Tour de Batam, Ajang Balap Sepeda Internasional Bergengsi di Perbatasan Negeri

Tour de Batam, Ajang Balap Sepeda Internasional Bergengsi di Perbatasan Negeri
info gambar utama

Indonesia punya sejumlah ajang balap sepeda internasional, salah satunya adalah Tour de Batam yang segera kembali digelar pada 2023 ini.

Tour de Batam sudah punya jadwal penyelenggaraan untuk 2023. Rencananya, ajang ini akan digelar pada 22 hingga 24 September 2023 di Kawasan Nongsa yang terletak di sebelah timur laut Kota Batam, tak jauh dari Bandara Internasional Hang Nadim.

Ada lima kategori yang dilombakan di Tour de Batam dan lokasi pelaksanannya dibagi ke dalam tempat. Berikut daftarnya:

Lokasi: Palm Spring Beach, Nongsa

  • Individual Time Trial (jarak 15 kilometer)
  • Gran Fondo Century (jarak 104 kilometer)
  • Gran Fondo Discovery (jarak 52 kilometer)

Lokasi: Palm Spring Beach hingga Jembatan Barelang

  • Gran Fondo Classic (jarak 149 kilometer untuk laki-laki dan 129 kilometer untuk perempuan)
  • Gran Fondo Century (jarak 82 kilometer)

Tour de Batam punya daya tarik tersendiri sebagai ajang balap sepeda., Ajang ini digelar di kota yang merupakan batas negara Indonesia dengan posisi yang begitu strategis. Batam sangat mudah dijangkau dari Singapura dan Malaysia sehingga mobilitas para peserta dan pengunjung mancanegara juga tidak akan sulit.

Di sisi lain, Tour de Batam juga termasuk ajang yang penting bergengsi di kancah balap sepeda dunia. Buktinya, Tour de Batam jadi kualifikasi untuk kejuaraan dunia UCI Gran Fondo World Championships yang akan berlangsung di Aalborg, Denmark pada 2024 mendatang.

Dalam agenda resmi yang dirilis UCI selaku induk organisasi internasional olahraga sepeda Tour de Batam memang masuk ke dalam daftar enam ajang kualifikasi 2023-2024. Sebelum Tour de Batam, akan terlebih dahulu digelar ajang Amy's Great Ocean Road Gran Fondo di Lorne, Australia pada 10 September.

Dengan daya tariknya, tak heran apabila Tour de Batam 2023 mampu menarik animo tinggi. Hingga pekan pertama Agustus saja, dilaporkan sudah ada 683 peserta yang mendaftar. Selain itu, diperkirakan akan ada 1.000 orang pengunjung yang datang ke Batam, termasuk pendamping dan keluarga peserta.

Istora Senayan dan Setumpuk Kenangan Atlet Bulu Tangkis Dunia di Sana

Wisata Olahraga

Bagi Batam, Tour de Batam adalah kesempatan untuk memperkenalkan wisata olahraga mereka kepada masyarakat internasional. Efeknya, roda perekonomian masyarakat pun akan bergerak.

Bagaimana tidak, ribuan orang yang datang tentu akan mengeluarkan uangnya di Batam. Mulai dari korporasi besar seperti pengelola hotel hingga pelaku UMKM akan kecipratan untungnya.

"Peserta akan membawa keluarga kru mereka sehingga menambah jumlah kedatangan wisman. Selain itu, akomodasi tidak hanya hotel di Nongsa hotel di sekitarnya akan kebanjiran pesanan serta pelaku UMKM bisa dilibatkan," Direktur Eksekutif Badan Promosi Wisata Daerah (BPPD) Kota Batam Edi Sutrisno seperti dilansir laman resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam.

Oleh karena itu, pemerintah setempat mengapresiasi digelarnya Tour de Batam. Tertarik ikut menonton ajang ini?

Indonesia Kalahkan Korsel di Kejuaraan Dunia Panahan 2023, Mengapa Itu Begitu Spesial?

Referensi:

  • https://disbudpar.batam.go.id/2023/08/07/kenalkan-wisata-olahraga-ke-kancah-internasional-kejuaraan-internasional-tour-de-batam-digelar-september-mendatang/
  • https://ucigranfondoworldseries.com/en/calendar/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini