Bangkitkan Kembali Destinasi Wisata di Lereng Gunung Wilis

Bangkitkan Kembali Destinasi Wisata di Lereng Gunung Wilis
info gambar utama

Desa Joho yang terletak di ujung barat Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, ternyata menyimpan keindahan alamnya yang masih sejuk. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 567 mdpl, memiliki waktu tempuh sekitar 20-30 menit dari pusat Kota Kediri. Walaupun harus menempuh waktu yang sedikit jauh, akses ke Desa Wisata Joho ini terbilang mudah dan bagus.

Dari segi bentang alam, Desa Joho masih sangat asri dan dikelilingi oleh beragam vegetasi. Sehingga menjadi pilihan tepat bagi Kawan GNFI yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota dan mendambakan ketenangan. Pengunjung dapat mengeksplorasi pesona wisata yang masih terjaga keindahan alam memukau. Berikut ini beberapa pilihan destinasi rekomendasi TIM KKN-UGM Unit Semen yang dapat dikunjungi!

1. Kawasan Wisata Sumber Podang

Kawasan wisata Sumber Podang merupakan ikon obyek wisata Desa Joho yang wajib dikunjungi. Obyek wisata yang berupa sungai ini, menyuguhkan potensi alamnya yang luar biasa. Pengunjung akan disuguhkan oleh suasana yang begitu tenang dan gemercik air sungai yang jernih. Sepanjang area tersebut juga dikelilingi oleh perkebunan kopi dan cengkeh, serta pepohonan yang rindang.

Pengunjung dapat menikmati segarnya air pegunungan untuk berenang maupun hanya bermain air saja. Tak perlu khawatir, pengunjung juga bisa hanya bersantai-santai di pinggir sungai sambil menikmati jajanan atau makanan yang dijual oleh pedagang di sekitar Sumber Podang. Fasilitas toilet dan tempat ganti, hingga mushola pun telah tersedia. Saat ini, pengunjung tak dikenakan biaya restribusi, hanya membayar biaya parkir motor sebesar Rp3000.

Merek Lokal Moncer, Industri Kecantikan RI Dilirik Investor Asing

2. Wow Cafe Sumber Podang

 Sumber : Dokumentasi pribadi
info gambar

Masih di kawasan yang sama, jika berkunjung ke Sumber Podang dapat singgah sejenak ke cafe-cafe yang berada di ujung sebelum masuk area Sumber Podang, salah satunya ialah Wow Cafe Sumber Podang. Cafe yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini, menyediakan berbagai makanan tradisional nan unik. Menu andalan yang dapat dicoba pengunjung ialah Kopi Sumber Podang dan Nasi Goreng Tiwulnya dengan harga yang ramah dikantong.

Tidak hanya sebagai tempat wisata kuliner, pengunjung Wow Cafe Sumber Podang juga dapat menikmati hidangan sambil melihat suasana alam sekitar yang benar-benar hidup. Bentangan pegunungan Wilis yang terlihat, sangat cocok dijadikan sebagai spot foto yang instagramable. Selain itu, hamparan sawah masyarakat yang berada di sekitar Cafe pun menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Ragam Inspirasi, Aksi, dan Inovasi yang Dapat Ditiru untuk Melestarikan Lingkungan

3. Bendungan Sumber Podang

Sumber : Dokumentasi pribadi
info gambar

Bendungan Sumber Podang atau yang lebih dikenal dengan Embung Joho ini terletak di Dusun Igir-Igir, Desa Joho. Destinasi lain yang dapat menjadi tujuan pengunjung jika sedang berwisata ke Desa Joho. Bendungan ini menjadi tempat pemenuhan kebutuhan air masyarakat Desa Joho dan masih terhubung dengan kawasan wisata Sumber Podang.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan tempat wisata ini dikarenakan tempatnya yang agak tersembunyi dan akses jalan sedikit sulit. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan panorama yang disajikan begitu indah. Di sini pengunjung dapat menenangkan diri karena suasananya yang tenang dan begitu sepi.

Pegunungan Wilis akan terlihat sangat jelas saat cuaca sedang bagus-bagusnya. Tidak hanya digunakan sebagai tempat refreshing, bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, tempat ini sangat cocok untuk memancing ikan.

4. Taman Kelir

Berlanjut ke arah atas, terdapat obyek wisata alam yang berupa taman yaitu Taman Kelir. Taman ini menawarkan suasana taman yang hijau dan alami sebagai daya tarik utamanya. Banyaknya pepohonan rindang dan suhu udara yang sejuk, membuat pengunjung betah berlama-lama.

Di taman ini, terdapat beragam spot foto yang bagus, seperti rumah pohon. Selain itu, juga terdapat candi bersejarah yaitu Candi Gansang dan mushola petilasan Syech Bela Belo. Bagi pemburu sunrise, di sekitar Taman Kelir juga terdapat sunrise point P-29 yang cocok untuk melihat sunrise atau bahkan camping sekaligus.

5. Rest Area Pendopo Wilis

Sumber : Dokumentasi pribadi
info gambar

Terletak di area yang cukup strategis, rest area ini memiliki view atau lanskap yang indah berlatarkan Pegunungan Wilis serta pemandangan sawah hijau di depannya. Rest area ini memang masih cukup baru dan baru tahap pengembangan, sehingga hanya terdapat bangunan pendopo dan toilet. Namun, jika ingin sekadar bersantai biasa dan menikmati angin setelah mengeksplor wisata di Desa Joho, tempat ini menjadi pilihan yang tepat.

6. Sentra Madu Khas Joho

Tidak hanya terkenal dengan potensi wisata alamnya, Desa Joho juga terkenal sebagai salah satu sentra madu di Kediri. Hampir sebagian besar dari penduduknya merupakan peternak lebah dan menjual madunya secara langsung, sehingga terjaga kemurniannya. Madu khas Joho ini juga terdapat beragam jenisnya, mulai dari madu kaliandra, madu rambutan, madu pahit, madu akasia, madu karet, madu randu, dan masih banyak lagi.

Dengan harga mulai dari Rp70.000 Kawan GNFI dapat membawa pulang sebotol madu khas Joho ukuran 500 ml. Bahkan jika tertarik untuk belajar terkait madu, Kawan bisa sekaligus mencoba mengikuti paket edukasi yang tersedia di beberapa tempat sentra madu.

Kebun Raya Gunung Anyar, Kebun Raya Mangrove Pertama di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini