Buktikan SDM Unggul, RI Raih Juara Umum Worldskills ASEAN ke-13 di Singapura

Buktikan SDM Unggul, RI Raih Juara Umum Worldskills ASEAN ke-13 di Singapura
info gambar utama

Indonesia berhasil menjadi juara umum pada ajang the 13th Worldskills ASEAN 2023 di Singapura. Capaian ini didapatkan setelah delegasi Indonesia meraih total 27 medali yang terdiri atas 14 medali emas, 8 perak, 3 perunggu, dan 2 medallion.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor menyatakan rasa bangganya atas prestasi delegasi Indonesia tersebut yang telah membawa harum nama bangsa.

Menurutnya, kemenangan tersebut merupakan hadiah untuk rakyat Indonesia. Pihaknya pun berharap keberhasilan yang diraih pada 2023 ini dapat dilanjutkan di Worldskills ASEAN yang akan berlangsung di Filipina pada 2025 mendatang.

Hadiah HUT RI

Di sisi lain, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah juga turut menyatakan rasa bangganya atas perolehan RI di Worldskills ASEAN ke-13. Hasil juara kali ini sekaligus menjadi hadiah Ulang Tahun RI dan Kementerian Ketenagakerjaan.

Menaker Ida menyebut prestasi itu sebagai hasil dari jerih payah kompetitior atau peserta dan usaha para expert yang telah mempersiapkan keterampilan dengan baik. Usai mengucapkan apresiasi, pihaknya juga mengungkapkan adanya bantuan pemerintah yang akan diberikan kepada para pemenang.

Sebagai penghargaan atas keberhasilan pada WS ASEAN 2023, komeptitor dan expert masing-masing akan mendapatkan bantuan pemerintah berupa uang tunai, dengan besaran medali emas Rp25 juta, perak Rp20 juta, perunggu Rp15 juta, dan siploma Rp12,5 juta.

Transformasi Kualitas Pendidikan Indonesia: Fokus Bukan Prestasi, Melainkan Mutu

Bukti SDM unggul

Pencapaian delegasi Indonesia yang menjadi juara umum Worldskills ASEAN ke-13 di Singapura membuktikan bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) negeri ini tidak kalah dari negara-negara lain.

“Capaian ini menunjukkan bahwa pembangunan SDM Indonesia sudah berada di jalur yang benar, serta membuktikan bahwa Indonesia kualitas SDM-nya tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain.” kata Menaker Ida dilansir Antara, Senin (31/7/2023).

Seperti diketahui, perhelatan Worldskills ASEAN ke-13 di Singapura merupakan ajang kompetisi bagi talenta-talenta muda dari negara-negara di ASEAN. Para peserta dari Indonesia sebelumnya telah mempersiapkan kemampuannya selama sekitar sembilan bulan agar dapat memberikan hasil yang memuaskan.

RI Dorong Pembentukan Hub Riset ASEAN sebagai Pusat Keilmuan Dunia

Referensi:

Antara. Menaker: Raih Juara Umum Worldskills ASEAN ke-13, Bukti SDM RI Unggul. https://www.antaranews.com/berita/3657678/menaker-raih-juara-umum-worldskills-asean-ke-13-bukti-sdm-ri-unggul

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini