Program Studi Ekonomi Pembangunan, Ini Dia Konsentrasi Studinya

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Ini Dia Konsentrasi Studinya
info gambar utama

Ekonomi Pembangunan merupakan bagian dari dunia perkonomian yang ada di Indonesia. Program Studi Ekonomi Pembangunan biasanya berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Program studi ini mempelajari tentang perekonomian nasional, baik secara mikro maupun makro dengan berbagai persoalan perekonomian seperti perdagangan, perbankan, manufaktur, pemerintahan, pertanian, energi dan lingkungan.

Prodi ini sudah banyak tersedia di beberapa perguruan negeri dan swasta yang ada di Indonesia dengan pilihan konsentrasi yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari masing-masing perguruan tinggi. Yuk, Kenali konsentrasi pada Prodi Ekonomi Pembangunan berikut ini!

1. Konsentrasi Ekonomi Pembangunan & Perencanaan

Konsentrasi di bidang ekonomi pembangunan dan perencanaan digunakan untuk menganalisis mengenai permasalah pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan sosial yang terjadi di Indonesia maupun negara lain yang masih berkembang untuk mencapai kesejahteraan.

Mata kuliah yang ditemui adalah keuangan negara, ekonomi kelembagaan, teknik perencanaan pembangunan, ekonomi lingkungan, ekonomi SDM dan pembangunan perkotaan daerah dengan prospek bekerja di instansi pemerintahan, lembaga negara, analisis bisnis, dan tenaga pendidik ekonomi.

2. Konsentrasi Ekonomi Keuangan dan Lembaga Keuangan

Dengan adanya inflasi dan kebijakan moneter, maka munculah konsentrasi yang berfokus kepada segala bentuk kebijakan moneter untuk mencapai sasaran ekonomi makro dengan pemerataan pembangunan, pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan keseimbangan neraca pembayaran.

Selain itu, juga akan mendapatkan pembelajaran mengenai keuangan dan aktivitas pengelolaan pada lembaga keuangan yang berada dalam sistem moneter.

Prospek karier konsentrasi ini cukup luas seperti perbankan, auditor, analisis keuangan, akuntan, analisis kredit, manajemen investasi dan manajemen keuangan pada level pemerintahan maupun perusahaan.

Merawat Tabob, Hewan yang Disakralkan oleh Masyarakat Kepulauan Kei

3. Konsentrasi Perdagangan Internasional dan Industri

Konsentrasi dengan cakupan lingkungan industri ini mulai dari usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM sampai dengan industri multinasional. Bidang tersebut mempelajari tentang teori ekonomi, prinsip ekonomi internasional, prinsip perdagangan internasional dan perilaku perusahaan serta kebijakan pemerintah dalam mengatur industri .

Mata kuliah terkait dengan penjurusan ini adalah analisis ekonomi keuangan internasional, ekonomi pemasaran internasional, ekonomi strategi, teknik perdagangan dan kelembagaan. Lulusan konsentrasi ini dapat bekerja di pemerintahan, industri swasta maupun BUMN.

4. Konsentrasi Ekonomi Publik

Konsentrasi yang mempelajari tentang keadaan ekonomi yang ada di masyarakat dari sudut pandang publik dan pemerintahan untuk mengoptimalkan kinerja ekonomi di sektor publik. Keadaan ekonomi publik biasanya masih bermasalah pada kebijakan subsidi/pajak, kebijakan teknologi, pendidikan, kesehatan dan keamanan.

Mata kuliah yang dipelajari adalah ekonomi lingkungan, akuntansi sektor publik, ekonomi kesehatan, ekonomi sumberdaya dan energi, ekonomi pendidikan dan komunikasi publik.

5. Konsentrasi Ekonomi Bisnis dan Industri

Konsentrasi dengan ruang lingkup bisnis dan industri untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, pelaku bisnis industri dan dampaknya kepada ekonomi makro dan mikro.

Mata Kuliah yang dapat ditemui adalah ekonomi manajerial, bisnis internasional, teori lokasi, teori permainan, teori portofolio dan analisis investasi dan kewirausahaan. Prospek kerja yang terkenal adalah sebagai entrepreneurial analyst.

6. Konsentrasi Ekonomi Islam

Konsentrasi yang terkait dengan sistem ekonomi pada umumnya, seperti teori ekonomi dan bisnis, keuangan dan pengembangan ekonomi, hanya saja bersifat dan dalam perspektif islam dengan ajaran syariat agama islam yang sudah diatur dalam hadist, sunnah, dan Al-Quran. Pekerjaan yang sesuai adalah staf keuangan syariah, ahli ekonom islam, dan dosen ekonomi islam.

Lewat Prawira Bandung, Kejayaan Kota Kembang di Bola Basket Indonesia Akhirnya Kembali

7. Konsentrasi Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan

Konsentrasi terhadap aspek ekonomi dan sosial dalam pengelolaan sumberdaya alam dengan melakukan analisis kuantitatif dan pemahaman tentang pendekatan ekonomi untuk mengatasi tantangan eksploitasi sumber daya dan penyalahgunaan lingkungan.

prospek kerja yang paling cocok adalah bekerja di perusahaan dan korporasi swasta dan lembaga pendidikan. Selain itu juga dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti kementrian pertanian, kementrian perhutanan, BAPPENAS, dan kementerian lingkungan hidup .

Dari ulasan di atas, konsentrasi ekonomi pembangunan mana yang jadi pilihan Kawan GNFI, nih?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini