Semarak Minggu Kliwon di Pasar Jodha, Full Jajanan dan Hiburan

Semarak Minggu Kliwon di Pasar Jodha, Full Jajanan dan Hiburan
info gambar utama

Pasar Jodha dan Pemancingan Tirta Puser Bumi menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada di Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pasar Jodha dibuka setiap Minggu Kliwon dan mengusung konsep tradisional sebagai ciri khasnya. Sedangkan, Pemancingan Tirta Puser Bumi dibuka setiap hari dengan sesekali mengadakan event sebagai penambah daya tarik bagi pengunjung.

Toleransi Dalam Kebudayaan Masyarakat Cigugur, Kuningan, Jawa Barat

Dibuka untuk Kelima Kali Sejak Pembukaan Pertamanya

Pada hari Minggu, 23 Juli 2023, Pasar Jodha dan Pemancingan Tirta Puser Bumi dibuka kembali dalam satu event besar untuk kelima kalinya sejak pembukaan pertamanya pada (tanggal pembukaan pertama). Pada pembukaan yang kelima ini, Pasar Jodha dan Pemancingan Tirta Puser Bumi menghadirkan konsep yang berbeda dari sebelumnya, yaitu dengan mengusung konsep Festival Jodha sebagai daya tariknya.

Salah satu kegiatan KKN UGM di Kalikotes, Klaten | Sumber: dokumentasi pribadi
info gambar

Festival Jodha menawarkan berbagai macam hiburan, di antaranya senam bersama, gelaran UMKM, organ tunggal, karaoke terbuka, memancing, kids fun, doorprize, serta penampilan seni tradisional berupa Tari Gedruk dan Jathilan.

Sebagai ciri khas yang menjadi salah satu daya tarik wisata juga, transaksi pembayaran di Pasar Jodha dilakukan dengan penukaran koin yang dilakukan di tiga titik pintu masuk. Penukaran koin ini dapat dilakukan setelah pengunjung membeli kupon doorprize senilai Rp3.000,00 yang kemudian akan diundi di tengah acara.

Doorprize yang ditawarkan sendiri ada berbagai macam, mulai dari kebutuhan rumah tangga sehari-hari sampai sepeda sebagai hadiah utamanya.

Dihadiri dan Didukung Berbagai Pihak

Menambah kemeriahan acara, kegiatan kali ini turut dihadiri oleh Sekretaris Desa Kalikotes, (nama sekdes), Plt Camat Kalikotes, Retno Setyaningsih S.K.M, M.M.R., serta Duta Wisata Kabupaten Klaten 2023, (4 nama Mas Mbak Klaten). Hadirnya berbagai pihak ini menambah semarak suasana pembukaan Pasar Jodha dan Pemancingan Tirta Puser Bumi yang diharapkan menjadi salah satu icon wisata di daerah Klaten dan sekitarnya.

TIM KKN-PPM UGM Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pupuk untuk Masyarakat Desa Air Lengit
Salah satu kegiatan KKN UGM di Kalikotes, Klaten | Sumber: dokumentasi pribadi
info gambar

Sebagai rangkaian acaranya, kegiatan Festival Jodha secara resmi dimulai pada pukul 08.00 WIB, dipimpin oleh dua orang MC, (nama MC kalau tahu). Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Desa Kalikotes, Camat Kalikotes, dan Duta Wisata Kabupaten Klaten.

Selesai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan goodie bag Pasar Jodha dan foto bersama. Penyerahan goodie bag ini menjadi simbolis kerja sama antara berbagai pihak untuk bersinergi dalam mempromosikan potensi wisata di Desa Kalikotes, salah satunya Pasar Jodha dan Pemancingan Tirta Puser Bumi.

Dimeriahkan Berbagai Acara Hiburan

Kegiatan Festival Jodha dimeriahkan dengan penampilan Tari Gedruk yang diiringi musik tradisional secara langsung. Lalu, sesi selanjutnya adalah karaoke terbuka. Para pengunjung yang tertarik untuk melakukan karaoke dipersilakan untuk mengisi panggung dengan membayar biaya minimal yang ditetapkan oleh panitia. Sebagai penambah kemeriahan, sesi karaoke ini diselingi dengan pengundian doorprize yang dipimpin oleh MC.

Salah satu kegiatan KKN UGM di Kalikotes, Klaten | Sumber: dokumentasi pribadi
info gambar

Keseruan acara tidak hanya sampai di sana saja, kegiatan masih dilanjutkan dengan penampilan Tari Jathilan. Ditampilkan oleh enam personal yang menari dengan lihai, penampilan ini menjadi penampilan tari tradisional kedua yang menyemarakkan acara pagi itu. Setelah penampilan tari yang kedua, kegiatan dilanjutkan kembali dengan sesi karaoke terbuka dan pengundian doorprize sampai pukul 14.00 WIB.

Pembukaan Pasar Jodha dan Pemancingan Tirta Puser Bumi dalam satu acara besar untuk yang kelima kalinya diharapkan menjadi momentum rutin yang bisa meningkatkan potensi wisata Desa Kalikotes di mata masyarakat luas.

Maksimalkan Potensi Budaya dan Pangan Lokal, Desa Giritengah Selenggarakan Pasar Budaya

Penulis: Tim publikasi KKN-PPM UGM JT094 Subunit Kalikotes

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini