Asia Africa Festival 2023 Kembali Digelar, Ini Jadwal hingga Rangkaian Acaranya

Asia Africa Festival 2023 Kembali Digelar, Ini Jadwal hingga Rangkaian Acaranya
info gambar utama

Asia Africa Festival (AAF) kembali digelar pada pekan ini, tepatnya Sabtu (29/7/2023). Acara tahunan Kota Bandung ini sebelumnya sempat vakum dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Penyelenggaraan Asia Africa Festival bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia tentang peristiwa bersejarah Konferensi Asia Afrika (KAA) yang terjadi di Kota Bandung pada 18–24 April 1955 silam.

Dilansir dari Antara, Jumat (28/7/2023), Kepala Bidang Produk Budaya dan Kesenian Pertama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Ratnarahayu Pitriyati menyebut gelaran AAF juga dapat mempererat negara-negara inisiasi Asia Afrika dan melakukan historical walk.

Jadwal Asia Africa Festival 2023

Asia Africa Festival 2023 akan berlangsung hanya sehari pada 29 Juli 2023, dari pukul 14.00 hingga pukul 18.00 WIB. Hal ini dilakukan agar kondisi Kota Bandung tetap kondusif dan aman. Pihak penyelenggara memastikan saat azan Magrib, sudah tidak akan ada kegiatan.

Lokasi dan rangkaian acara

Asia Africa Festival akan diikuti oleh peserta dari negara tetangga dan kaputapen kota lain. Sebanyak 13 komunitas juga akan ikut meramaikan pawai di sepanjang Jalan Asia Afrika. Rute parade ini dimulai dari depan Hotel Grand Preanger dan berakhir di Jl. Sukarno.

Adapun total peserta pawai adalah 250 orang yang merepresentasikan Asia Afrika dengan baju khas masing-masing negara. Selain parade budaya, Asia Africa Festival 2023 juga turut dimeriahkan dengan pertunjukan musik.

Gedung Merdeka, Bangunan Kolonialisme hingga Jadi Tempat Persatuan Asia-Afrika

Ada penutupan jalan

Sejumlah titik jalan berikut dikabarkan bakal ditutup selama gelaran Asia Africa Festival 2023.

  1. Jalan Asia Afika dari simpang Tamblong depan Hotel Preanger hingga Jembatan Asia-Afrika
  2. Jalan Braga Pendek
  3. Jalan Sukarno

Ketiga ruas jalan tersebut akan ditutup selama 5 jam pada Sabtu, 29 Juli 2023 mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Dinas Perhubungan Kota Bandung pun memastikan penyiagaan puluhan petugas di sejumlah titik untuk mengatur kondisi arus lalu lintas untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Kantong parkir Asia Africa Festival 2023

Lebih lanjut, Dishub Kota Bandung juga telah menyiapkan sebanyak dua kantong parkir utama untuk mendukung pelaksanaan Asia Africa Festival 2023. Adapun lokasi kantong parkir ini di basement Masjid Raya Bandung dan kawasan Cikapundung.

Selain kedua lokasi tersebut, pihaknya juga menyebut ada beberapa kantong parkir alternatif lainnya, yakni di gedung eks Palaguna. Dengan kantong parkir ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas saat pergeralan Asia Africa Festival 2023.

Gus Dur sebuah Analisa Kebangkitan Asia dan Afrika dari Sepak Bola

Referensi:

Antara. Acara Africa Festival Bandung Digelar Lagi Setelah Vakum Dua Tahun. https://jabar.antaranews.com/berita/459411/acara-asia-africa-festival-bandung-digelar-lagi-setelah-vakum-dua-tahun?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini