Cikal Bakal Menjadi Penulis Sukses dan Terkenal

Cikal Bakal Menjadi Penulis Sukses dan Terkenal
info gambar utama

Menjadi penulis sukses merupakan impian bagi mereka yang mencintai dunia tulis-menulis. Seorang penulis pastinya ingin mengabadikan karyanya untuk bisa dinikmati oleh banyak masyarakat luas, serta mempunyai harapan bahwa karyanya dapat diterbitkan oleh penerbit.

Banyak orang menganggap menulis itu sulit. Kawan GNFI, sebenarnya menulis itu mudah dan menyenangkan. Jika kita terus berlatih dan konsisten demi menemukan gagasan. Nah, Kawan GNFI pastinya penasaran bukan bagaimana tips menjadi penulis sukses ber-branding?

Kali ini Kawan GNFI, saya akan membagikan 10 tips agar bisa menjadi penulis sukses ber-branding. Sesuai versi saya selama belajar menjadi penulis pemula, hingga karya saya bisa terbit di penerbit favorit.

Penulis ber-branding merupakan istilah bagi penulis yang terkenal. Selama menjadi penulis banyak rasa manis pahitnya sebuah proses yang dirasakan. Namun, di balik itu, ada hasil yang berbuah manis yang membuat usaha tidak sia-sia.

Tiga Penulis asal Indonesia akan Menjadi Pembicara di Festival Sastra Internasional

Temukan Penulis Role Model

Menjadi seorang penulis sukses berbranding tentunya tidak semudah yang dibayangkan jika itu penulis pemula. Sering sekali pastinya merasa bingung bagaimana cara menulis dengan baik dan benar serta sulit memahami struktur dan kaidah penulisan karya ilmiah yang tepat seperti apa.

Untuk lebih mudah memahami cara menulis, sangat penting Kawan GNFI menemukan tipe penulis yang menjadi role model dalam menulis. Sehingga hal ini akan memudahkan pemahaman Kawan GNFI dalam memahami cara menulis yang baik dan benar lewat membaca karya-karyanya untuk menjadi panutan dalam penyusunan dan penulisan.

Banyak Membaca

Seorang penulis harus memiliki wawasan yang luas. Penulis yang minim akan membaca tentu tidak akan mengalami perkembangan dalam mengembangkan tulisan yang ia punya. Membaca akan membantu seseorang untuk memiliki wawasan yang luas, sehingga memampukan seseorang dalam menyampaikan ide dan gagasannya. Adanya sudut pandang yang berbeda-beda tentu hal ini akan membantu penulis menemukan banyak pesan lewat kegiatan membaca.

Tingkatkan Rasa Penasaran

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan membantu seorang penulis untuk terus mencari banyak sumber dalam mengembangkan tulisannya untuk lebih baik. Rasa ingin tahu pula akan membuat seseorang untuk lebih optimis, ambisius dan konsisten dalam melakukan sesuatu.

Eksplorasi Sensibilitas Panca Indra

Pengembangan kegiatan menulis tidak melulu tentang membaca dalam bentuk buku atau bentuk tulisan lainnya. Namun, membaca lingkungan dengan melibatkan panca indra yang Kawan GNFI atau penulis miliki itu juga sangat penting. Membaca lingkungan merupakan cara meningkatkan sensibilitas insting dalam mengaktifkan pola emosi dan perasaan kita

Hal ini dapat memunculkan sudut pandang yang berbeda dibandingkan hanya dengan membaca buku saja. Melibatkan panca indra pun akan meningkatkan insting perasaan pola emosi serta pendengaran terhadap pemahaman akan pesan atau sudut pandang orang lain.

Inilah Prospek Karier Profesi Penulis, Mulai dari Content Writer hingga UX Writer

Berpikir Inovatif dan Imajinatif

Setiap individu dan Kawan GNFI pastinya mempunyai kelebihan masing-masing yang berbeda-beda. Namun sayang, banyak orang yang masih bingung dan ragu atas kemampuan dirinya.

Hal itu sebenarnya dapat kita aktifkan lewat stimulus melatih diri. Seperti halnya tingkat inovatif dan imajinatif pun setiap seseorang memiliki perbedaan masing-masing. Namun, seringkali tercipta dari pengalaman yang dikembangkan menjadi karya tulis.

Personal Branding

Konsep penting agar menjadi penulis sukses berbranding di era generasi milenial saat ini ialah melakukan personal branding. Personal branding merupakan proses pengenalan diri pada khalayak banyak bahwa kita adalah sorang penulis. Bukan hal yang mudah bagi seorang pemula melakukan hal ini, hal ini membutuhkan keberanian dan konsisten.

Berada di era digital yang berkembang pesat membuat semua orang mudah mengakses berita dan informasi lainnya. Hal ini dapat dimanfaatkan seorang penulis dalam memperkenalkan dirinya sebagai penulis. Lewat postingan tulisan atau quotes, gambar, dan video yang memberikan citra sebagai penulis akan mampu mempengaruhi pembaca.

Aktif Melatih Diri

Langkah yang tidak kalah penting setelah beberapa kata kunci di atas ialah rajin melatih diri. Mempunyai wawasan yang luas saja tak cukup untuk menjadikan Kawan GNFI jadi penulis sukses berbranding.

hal ini juga perlu melakukan latihan, mengikuti bimbingan menulis, bergabung dalam komunitas menulis akan sangat mempengaruhi kemampuan untuk menjadi penulis sukses.

Menulis setiap ide dan gagasan yang ada, akan membuat Kawan GNFI mempunyai bacaan yang akan memunculkan sudut pandang tersendiri. Hal ini akan membuat perasaan ingin tahu yang tinggi untuk mencari kelengkapan informasi mengenai gagasan yang dimiliki.

Daily Journaling

Point ‘Daily Journaling’ ini sangat penting apabila ingin menjadi seorang penulis sukses berbranding. Daily Journaling merupakan kegiatan membuat jadwal menulis rutin setiap hari, hal ini menjadi langkah dasar yang penting yang membuat seseorang akan berhasil menggali perasaan dan emosinya.

Daily Journaling dapat membuat penulis update informasi atau isu yang sedang trending serta melatih penulis mudah menuangkan perasaan yang dialami untuk dikembangkan menjadi karya tulis. Sehingga, memudahkan penulis melakukan penilaian sejauh mana kemampuan dan perkembangan karya tulisnya berkembang.

Mengenang Sang Penulis Lupus

Menciptakan Relasi Luas

Gejolak pahit manisnya menjadi seorang penulis sukses ber-branding memang akan sangat sulit untuk di jalani. Membangun relasi dengan hambatan ekonomi dan masalah yang komprehensif lainnya merupakan tantangan yang perlu Kawan GNFI taklukan.

Menjadi penulis sukses berbranding sangat penting membangun relasi luas dengan para penulis, para penerbit hingga bergabung di komunitas penulis akan sangat membantu kita memprensentasikan karya tulis yang dimiliki.

Aktif Memanfaatkan Media Sosial

Di era Gen-Z saat ini yang aktif mengomsumsi media sosial dibandingkan dengan media cetak dan lainnya. Maka sangat penting penulis cerdas dalam memanfaatkan media sosial yang dimiliki, sehingga hal ini dapat membantu memperkenalkan karya Kawan GNFI atau penulis untuk dapat dibaca dan menarik perhatian pembaca. Hal ini akan membuat karya penulis atau Kawan GNFI dapat berkembang.

Referensi:

  • https://penerbitdeepublish.com/proses-kreatif-menulis/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

OH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini