Hari Pertama SEA Age Group Championship 2023, Timnas Indonesia Borong 5 Emas

Hari Pertama SEA Age Group Championship 2023, Timnas Indonesia Borong 5 Emas
info gambar utama

Perenang junior anggota timnas Indonesia berhasil meraih lima emas, delapan perak, dan empat perunggu dalam sehari penyelenggaraan kompetisi akuatik SEA Age Championship 2023 pada 24 Agustus 2023 di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Dilansir dari Antara, Jumat (25/8), emas pertama untuk Indonesia diperoleh lewat Arya Adrean Putra Haryono di nomor 50 meter gaya dada putra. Capaian ini kemudian dilanjutkan oleh Akhmad Javier Hamid di nomor 100 meter gaya punggung putra, dan Kaisar Hansel Putra Fransiscus di nomor 50 meter gaya bebas putra.

Selanjutnya, dua emas lainnya sukses diraih oleh Adelia Chantika Aulia untuk nomor 100 gaya punggung putri dan 50 meter gaya bebas putri. Sementara itu, reli grup 400 meter gaya bebas campuran (U-18) yang terdiri dari M. Akbar Putra Taufik, Jeremy Elyon, Arqayla Najwari, dan Adelia Chantika Aulia, berhasil mendapatkan medali perak pertama.

Medali perak berikutnya diraih oleh Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi dan Patrice Euginia Fauzi yang masing-masing di nomor 400 meter gaya bebas putri. Selain itu, ada pula Elizabeth Puan Ayu Kinanthi (50 meter gaya dada putri), serta Flairene Candrea dan Nicole Callysta Phiong yang juga mendapatkan perak di nomor 100 meter gaya punggung putri.

Adapun untuk medali perunggu berhasil diraih oleh Agung Sulaksono dan M. Akbar Putra Taufik di nomor 400 meter gaya bebas putra. Lalu ada Bilqish Wijiningtyas N (100 meter gaya kupu-kupu putri) dan Samuel Maxson Septionus (50 meter gaya bebas putra).

Makin kompetitif

Pelatih timnas renang Indonesia Albert C. Susanto mengatakan para perenang junior Indonesia yang tengah berkompetisi di SEA Age Group Championship 2023 kini semakin kompetitif dan mampu menunjukkan kualitasnya di panggung Asia tenggara.

“Peta kekuatan saat ini bisa dibilang terbaca karena atlet-atlet muda ini, kan, silih berganti. yang tahun lalu ikut, tahun ini tidak ikut, pun sebaliknya. Di atas kerta kita seharusnya bisa dapat 15 emas, tapi ada yang meleset. Tapi, ada juga kejutan di nomor lain seperti di 50 meter gaya dada putra bisa kita ambil,” ungkapnya.

Coach Albert pun mengaku cukup senang dengan perolehan lima medali emas untuk tim Indonesia di hari pertama penyelenggaraan ajang akuatik tersebut. Meskipun begitu, pihaknya berharap agar anak didiknya dapat terus fokus dan tidak lengah supaya bisa lebih banyak mendulang medali bagi Indonesia.

Simson Situmorang, Atlet Renang Tanpa Tangan dan Kaki Utuh

Peringkat tiga klasemen

Atas pencapaian tersebut, Indonesia menduduki peringkat tiga klasemen sementara SEA Age Group Championship 2023 dengan total 17 medali terkumpul. Sementara di peringkat pertama adalah Vietnam dengan 28 medali, dan posisi kedua oleh Singapura dengan total 24 medali.

Sebagai informasi, SEA Age Group Championship edisi ke-45 di Indonesia kali ini tercatat sebagai yang pertama melombakan tiga cabang olahraga, yakni renang, polo air, dan loncat indah. Kompetisi olahraga se-Asia Tenggara ini berlangsung sejak tanggal 24 hingga 26 Agustus 2023 mendatang.

Ajang 45th SEA Age Group Championship diikuti delapan negara ASEAN, di antaranya Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kamboja. Diperkirakan akan ada hampir 600 atlet peserta yang terdiri dari 410 atlet renang, 100 peserta polo air, dan 65 atlet loncat indah, yang menghadiri kompetisi ini.

Berdiri Sejak 1951, PRSI Bertransformasi Menjadi Akuatik Indonesia

Referensi:

  • Antara. Indonesia Raih Lima Emas di Hari Pertama SEA Age Group Championship. https://www.antaranews.com/berita/3695202/indonesia-raih-lima-emas-di-hari-pertama-sea-age-group-championship
  • Antara. Pelatih Perenang Junior Indonesia Indonesia Makin Kompetitif di ASEAN. https://www.antaranews.com/berita/3695283/pelatih-perenang-junior-indonesia-makin-kompetitif-di-asean

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini