RI Bangun Pacuan Kuda Skala Internasional di Mandalika

RI Bangun Pacuan Kuda Skala Internasional di Mandalika
info gambar utama

Indonesia akan memiliki area pacuan kuda atau equestrian estate berskala internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lapangan itu ditargetkan bisa menjadi tuan rumah kompetisi pacuan kuda pada Mei 2024.

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) Ari Respati mengungkapkan, pembangunan destinasi baru ini sepenuhnya dibiayai oleh investor dalam negeri.

"Pacuan kuda itu 100 persen investor. Jadi, dampak dari WSBK, MotoGP itu membawa investor," ucapnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Dia menerangkan, proyek tersebut bakal dibangun di atas lahan seluas 25 hektare, namun kemungkinan akan bertambah. Pasalnya, investor meminta perluasan lahan karena ingin membuat equestrian estate tak hanya berisi pacuan kuda, tapi dilengkapi juga dengan area pemeliharaan kuda hingga vila di sekitarnya.

"Dia mau bikin kontur yang baik, seakan-akan di savanna yang baik, mau buat vilanya," tutur Ari.

NTB Punya Sirkuit Internasional Lagi Selain Mandalika, Sudah Tahu?

Menurutnya, kawasan tersebut ditargetkan bisa menjadi tuan rumah kompetisi pacuan kuda pada Mei 2024 mendatang yang akan dihadiri sejumlah joki dari berbagai negara.

"Horse race pertama kalau tidak salah sekitar Mei 2024, dan itu international level. Ada juga joki yang dari Australia, Malaysia, dan banyak sekali. Ini market-nya juga sangat khusus," imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti mengatakan, equestrian estate merupakan salah satu dari rencana pengembangan bisnis ITDC di Mandalika yang mengedepankan sport dan entertainment. Menurutnya, selain akan semakin menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke Mandalika, kehadiran equestrian estate akan menyerap banyak tenaga kerja.

"Mungkin akan ada sekitar 80 kuda yang ada di sana. Satu kuda itu akan ada yang merawat 3-4 orang. Coba saja dikali 80 kuda jadi berapa orang," kata Ema.

Bukan Sirkuit Mandalika, Lokasi Ini Dibidik Jadi Tempat Balapan F1 di Indonesia pada 2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini