Konsumsi Handphone Bisa Berimbas Negatif Bagi Kesehatan

Konsumsi Handphone Bisa Berimbas Negatif Bagi Kesehatan
info gambar utama

Tahukah Kawan, bahwa pengguna aktif media sosial Indonesia mencapai angka sekitar 167 juta per Januari 2023, lho. Salah satu sarana penyumbang konsumsi media sosial adalah penggunaan telepon genggam atau handphone. Di era yang telah modern ini, manusia cenderung tidak bisa lepas dari teknologi.

Dengan teknologi kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Contoh sederhana penggunaan handphone yaitu dengan handphone kita dapat mengetahui informasi apapun dengan mudah, bertukar kabar dengan instan, dan banyak lagi kemudahan yang kita dapat.

Handphone atau telepon genggam merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi, dengan ukurannya yang kecil yang user friendly atau mudah untuk dibawa ke mana pun dan mengakses internet kapan pun.

Handphone awal mulanya ditemukan oleh General Manager Communication Motorola, yaitu Martin Cooper pada tahun 1970an pada saat itu bobot handphone masih seberat satu kilogram. Dulu, handphone digunanakan hanya untuk menelepon dan mengirim pesan singkat (SMS).

Semakin berkembangnya teknologi, kini ponsel telah memiliki berbagai fitur seperti kamera digital, berbagai aplikasi, layanan internet, pemutar musik, peta digital, dan hiburan.

Nah, penggunaan handphone yang tanpa kontrol dan manajemen yang baik, akan menimbulkan beberapa dampak negatif bagi kita. Efek tersebut berimbas pula pada kesehatan manusia.

Berikut adalah dampak negatif dari penggunaan ponsel yang berlebihan, meliputi:

1. Gangguan pada Mata

Menggunakan handphone dalam jangka panjang dan dengan jarak dekat secara berulang dapat menyebabkan ketegangan pada otot mata, yang dapat menyebabkan masalah rabun jauh atau myopia pada beberapa individu. Handphone juga mengeluarkan cahaya yang disebut blue light. Blue light ini dapat menyebabkan kelelahan mata dan mengganggu ritme sirkadian kita.

Penggunaan ponsel terutama pada malam hari dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan gangguan tidur yang mempengaruhi kualitas istirahat kita. Selain itu, memandangi layar handphone dalam waktu yang lama tanpa jeda dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Hal ini dapat menyebabkan mata kering, mata lelah, hingga perih.

Super Canggih! 3 Inovasi Gadget Terkini Bisa Permudah Aktivitas

2. Text Neck Syndrome

Text neck syndrome (Sindrom Leher Teks) adalah kondisi medis yang terjadi akibat postur leher yang buruk saat menggunakan handphone atau perangkat teknologi lainnya. Terlalu sering bermain handphone bisa membuat orang menjadi sering menunduk dan kepala cenderung condong ke depan untuk melihat layar.

Hal ini menyebabkan otot leher dan punggung bagian atas harus bekerja lebih keras untuk menahan berat kepala. Postur yang buruk dan berulang saat menggunakan handphone dapat menyebabkan ketegangan otot di leher, bahu, dan punggung bagian atas. Ketegangan ini dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan pada area tersebut.

3. Kurang Tidur

Orang-orang yang sudah kecanduan handphone akan sulit untuk melepas gadget tersebut dari genggamannya. Mereka bisa mengabaikan waktu tidurnya hingga rela begadang hanya karena terlalu asyik bermain handphone, entah itu untuk bermain sosmed, chattingan, dan menonton video.

Aktivitas ini dapat meningkatkan kegugupan atau keterlibatan emosional, sehingga menyulitkan seseorang untuk meredakan pikiran sebelum tidur dan membuat tidur menjadi kurang nyenyak. Handphone juga sering kali menyebabkan interupsi tidur akibat pesan masuk, panggilan telepon, atau pemberitahuan lainnya.

Jika seseorang tidur dengan handphone di dekatnya, notifikasi ini dapat menyebabkan terbangunnya tidur, mengganggu kualitas tidur, dan menyebabkan gangguan tidur. Beberapa orang mungkin menjadi kecanduan dengan handphone dan sulit melepaskannya bahkan ketika sudah waktunya tidur.

Kecanduan ini dapat mengganggu jam tidur dan menyebabkan kurangnya waktu tidur yang cukup bahkan hingga begadang. Resiko terkena penyakit diabetes, stroke, obesitas, dan jantung dapat meningkat jika seseorang terlalu sering begadang.

4. Kurang Konsentrasi

Aliran darah tidak dapat bekerja dengan maksimal karena handphone yang mengeluarkan radiasi elektromagnetik, itulah sebabnya mengapa seseorang kurang fokus dan susah untuk berkonsentrasi. Selain itu handphone sering kali menyebabkan gangguan dari notifikasi seperti pesan masuk, panggilan telepon, atau pemberitahuan media sosial.

Setiap kali notifikasi muncul, perhatian kita dapat teralihkan dari tugas atau aktivitas yang sedang dilakukan, mengganggu konsentrasi kita.

7 Hobi Baru Tanpa Gadget, Bersiap Untuk Ubah Hidupmu!

5. Sakit Kepala

Handphone mengeluarkan energi negatif RF (Radio Frequency) yang kemungkinan dapat memicu sakit kepala hingga muntah, penglihatan pun akan terasa seperti berputar. Semakin lama penggunaan handphone maka rasa pusing ini bisa berlanjut dalam waktu yang lama.

Beberapa penelitian telah mencoba untuk mengidentifikasi apakah paparan energi RF dari handphone dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan. Namun, hasil penelitian ini masih kontroversial dan belum sepenuhnya jelas. Organisasi kesehatan seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Perlindungan Kesehatan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) telah melakukan penelitian tentang potensi dampak kesehatan dari paparan RF, termasuk dari handphone.

Hal tersebut menyatakan bahwa bukti yang ada saat ini tidak cukup untuk mengkonfirmasi adanya risiko kesehatan yang signifikan.

Di balik banyaknya manfaat handphone yang semakin memudahkan kehidupan manusia ternyata handphone juga bisa memberi dampak negatif bagi kita. Smartphone memang memberi banyak manfaat, tapi jangan sampai penggunaannya malah mebahayakan kesehatan dan membuat penggunanya kecanduan. Jangan sampai handphone menguasai diri penggunanya.

Tentukan batas waktu ketika menggunakan handphone agar dampak buruk dari radiasinya tidak berpengaruh pada kesehatan kita. Gunakanlah sewajarnya, jangan sampai kita lupa waktu dan jam tidur kita di malam hari pun terbuang hanya karna asyik bermain handphone.

Berkomitmenlah pada diri sendiri untuk tidak berlebihan dalam menggunanakan handphone demi menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kecanduan Gadget? Berikut 3 Tips Untuk Mengatasinya

Referensi:

  • “Waspadai Dampak Negatif HP Bagi Kesehatan”. 2023. https://www.alodokter.com/hati-hati-menggunakan-ponsel-berlebihan-bisa-memicu-penyakit-ini. Diakses pada 19 Juni 2023
  • Hutajulu, Novensia. 2021. “Perhatikan! Ini Dampak Buruk ponsel Bagi Kesehatan”.https://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/710-perhatikan-ini-dampak-buruk-radiasi-ponsel-bagi-kesehatan. Diakses pada 21 Juni 2023
  • Mayasari, Amalia. 2022. “Dampak Gadget Terhadap Kesehatan Mata”. https://www.herminahospitals.com/id/articles/dampak-gadget-terhadap-kesehatan-mata. Diakses pada 21 Juni 2023
  • Tim Promkes RSST. 2022. “Stop Kebiasaan Tidur Di Dekat HP”. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1693/stop-kebiasaan-tidur-di-dekat-hp. Diakses pada 21 Juni 2023
  • Yasser, 2016, Mobile Phone: Sejarah, Tuntutan Kebutuhan Komunikasi, Hingga Prestise https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini