KKN UGM Ikuti Masa Ta'aruf Siswa Madrasah Ibtidaiyah Slukatan

KKN UGM Ikuti Masa Ta'aruf Siswa Madrasah Ibtidaiyah Slukatan
info gambar utama

Halo, Kawan GNFI! Ikuti petualangan kami di Dusun Slukatan, Kecamatan Mojotengah, yuk!

Pada minggu keempat ini, kami menjalani keseruan bersama adik-adik di Madrasah Ibtidaiyah Slukatan selama tiga hari. Kami diberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam acara Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) untuk peserta didik baru.

Hari Senin tanggal 17 Juli kami bertemu dengan mereka untuk pertama kalinya. Para siswa mengenakan pakaian seragam TK berwarna-warni yang sangat menggemaskan. Dipertemuan pertama ini, terlihat antusias yang sangat besar dari adik-adik ketika bertemu dengan kami. Disambut dengan teriakan semangat dan senyum lebar dari adik-adik membuat semangat kami berkobar.

Acara dimulai dengan perkenalan dari Tim KKN-PPM UGM yang kemudian dilanjutkan oleh adik-adik. Khas senyum malu mereka semakin membuat mereka terlihat menggemaskan. Setelah perkenalan, acara dilanjut dengan pengenalan huruf dan angka.

Pengenalan huruf diawali dengan bernyanyi bersama dan mencoba menulis abjad dengan metode menggambar lima jari. Kemudian pengenalan huruf juga dilanjut dengan mini games yang dilakukan dengan mencocokkan huruf dengan kata yang telah disediakan.

Cerita KKN UGM Hari ke-16: Tamasya Bersama dan Pembelajaran Taman Baca Al Quran

Lalu, siswa-siswi belajar mengenai angka yang diawali dengan menggambar hewan dari angka. Belajar angka ini nggak kalah seru loh, dengan belajar huruf.

Kami juga bermain games dengan nama lompat angka. Di mana akan disediakan beberapa angka di lantai, kemudian kami menginstruksikan beberapa angka yang harus dilompati. Kegiatan pada hari pertama MATSAMA pun diakhiri dengan pembuatan kartu nama dari kertas origami yang dibuat menjadi berbagai macam bentuk.

Hari kedua kami awali dengan senam yang berjudul Aiya Susanti. Gerakannya lucu dan menyenangkan, sehingga membuat adik-adik antusias mengikuti senam tersebut. Mereka mengikuti gerakan sesuai irama dengan saksama. Selesai senam, mereka kami ajak untuk duduk melingkar dan bermain games.

Untuk meningkatkan motivasi anak dalam meraih cita-cita, games yang kami mainkan adalah games tebak profesi. Di mana kami akan memperagakan suatu jenis profesi, kemudian adik-adik harus menebak profesi apa yang kami peragakan.

Selain sesi permainan tebak pekerjaan, kegiatan selanjutnya adalah menggambar cita-cita yang mereka inginkan dan presentasi karya gambarnya di depan kelas. Di hari kedua ini, anak-anak juga belajar mengenal huruf hijaiyah dengan tujuan untuk membentuk peserta didik yang islami dan berkarakter.

Pengenalan huruf hijaiyah diawali dengan bernyanyi bersama. Murid-murid mengikutinya dengan sangat antusias. Malam harinya, di hari kedua MATSAMA ini, angin bertiup lembut mengusir kabut yang menghalangi pemandangan. Langit malam beserta bulan dan bintang terlihat jelas di angkasa raya. Kami pun menatap bintang-bintang tersebut sembari beristirahat dan bersenda gurau bersama.

Pada hari terakhir MATSAMA, kami memulai hari dengan senam penguin terlebih dahulu. Seperti biasa, anak-anak sangat bersemangat dengan senam tersebut. Bahkan. beberapa dari mereka meminta untuk menambah lagu lain, seperti Baby Shark dan Aiya Susanti.

Selesai senam, adik-adik diinstruksikan untuk duduk dengan rapi. Sebab, kami akan mengenalkan mereka dengan berbagai macam hewan dan buah. Pada pengenalan hewan, dilakukan dengan menggunakan berbagai gambar binatang , yang kemudian adik-adik diminta untuk menebak suatu hewan berdasarkan ciri-ciri dari hewan tersebut.

Pada kegiatan ini, antusias anak-anak tersebut sangatlah luar biasa, jika dilihat dari bagaimana mereka semua menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan cepat. Selesainya pengenalan hewan, dilakukan pengenalan berbagai macam buah dengan metode tebak-tebakan.

KKN UGM Adakan Pelatihan POCT pada Kader Kesehatan Kadisono, Deteksi Dini "Diabetes Melitus"

Baik kegiatan pengenalan hewan maupun buah, respon positif peserta membuat kami lebih bahagia. Acara tersebut diakhiri dengan pembagian hadiah dengan tiga nominasi untuk "Anak Terajin dan Teraktif". Berakhirnya kegiatan tersebut menandakan pula berakhirnya kegiatan MATSAMA di Madrasah Ibtidaiyah yang telah berlangsung selama 3 hari.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini