Melacak Fenomena Dentuman Misterius Sumenep, Benarkah dari Gua Bawah Tanah?

Melacak Fenomena Dentuman Misterius Sumenep, Benarkah dari Gua Bawah Tanah?
info gambar utama

Warga Sumenep, Madura beberapa waktu terakhir dihebohkan dengan suara dentuman. Fenomena ini dirasakan oleh beberapa warga, terutama di lima rumah di sekitar Dusun Tengah, Desa, Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.

Dinukil dari CNN Indonesia, suara dentuman ini layaknya suara orang yang tengah menggali sumur. Walau belum diketahui apa fenomena tersebut, suara getaran dari dentuman tersebut dapat dirasakan oleh warga hingga sekitar 10 hari.

“Fenomena alamnya memang semacam ada getaran dan suara misterius dari perut bumi, belum diketahui ini suara apa,” kata Kepala Seksi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti.

Keraton Sumenep, Satu-satunya Keraton di Jawa Timur yang Masih Berdiri

Karena warga banyak yang risau dengan dentuman suara itu, sekaligus mencegah jatuhnya korban, kepolisian memutuskan mengungsikan lima kepala keluarga (KK). Tetapi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pasuruan memastikan itu bukan gempa.

“Jadi kemarin waktu kejadian itu, Sabtu sekitar 08.45 WIB sampai sekitar 11.00 WIB, itu kami cek di alat kami seismograf yang ada terdekat dengan lokasi di Kalianget, itu tidak ada catatan gempa atau getaran gempa bumi yang terjadi,” kata Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan, Suwarto.

Gesekan rongga gua?

Suwarto menjelaskan berdasarkan pengecekan alat pendeteksi getaran atau seismograf yang dipasang, pihaknya menduga fenomena dentuman tersebut akibat benturan material di gua rongga bawah tanah.

“Jenis batuan kapur, biasanya itu ada potensi semacam berongga-rongga di bawah tanah. Tapi kalau melihat video yang beredar itu kan intensitas bunyinya kecil,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Dosen Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Amien Widodo. Dirinya mengatakan salah satu kemungkinan suara misterius itu berasal dari gua.

Cerita Pondok Pesantren Anti Sampah Plastik di Sumenep

Amien Widodo menjelaskan di Jawa Timur terdapat banyak sekali gua yang tersambung ke bawah tanah. Dijelaskan bahwa gua-gua itu bisa mengantar suara, sehingga bila ada yang menggali sumur atau menambang, suaranya bisa merambat.

“Di Pacitan ada gua gong dipukul juga keluar suara sampai jauh. Saya dengar dari video jauh juga. Cuma suara ketukan seperti orang menggali. Ya mudah-mudahan orang menggali terus selesai, ndak mikir yang macem-macem,” ujarnya.

Tak ada gua misterius?

Tetapi Pelaksana Tugas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan penanggulangan Bencana (BPBD) Sumenep Andy Ricky Kurniawan mengaku tak menemukan gua bawah tanah misterius di sekitar lokasi.

Pasca mendapatkan laporan dari BPBD, Ricky dan kawan-kawannya memang langsung menuju lokasi untuk melakukan asesmen awal. Dia berbincang dengan warga dan menelusuri sumber bunyi.

“Tadinya kami asumsikan, khawatirnya ada gua di radius 2 kilometer atau 4 kilometer itu kemudian ada orang yang masuk dari situ tanpa sepengetahuan warga, lalu ada menggali,” jelasnya.

Jangan Pernah Lelah Memelihara DNA Bangsa Indonesia

Karena belum diketahuinya sumber suara misterius tersebut pada Sabtu (19/8) Tim ahli Geofisika Seismograf Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kembali melanjutkan survei di Desa Moncek Tengah, Kabupaten Sumenep.

Ketua LPPM ITN Malang, Dr Ratri Andinisari menjelaskan bahwa dari kegiatan survei ini pihaknya akan berusaha agar bisa mengetahui penampang bawah permukaan tanah di lokasi kejadian.

“Hasil yang didapat adalah penampang bawah permukaan tanah di lokasi kejadian. Kami harus mengolah data terlebih dahulu dan memadukan hasil tersebut dengan data yang dimiliki BMKG,” paparnya yang dimuat Detik.

Referensi:

  • CNN Indonesia, Diduga Sumber Suara Misterius, Apa Ada Gua Bawah Tanah di Sumenep? https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230817065708-199-987114/diduga-sumber-suara-misterius-apa-ada-gua-bawah-tanah-di-sumenep/amp
  • Detik,Penyebab Dentuman Misterius Belum Terkuak, ITN Malang Kembali ke Sumenep
  • https://www.detik.com/jatim/berita/d-6884548/penyebab-dentuman-misterius-belum-terkuak-itn-malang-kembali-ke-sumenep/amp

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini