Ide Inovatif Pengembangan UMKM berupa Lilin Aromaterapi Berbasis Virgin Coconut Oil (VCO)

Ide Inovatif Pengembangan UMKM  berupa Lilin Aromaterapi Berbasis Virgin Coconut Oil (VCO)
info gambar utama

Kesempatan untuk berbagi ilmu yang bermanfaat bagi warga, terutama di Dusun Walikangin, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul merupakan salah satu dari melodi harmonis kehidupan. Mengabdi di lingkungan masyarakat yang berbeda dari biasanya merupakan sebuah tantangan dan kebahagiaan tersendiri sebagai mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2023.

Informasi atau ilmu yang kurang terkait pemanfaatan sumber daya alam memang menjadi hambatan untuk bisa membuka wawasan baru bagi Warga Dusun Walikangin, terutama bagi pelaku UMKM. Warga masih belum bisa memanfaatkan secara optimal sumber daya alam yang ada di sekitar daerah.

Masyarakat setempat telah melakukan produksi minyak kelapa. Namun, dilakukan secara pemanasan yang tinggi sehingga akan mengurangi kualitas dari minyak kelapa tersebut. Produktivitas warga masih belum berjalan mengingat hasil dari minyak kelapa hanya dikonsumsi untuk kebutuhan pribadi.

Kilauan Serat dan Benang: Lintasan Menanjak Tekstil Asia Tenggara

Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dengan produk alami dan ramah lingkungan, peluang untuk memanfaatkan VCO dalam berbagai produk dapat dikatakan besar. Dilansir dari ukmindonesia.id, VCO biasanya dijual dengan harga premium dikarenakan kualitasnya yang tinggi dan memiliki citra yang kuat sebagai minyak sehat di pasar baik di global maupun lokal. VCO memiliki aktivitas antibakteri, antivirus, menurunkan kadar kolestrol, menjaga kesehatan kulit, dan mengurangi obesitas.

Saya menjelaskan terkait fungsi dan metode pembuatan VCO dan lilin aromaterapi
info gambar

Diinformasikan dari detik.com, pelaku UMKM di Denpasar bernama I Gusti Made Tedi Hirawan menjual VCO dengan modal awal Rp 1 juta hingga kini bisa meraup keuntungan bersih mencapai Rp 6 juta per bulan. Beberapa restoran dan tempat industri memesan minyak kelapa tersebut dari Tedi Hirawan. Selain itu, Tedi juga menitipkan hasil produksi minyak di warung serta dijual secara online di e-commerce.

Lilin aromaterapi memiliki banyak manfaat, terutama dalam berperan sebagai perileks tubuh dan penenang pikiran. Selain itu, lilin aromaterapi juga berguna untuk pengharum ruangan dalam skala kecil. Finance.detik.com menuliskan, Eka Puji Lestari berhasil memperoleh keuntungan hingga berpuluhan juta dari bisnis lilin aromaterapi.

Eki biasanya memanfaatkan pameran-pameran serta platform online di e-commerce. Hal ini membuktikan bahwa lilin aromaterapi memiliki peluang pasar yang baik bagi pelaku UMKM, ditambah dengan adanya inovasi dan kreasi yang baru untuk menarik konsumen.

Gagasan inovatif pembuatan lilin aromaterapi dari Virgin Coconut Oil (VCO) menjadi sebuah hal yang sangat baik dan bermanfaat bagi warga. Pasalnya warga bisa mengenali sekaligus dari 2 hal yang belum pernah diketahui. Mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2023 mengadakan penyuluhan dan simulasi pembuatan lilin aromaterapi berbasis dari VCO.

Kegiatan ini ditujukan kepada Ibu-ibu yang bekerja sebagai pedagang. Hal pertama warga belajar pembuatan VCO sendiri yang tergolong sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Hal kedua warga bisa belajar terkait dengan pembuatan lilin aromaterapi yang tergolong mudah.

Warga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan serta simulasi yang diadakan. Pada kegiatan ini, warga diajarkan pembuatan minyak kelapa murni dan pembuatan lilin aromaterapi dari minyak yang telah dibuat sebelumnya.

Saya menjelaskan pembuatan virgin coconut oil (VCO) dibuat tanpa pemanasan. Tahap pemarutan sampai tahap fermentasi dijelaskan secara perlahan hingga warga bisa memahami dengan baik. Seiring berjalan waktu, muncul beberapa pertanyaan dari warga mengenai perbedaan minyak kelapa murni dengan minyak kelapa yang sering dibuat warga sehari-hari yaitu melalui pemanasan terlebih dahulu.

Dari hal itu, saya menjawab bahwa minyak kelapa murni lebih baik kualitasnya dikarenakan nutrisinya tidak rusak karena tahap pemanasan. Dari segi kesehatan hingga segi tampilan atau fisik minyaknya, warga mengaku baru mengetahui adanya minyak kelapa sejernih dan harumnya semerbak. Warga sangat senang karena bisa menerima ilmu terbaru dan ingin mencobannya dirumah masing-masing.

Gastronomic Journey: Jejak Pengaruh Tionghoa dalam Kuliner Asia Tenggara

“Biasanya mbah saya membuat minyak kelapa dari pemanasan di wajan, lalu muncul blondonya, namun saya belum pernah melihat minyak kelapa dengan warnanya lebih jernih dan baunya harum,” jelas Ketua Dukuh Walikangin, Dwi Susetyo yang juga hadir bersama dalam kegiatan penyuluhan.

Langkah pembuatan virgin coconut oil (VCO) telah usai dan dilanjutkan dengan pembuatan lilin aromaterapi. Warga masih semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Pemaparan langkah-langkah pembuatan beserta simulasinya membuat warga sangat tertarik.

Agar kegiatan lebih mengangkat suasana, saya memberikan beberapa kuis kepada warga terkait penjelasan yang sudah diberikan. Warga yang bisa menjawab dengan benar diberikan lilin aromaterapi dengan wadah yang cukup besar. Suasana sangat baik dan menyenangkan dikarenakan warga berebut untuk menjawab kuis yang saya berikan.

Berdiskusi dengan warga terkait keunggulan dari VCO serta lilin aromaterapi yang akan dibuat l Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Pada ujung acara, warga diberikan souvenir berupa lilin aromaterapi dengan wadah mini yang sangat lucu dan menarik sebagai kenang-kenangan mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2023. Diakhir juga dilakukan foto bersama warga di lokasi penyuluhan.

Hadir di tengah masyarakat membawa kehangatan dan kebahagiaan merupakan sebuah hadiah yang tak ternilai. Mahasiswa KKN dan warga merasakan kebahagiaan mendalam dan penyuluhan ini mewarnai dinamika ekonomi lokal. Ini adalah sebuah cerita tentang bagaimana dengan tangan dan pikiran bisa menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan dalam sebuah komunitas.

Mitos Danau Mawang: Kisah 3 Ulama Sakti yang Pergi Memancing

Referensi:

  • Afriyadi, A.D., 2022, Harumnya Bisnis Lilin Hias Bisa Hasilkan Omzet Puluhan Juta Tiap Bulan, detikfinance [Online] Tersedia di: https://finance.detik.com/solusiukm/d-6486902/harumnya-bisnis-lilin-hias-bisa-hasilkan-omzet-puluhan-juta-tiap-bulan [Diakses tanggal 31 Juli 2023]
  • Akhbar, M.A., 2022, Peluang Pasar Virgin Coconut Oil (VCO), ukmindonesia.id [Online] Tersedia di: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/peluang-pasar-virgin-coconut-oil-vco/ [Diakses tanggal 31 Juli 2023]
  • Triwidiyanti, 2022, Bisnis Minyak Kelapa di Denpasar Raup Untung Rp 6 Juta per Bulan, detik.com [Online] Tersedia di: https://www.detik.com/bali/berita/d-6171779/bisnis-minyak-kelapa-di-denpasar-raup-untung-rp-6-juta-per-bulan [Diakses tanggal 31 Juli 2023]

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini