Cilacap Melangsungkan Upacara HUT RI ke-78 di Stadion, Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Cilacap Melangsungkan Upacara HUT RI ke-78 di Stadion, Berbeda dari Tahun Sebelumnya
info gambar utama

Tepat tanggal 17 Agustus 2023, seluruh rakyat Indonesia menyambut hari yang luar biasa, hari dimana kemerdekaan di tanah air berkumandang.

Di fajar 17 Agustus semua lapisan masyarakat melaksanakan prosesi upacara kemerdekaan. Dari mulai tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten melangsungkan upacara ini.

Tak terkecuali Cilacap, di tahun ini Kabupaten Cilacap malaksanakan upacara kemerdekaan atau detik-detik proklamasi di Stadion.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya melakukan upacaranya di Alun-alun kota atau Pendopo Kabupaten Cilacap kini berganti tempat di sebuah stadion kebanggaan Cilacap. Dengan konsep yang ciamik, Stadion Wijayakusuma di sulap menjadi lapangan upacara dengan tribun nya sebagai tempat peserta upacara.

Peserta upacara mengikuti rangkaian upacara dengan khidmat serta paskibraka yang juga melaksanakan tugas nya dengan baik tanpa gangguan apapun. Inspektur upacara di tahun ini adalah Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar yang baru menjabat sejak November tahun lalu.

Mengenal Rumah Bersejarah Inggit Garnasih, Tempat Bung Karno Menyusun Strategi Kemerdekaan
Upacara Pengibaran HUT RI ke-78
info gambar

Anggota Paskibra Kabupaten Cilacap dan Petugas Upacara

Lancarnya pelaksanaan upacara tak lepas dari paskibraka dan petugas yang menjalankan tugasnya dengan baik. Pastinya untuk mencapai semua itu tidaklah mudah. Perlu pelatihan dan pengajaran yang rutin agar upacara di tahun ini dapat berjalan lancar.

Adapun paskibraka Kabupaten Cilacap merupakan putra-putri terbaik yang telah terpilih menjadi pasukan pengibar bendera di hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Petugas upacara bendera HUT RI tahun ini yaitu,

- Perwira Upacara: Kompol Aji Wisa Prayogo SH. SiK. MiK

- Cad. Perwira: Kompol Ari Budi Haryono SH

- Komandan Upacara: Ajun Kompol Sofyan Rahmadiyanto SiK

- Cad. Komandan: Ajun Kompol Lingga Ramadhani StK. SiK

Upacara Pengibaran HUT RI ke-78
info gambar

Sedangkan petugas paskibra-nya antara lain sebagai,

- Komandan Upacara: Letu laut pelaut Rafli Afifi

- Pembawa Bendera Pusaka: Rahma Kurnia Wulandari (MAN 3 Cilacap)

- Pembawa Bendera Merah Putih: Anggun Dias Sulestianti (MAN 2 Cilacap)

- Pengibar Bendera:

1. Agung Bayu Setiaji (SMKN 2 Cilacap)

2. Rehuel Waisata B R (SMAN 3 Cilacap)

3. Altamis Fakhri Budiarto (SMAN 3 Cilacap)

Lomba Lari RFID untuk Sambut Kemerdekaan RI Kembali Hadir dengan Usung Semangat Persatuan

Keunikan Upacara Tahun ini

Seperti yang di sampaikan sebelumnya, tahun ini melakukan upacara di stadion dengan rangkaian kegiatan yang berbeda. Di ulang tahun RI ke-78, Cilacap melaksanakan prosesi penyerahan bendera pusaka sambil diiringi dengan Tarian Srimpen Dwi Putri dari Padepokan Seni Dian Laksita.

Di sepanjang rangkaian kegiatan upacara selalu terdengar lantunan musik yang dimainkan dengan baik oleh marching band dari SMP Negeri 3 Cilacap.

Dan di beberapa kesempatan peserta upacara dapat duduk di tribun yang telah di tentukan. Dengan naungan tenda yang terpasang mengelilingi stadion membuat peserta upacara merasakan kenyamanan dan kekhidmatan hingga selesai acara.

Upacara Pengibaran HUT RI ke-78 dengan Inspektur Upacara Pj Bupati Cilacap
info gambar

Untuk Pengibaran HUT RI ke-78 kemarin di siarkan langsung di YouTube Channel Polresta Cilacap Polda Jateng dan dapat di tonton ulang siaran langsung nya.

Inspektur upacara di tugaskan kepada Pj Bupati Cilacap ibu Yunita Dias Suminar SKm MSc MSi yang baru dilantik di tahun lalu oleh Gubernur Jawa Tengah bapak Ganjar Pranowo. Ini dikarenakan pemilihan bupati akan dilaksanakan serentak di pemilu 2024.

Besar harapan dengan HUT RI ke-78 ini Indonesia akan lebih maju seperti slogannya tahun ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Maju bangsanya maju pula negeri nya. Dan teruntuk Kabupaten Cilacap harapannya dapat memperbaiki kekurangan dan mengembangkan kelebihan yang ada di Cilacap.

Pembangunan IKN Nusantara Rampung pada 2045, Tepat Saat 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Referensi:

https://www.youtube.com/live/Qwfd3eTpHtg?feature=share

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini