Tim II KKN Undip 2023 Desa Bogares Kidul Adakan Sosialisasi Pendidikan Karakter bagi Anak

Tim II KKN Undip 2023 Desa Bogares Kidul Adakan Sosialisasi Pendidikan Karakter bagi Anak
info gambar utama

Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip tahun 2023 telah menggelar sosialisasi mengenai Penanaman Pendidikan Karakter bagi Anak dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada hari Minggu, 30 Juli 2023 di Balai Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan sosialisasi "Penanaman Pendidikan Karakter bagi Anak" merupakan program kolaborasi antara mahasiswa KKN Undip di Desa Bogares Kidul dengan forum anak Bogares Kidul yang baru saja terbentuk di tahun 2023 sebagai organisasi kemasyarakatan yang berfokus dalam kegiatan pemenuhan hak anak-anak antara usia 0-18 tahun di Desa Bogares Kidul.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Bogares Kidul M. Arifin, Ketua lembaga Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Samsudin beserta anggotanya, Ketua Forum Anak Amar Faozan beserta anggotanya, serta lembaga fasilitator masyarakat (Fasmas) di Desa Bogares Kidul.

Kegiatan "Sosialisasi Penanaman Karakter bagi Anak" dilaksanakan atas rasa prihatin dari mahasiswa KKN mengenai karakter anak di zaman serba teknologi yang memungkinkan anak-anak mudah terpapar informasi yang tidak sesuai dengan usianya.

Dalam hal ini, Mahasiswa KKN Undip di Desa Bogares Kidul merasa kegiatan sosialisasi ini diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak mengenai karakter yang baik sehingga anak-anak di Desa Bogares Kidul dapat memilah dan memilih informasi yang diterimanya dan membentuk karakter yang baik.

Baca juga : Darurat Literasi, Mahasiswa KKN Undip Bangun Semangat Literasi Melalui Sastra Anak

Tanamkan Karakter Baik Pada Anak

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan "Sosialisasi Penanaman Karakter bagi Anak" ini, meliputi kegiatan penyampaian materi mengenai apa itu karakter yang baik, manfaat atau keuntungan memiliki perilaku yang baik.

Di sisi lain, terdapat juga materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter anak, penerapan sikap sopan santun, cara membiasakan dan menumbuhkan perilaku berkarakter, serta kegiatan problem solving untuk memecahkan permasalahan yang terjadi mengenai karakter anak.

Karakter yang baik merupakan karakter yang terbentuk dengan adanya usaha dari seseorang untuk melakukan segala sesuatu dengan baik. Adapun unsur-unsur yang membentuk karakter seseorang yaitu emosi, sikap, kepercayaan, kebiasaan, dan konsepsi diri.

Kemudian, manfaat atau keuntungan yang didapat ketika seseorang berperilaku baik, antara lain memperkuat integritas diri atau kepercayaan, dihormati oleh orang lain, dan dapat membangun hubungan dengan baik.

Adapun materi mengenai pengamalan Pancasila ini dijelaskan secara terperinci contoh-contoh pengamalan Pancasila dari sila pertama hingga kelima yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti beribadah kepada Tuhan.

Materi penerapan sopan dan santun menjelaskan mengenai pengertian dan adab sopan santun di rumah, maupun dalam menghubungi orang lain melalui media sosial.

Materi mengenai cara membiasakan dan menumbuhkan perilaku karakter ini memuat penjelasan mengenai penanaman pendidikan karakter berdasarkan pendekatan psikologis, seperti learning by doing, kesadaran diri atau self-awareness, membuat aturan serta sanksi (operant conditioning).

Materi terakhir yaitu studi kasus di mana para peserta diperlihatkan karakter-karakter masyarakat yang ada dan menjelaskan mengenai karakter yang baik dan tidak baik dari gambar atau foto yang diperlihatkan di layar.

Baca juga: "Minggu Ceria" di Plono Camp Ground Sebagai Wadah Kreativitas Anak-Anak Pagerharjo

Mendapat Sambutan Positif

Kegiatan "Sosialisasi Penanaman Karakter bagi Anak" ini mendapat sambutan positif dan antusiasme dari para pesertanya, salah satunya yaitu Ketua PATBM, Samsudin.

"Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak di Desa Bogares Kidul untuk meningkatkan moral dan etika mereka, baik di kehidupan bermasyarakat, maupun media sosial. Saya harap kegiatan seperti ini lebih sering diadakan kedepannya untuk membangun karakter anak menjadi lebih baik, " ujar Samsudin.

Mahasiswa KKN Undip di Desa Bogares Kidul berharap dapat membangun karakter yang baik bagi anak-anak di Desa Bogares Kidul melalui kegiatan "Sosialisasi Penanaman Karakter bagi Anak" ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini