Inilah 7 Prospek Kerja yang Cocok untuk Lulusan Manajemen Pajak

Inilah 7 Prospek Kerja yang Cocok untuk Lulusan Manajemen Pajak
info gambar utama

Jurusan Manajemen Pajak merupakan jurusan yang dapat dipilih untuk memperdalam tentang Ilmu Perpajakan, Jika di perpajakan disiapkan untuk menjadi ahli pajak, maka Manajemen Pajak lebih mempelajari tentang tata kelola perpajakan atau ilmu yang mempelajari penatausahaan serta pelayanan terhadap semua kewajiban dan hak wajib pajak. Manajemen Pajak juga terkenal sebagai Ilmu Pengorganisasian Pajak.

Manajemen Pajak akan sangat berguna dalam membantu wajib pajak membayarkan setiap kewajiban pajaknya sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia agar tidak terjadi kurang bayar maupun lebih bayar. Ilmu dalam Jurusan Manajemen Pajak ini cukup berguna dan dapat diterapkan dalam dunia kerja. Yuk, cari tahu mana saja pekerjaan yang cocok untuk jurusan ini!

Pentingnya Memiliki Growth Mindset untuk Kesuksesan Karier dan Kehidupan

1. Konsultan Pajak

Pekerjaan ini bergerak dibidang jasa dengan melakukan konsultasi mengenai pajak maupun membantu mengurus pajak. Profesi tersebut biasanya ditawarkan kepada wajib pajak pribadi maupun badan yang mengalami kesulitan dalam membayar pembayaran pajak atau bisa juga karena wajib pajak memiliki kesibukan dan tidak mengerti mengenai prosedur tata cara pembayaran pajak.

Seorang konsultan pajak memiliki kewajiban untuk selalu hadir mendampingi klien dan bertanggung jawab penuh untuk memberikan bantuan seperti, persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan hingga proses pengembalian kelebihan pajak selesai.

2. Staf Administrasi Pajak

Pekerjaan yang mengurus seluruh hal yang berkaitan dengan administrasi perpajakan mulai dari mempersiapkan dokumen yang diperlukan, pengarsipan catatan, pencatatan, perhitungan, pembayaran, pelaporan, dan pengawasan.

Perhitungan serta pengurusan pajak dilakukan oleh staf pajak, sehingga staf pajak harus bisa menghitung jumlah pajak yang harus dibayarkan pada periode tertentu, membayar pajak tepat waktu dan membuat laporan keuangan komersial dan fiskal untuk mencatat transaksi bisnis suatu perusahaan.

3. Staf Administrasi Keuangan

Jika Kawan GNFI tidak ingin berkerja tentang hal yang berkaitan dengan pajak, maka dapat bekerja menjadi staf administrasi keuangan. Pekerjaan ini memiliki tugas yang tak kalah penting dari pekerjaan sebelumnya, yaitu mengatur keuangan dan laporan, serta menyusun kebijakan anggaran suatu perusahaan. Mulai dari membuat rencana keuangan, mengatur arus uang, membayarkan hutang, dan menyusun anggaran keuangan.

Ada Peluang! Inilah 5 Karier Bidang Teknologi yang Paling Dicari

4. Pegawai Pajak

Pekerjaan lainnya dari lulusan manajemen pajak dapat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS yang bekerja sebagai pegawai di kantor pelayanan pajak. Kantor pelayanan pajak membagi pegawai pajak menjadi 9 seksi yaitu, Subbagian Umum, Seksi Tata Usaha Perpajakan, Seksi Pengolahan Data dan Informasi, Seksi Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Seksi Pajak Penghasilan Badan, Seksi Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan, Seksi Pajak Pertambahan Nilai, dan Seksi Penagihan.

5. Lembaga Keuangan dan Perbankan

Karena rekening bank juga bisa dikenakan paak, maka Kawan GNFI dapat bekerja di lembaga keuangan dan perbankan, karena kemungkinan pihak bank akan memerlukan seseorang yang dapat mengerti dan paham di bidang manajemen pajak, karena bank harus membayarkan pajaknya sesuai dengan undang-undang perpajakan.

6. Kantor Audit Publik (KAP)

KAP juga menerima lulusan manajemen pajak untuk bekerja, selain membantu untuk memeriksa laporan keuangan dan melakukan konsultasi terkait dengan keuangan, diperlukan juga perhitungan dan pelaporan untuk pajak yang akan dibayarkan.

7. Wirausahawan

Jika kamu tidak berniat untuk bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah, kamu dapat menjadi seorang wirausahawan dengan membuka suatu usaha. Selain dari ilmu yang telah dipelajari selama berkuliah, Kawan GNFI juga perlu memiliki relasi pertemanan yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis usaha.

Segudang Manfaat Mengikuti Program Bootcamp, Penunjang Karier Masa Depan

Itulah beberapa prospek kerja yang cocok untuk lulusan Manajemen Pajak. Bidang pekerjaan mana yang Kawan GNFI minati?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini