Serba-serbi Paspor Terkuat di Dunia, Ternyata Banyak Untungnya!

Serba-serbi Paspor Terkuat di Dunia, Ternyata Banyak Untungnya!
info gambar utama

Paspor merupakan salah satu dokumen wajib yang harus Kawan bawa ketika bepergian ke luar negeri. Dokumen ini diperlukan untuk memverifikasi keabsahan identitas kita sebagai warga negara suatu bangsa yang sedang bepergian di negara lain.

Selain itu, paspor juga dibutuhkan untuk kembali masuk ke negara asal kita. Adapun identitas yang biasanya tertera dalam paspor adalah foto diri, nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan sejumlah karakteristik fisik.

Jenis paspor ada beberapa macam. Indonesia sendiri mengenal tiga jenis paspor, yakni paspor biasa yang bisa dimiliki oleh masyarakat umum, serta paspor dinas dan paspor diplomatik.

Lebih lanjut tentang paspor, sudah tahukah Kawan bahwa paspor di setiap negara memiliki kekuatan yang berbeda-beda? Perbedaan kekuatan paspor ini ternyata juga memiliki dampak yang cukup signifikan, loh! Yuk, kita ulas lebih dalam!

Faktor yang Membuat Sebuah Negara Punya Paspor Kuat

Setiap negara memiliki kekuatan paspor yang berbeda-beda. Seseorang yang memegang paspor dengan kekuatan tinggi akan lebih mudah melakukan mobilisasi ke negara lain, alias proses perpindahan mereka dari satu negara ke negara lain untuk liburan atau urusan lain akan jauh lebih mudah. Hal ini karena pemegangnya tidak memerlukan visa untuk masuk ke sebuah negara.

Tentunya, ada beberapa faktor yang membuat sebuah negara memiliki paspor yang lebih kuat dari negara lainnya. Pendapatan nasional atau gross domestic product (GDP) sebuah negara turut menjadi faktor. Negara-negara maju dengan GDP tinggi cenderung memiliki paspor yang kuat. Misalnya seperti Jepang, Singapura, dan Inggris.

Faktor yang lain adalah tingkat ketaatan negara terhadap hukum dan ketertiban. Dalam hal ini, negara-negara dengan tingkat sengketa dalam negeri dan kriminalitas yang tinggi tentu makin lemah kekuatan paspornya.

Bahkan warga negara mereka harus melalui uji tuntas yang ketat sebelum masuk ke negara tertentu. Contohnya seperti Suriah, Irak, dan Somalia.

Sementara itu, faktor lain yang cukup menentukan bebas tidaknya seorang warga negara untuk masuk ke negara lain dengan hanya menunjukkan paspor juga tergantung dari hubungan bilateral antarnegara.

Baca juga: Perjalanan Tanpa Batas: Singapura Meroket sebagai Paspor Paling Kuat di Dunia

Privilese Si Pemegang Paspor Kuat

Bisa bepergian ke luar negeri dengan hanya menggunakan paspor, tanpa harus mengajukan permohonan visa ke kedutaan tentu sangat memudahkan. Kawan tak perlu mengumpulkan belasan jenis dokumen untuk kemudian diserahkan dan dicek oleh pihak imigrasi negara tujuan. Selain menguras waktu, proses tersebut tentu menguras biaya dan tenaga.

Dokumen-dokumen yang diperlukan tersebut biasanya meliputi bukti bahwa Kawan memiliki cukup uang dan juga bukti yang menjelaskan tujuan Kawan berkunjung ke negara tujuan. Selain itu, pengajuan visa tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Kawan harus mengajukan permohonan ke pihak kedutaan beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum tanggal keberangkatan. Segala proses itupun masih belum menjamin pengajuan visa Kawan akan diterima. Jadi, sangat terasa bukan privilese yang dimiliki pemegang paspor kuat? Sebab, mereka tak perlu melewati segala rintangan tersebut.

Kekuatan Paspor Indonesia

Indeks kekuatan paspor suatu negara sendiri bisa dilihat melalui beberapa situs seperti Passport Index atau Henley Passport Index. Pada tahun 2023, Indonesia menempati urutan ke-56 negara dengan paspor terkuat di dunia.

Sebagai warga negara Indonesia, Kawan bisa bebas mengunjungi 42 negara di dunia dengan hanya menunjukkan paspor. Negara-negara tersebut meliputi seluruh negara anggota ASEAN, Sri Lanka, Oman, Brazil, dan lainnya.

Melalui ulasan ini, dapat dipahami betapa kemajuan sebuah negara dapat berpengaruh pada banyak hal. Makin maju sebuah negara, makin banyak pula kemudahan yang dirasakan warganya. Semoga Indonesia terus melaju agar menjadi negara maju yang lebih berpengaruh di kancah internasional.

Baca juga: Paspor Kini Berlaku 10 Tahun. Yay, Bisa Liburan Panjang!

Sumber referensi:

  • https://www.lingonomad.com/blogs/visa/strong-passport-weak-passport
  • https://www.globalcitizensolutions.com/how-to-measure-a-strong-passport/
  • https://ceoworld.biz/2023/03/23/what-makes-powerful-passports-in-the-world/
  • https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230716161456-33-454722/warga-indonesia-bisa-masuk-ke-42-negara-ini-tanpa-visa
  • https://www.cnbcindonesia.com/research/20230720080503-128-455719/warga-dari-11-negara-ini-paling-sakti-sejagat#:~:text=Bagaimana%20dengan%20paspor%20Indonesia%3F,wajib%20visa%20ke%20110%20negara.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini