Pesta Rakyat Meriahkan Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Ankara

Pesta Rakyat Meriahkan Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Ankara
info gambar utama

Pemakaian baju daerah dan nasional oleh para peserta upacara mewarnai peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-78 di KBRI Ankara, Turki. Pertunjukan budaya dengan lagu dan tari-tarian turut menyemarakkan perayaan tersebut.

Mengutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan makna mendalam tentang sejarah perjuangan Indonesia yang telah dimulai sejak sebelum proklamasi kemerdekaan pada 1945.

Keberagaman suku, agama, dan bahasa yang membentuk Indonesia menurutnya harus dirayakan dalam konteks kebhinekaan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih. Generasi muda dalam hal ini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

Upacara berlangsung khidmat

Upacara peringatan HUT ke-78 ini diisi oleh 17 anggota Paskibra KBRI Ankara yang berasal dari berbagai daerah di Turki. Korps Musik elit Kepolisian Nasional Turki, Polis Bondusu, juga turut berpartisipasi dengan memainkan lagu Indonesia Raya. Komandan Korps Musik Kepolisian Nasional Turki Ilhan Kelleci menyampaikan kehormatannya atas partisipasi tersebut.

Upacara berlangsung khidmat dan dihadiri oleh ratusan WNI dan diaspora di Turki. Pada kesempatan yang sama, KBRI Ankara juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh atas jasa dan pengabdiannya untuk Indonesia di Turki. Di antaranya Local Staff terbaik Anggota Satgas Perlindungan WNI, hingga Persatuan Pelajar Indonesia di Turki.

Merah Putih Hiasi Burj Khalifa dan 16 Ikon UEA, Rayakan HUT ke-78 RI

Hadirkan pesta rakyat

Di tengah teriknya cuaca di Ankara, antusiasme pengunjung tetap tinggi untuk menikmati pertunjukan seni budaya yang dibawakan para pelajar Indonesia. Mereka membawakan tari kreasi “Wonderful Indonesia” yang penuh semangat dan keberagaman.

Dalam pesta rakyat itu, ribuan pengunjung juga dijamu dengan bazar akbar yang menyajikan kuliner khas Nusantara serta menampilkan barang kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia. Lebih dari 40 pelaku UMKM dikabarkan turut berpartisipasi.

Rangkaian Acara Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Ada Penampilan Hiburan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini