan yang dibutuhkan, proses tanam, hingga akhirnya panen dan memasak bersama.

Materi Kids Farm disampaikan dengan ringan dan sederhana, mengingat target audiensnya adalah anak-anak. Selain itu, untuk menambah keseruan dan antusiasme dari anak-anak yang menjadi pesertanya, sesi Kids Farm diselingi dengan kegiatan kuis di akhir. Ini sekaligus menjadi bahan penguji pemahaman anak-anak terhadap materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Di sisi lain, Moms Farm yang merupakan kegiatan sosialisasi pertanian untuk pendamping anak-anak peserta Kids farm dilakukan di tempat terpisah. Orang tua atau pendamping mendapatkan penjelasan terkait nutrisi yang digunakan pada hidroponik dan alat pertanian untuk menanam secara hidroponik. Selain itu, orang tua atau pendamping juga mendapatkan penjelasan terkait kandungan nutrisi dan kelebihan sayuran yang ditanam secara hidroponik.

Contoh Amsterdam, Tanggul Laut Raksasa Akan Dibangun di Tol Semarang-Demak

Materi yang disampaikan bertujuan untuk mengenalkan pertanian hidroponik pada masyarakat luas. Selain itu, secara tersirat, sesi Moms Farm juga mengajak pada orang tua atau pendamping yang hadir untuk mengajarkan pada anak-anaknya untuk makan sayuran sejak dini sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi hariannya.

Setelah materi selesai disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan demo memasak sayuran hidroponik oleh ibu-ibu kader hidroponik. Para peserta menyaksikan demo masak dengan seksama dan antusias. Hasil masakan kemudian dibagikan kepada para peserta supaya dengan tujuan untuk mengajak peserta, terutama anak-anak, agar mau makan sayur sebagai konsumsi sehari-harinya.

Setelah sesi makan bersama selesai, kegiatan kemudian ditutup oleh MC dengan berdoa bersama. Ditutupnya acara menjadi penanda diizinkannya para peserta kegiatan untuk meninggalkan lokasi. Namun, sebelum itu, para peserta dibagikan buah tangan berupa gantungan kunci untuk menambah antusiasme dan kesan terhadap kegiatan Kalikotes Family Farm.

Penulis: Tim publikasi KKN-PPM UGM JT094 Subunit Kalikotes

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini