Lomba Tarik Tambang, Aturan & Tips Memenangkannya dengan Mudah

Lomba Tarik Tambang, Aturan & Tips Memenangkannya dengan Mudah
info gambar utama

Tarik tambang tentu bukan permainan yang asing di dengarkan. Olahraga tradisional ini dikenal tidak hanya di Indonesia bahkan juga mancanegara. Kerap kali digunakan untuk berbagai kegiatan outbond atau fun game yang bertujuan untuk menguji kekompakan tim dan di perlombaan 17 Agustus.

Permainan tarik tambang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga membangun kebersamaan dalam tim. Secara kesehatan, dengan bermain tarik tambang otot tangan dan kaki akan banyak bekerja.

Dari segi sosialnya, permainan ini menuntut para pemainnya untuk bisa memiliki daya juang dan toleransi yang tinggi. Karena setiap manusia diciptakan beragam, namun untuk mencapai 1 tujuan yang sama, yaitu kemenangan maka harus merendahkan ego dan saling menopang kekuatan.

Disitulah esensi permainan tarik tambang dan kenapa sangat sering digunakan dalam perayaan 17 Agustus. Lomba tarik tambang tetap menjadi atraksi menarik dan menyenangkan bagi peserta dan penonton, serta menjadi simbol semangat kebersamaan dan persatuan.

Cara Bermain Tarik Tambang

Dalam permainan tarik tambang, dua tim akan saling berhadapan untuk mencoba menarik tali yang berlawanan arah. Tim yang berhasil menarik pihak lawan melewati garis batas yang ada di tengah bidang permainan, maka tim itulah pemenangnya.

Berikut adalah langkah-langkah cara bermain permainan tarik tambang:

  • Bagi pemain menjadi 2 regu dengan masing-masing beranggotakan sama, antara 3 sampai 8 orang
  • Saat akan memulai permainan, pastikan para pemain siap dengan tangan kanan dan kiri pemain memegang erat tali tambang
  • Kaki para pemain harus sudah membentuk kuda-kuda dengan lebar. Tujuannya agar mengurangi cidera saat tali ditarik
  • setelah peluit dibunyikan kedua tim akan sama-sama mengeluarkan tenaga dan strateginya agar bisa menarik tim lawan melewati garis tengah permainan
  • Tim yang tertarik sampai melewati batas, maka dipastikan kalah dalam permainan ini

Aturan Bermain Tarik Tambang

Bermain tarik tambang agaknya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sedikit saja kesalahan bisa mengakibatkan pemainnya mengalami cidera. Dikutip dari buku Olahraga dan Permainan Tradisional yang ditulis oleh Ari Wibowo (2019). Inilah aturan bermain tarik tambang:

    • Tali: Gunakan tali tambang yang panjang dan kuat. Pastikan tali dalam kondisi baik dan tidak ada yang rusak atau berbahaya.
    • Kondisi Lapangan: Minimal lapangan berukuran 40-60 m dengan lebar 8 m. Jarak antara penonton dengan area permainan juga harus cukup lebar dan berjarak. Disamping itu, perlu ada garis pinggir untuk menjaga penonton agar tidak masuk ke dalam area permainan.
    • Pemain: Selain properti permainan, pemain juga harus memiliki ukuran yang seimbang agar permainan bisa adil.
      Tarik tambang memiliki beberapa kelas disesuaikan dengan berat badan pemainnya. Terbagi menjadi 4 kelas yang terdiri dari : Kelas I dengan berat 50 - 59 kg, Kelas II berat badan 60 - 69 kg, Kelas III berat badan 70 - 79 kg dan terakhir Kelas IV beratnya > 80.

Tips Memenangkan Permainan Tarik Tambang

Tarik tambang identik dimainkan secara berkelompok, para pemain akan diuji strateginya dalam memenangkan permainan ini. Karena tidak hanya butuh kekuatan besar, namun juga kecerdikan agar bisa menghadapi lawannya.

Tips untuk bisa memenangkan permainan ini adalah para pemain harus berdiri bersilang kanan dan kiri, lalu ketika peluit di bunyikan tarik badan ke belakang dengan penuh dan pastikan kuda-kuda cukup kuat. Dengan begitu, kalian akan mudah memenangkan pertandingan.

Sumber:

  • https://id.wikihow.com/Memenangkan-Permainan-Tarik-Tambang
  • https://kumparan.com/kabar-harian/permainan-tarik-tambang-cara-memainkan-dan-aturan-permainannya-1wTVZL8WAzg
  • https://tirto.id/mengenal-permainan-tarik-tambang-dan-aturannya-gwLe
  • https://solo.tribunnews.com/2022/08/15/aturan-lomba-tarik-tambang-dan-caranya-ada-trik-supaya-menang-mudah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini