Rencana RI Rebut Predikat Eksportir Sepatu Nomor 1 di Dunia dari Vietnam

Rencana RI Rebut Predikat Eksportir Sepatu Nomor 1 di Dunia dari Vietnam
info gambar utama

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan bertekad merebut kembali posisi produsen dan eksportir sepatu terbesar nomor satu di dunia untuk Indonesia. Dia optimis, pangsa ekspor alas kaki dari Tanah Air ke pasar global akan terus meningkat.

"Sekarang lihat pameran industri sepatu kita, saya berbangga ya, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa menjadi produsen nomor satu di dunia," ungkap Zulhas di Instagram Kementerian Perdagangan, Minggu (6/8/2023).

Dia menuturkan, posisi nomor satu saat ini diduduki oleh Vietnam, sedangkan Indonesia berada di peringkat empat. Menurutnya, toll way atau pembebasan tarif ekspor menjadi tantangan utama.

"Pemerintah akan terus bekerja keras membangun toll way dengan negara mitra agar bebas tarif, sehingga pangsa pasar alas kaki Indonesia ke pasar dunia terus meningkat," kata Zulhas saat penutupan The 40th International Footwear Conference (IFC) di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023)

Indonesia Ekspor Sepatu Nike Buatan Lokal Senilai 96.000 Dolar AS ke Uni Eropa

Untuk itu, kata dia, demi mencapai predikat nomor satu, pemerintah akan terus membangun perjanjian strategis dengan negara mitra dagang supaya hambatan tarif perdagangan dapat dihilangkan. Salah satunya dengan Uni Eropa (UE).

Zulhas bilang, pihaknya saat ini tengah merampungkan I-EU-CEPA atau Indonesia—European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement. Perjanjian ini ditargetkan selesai pada Desember 2023. Jika EU-CEPA rampung dan ada tollway untuk ekspor sepatu Indonesia ke UE, diharapkan Indonesia bisa merebut posisi nomor satu dalam 2 sampai 3 tahun mendatang.

"Mudah-mudahan penyelesaian CEPA dengan Uni Eropa dapat dipercepat," pungkasnya.

Menurut catatan Kementerian Perdagangan, nilai ekspor alas kaki Indonesia ke dunia pada 2022 mencapai 7,74 miliar dolar AS. Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 12,4 persen selama lima tahun terakhir.

RI Ekspor Permen hingga Keripik ke Kanada, Transaksi Capai Rp1,5 Miliar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini