Berbagai Pilihan Jus Sehat Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Berbagai Pilihan Jus Sehat Untuk Membantu Menurunkan Kolesterol
info gambar utama

Kolesterol yang berlebih dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit, terutama yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular. Untuk itu, cara alami seperti mengonsumsi jus penurun kolesterol menjadi alternatif yang semakin populer. Namun, bagaimana jus bisa berperan dalam proses penurunan kolesterol? Apa saja pilihan jus terbaik? Dan bagaimana cara terbaik mengonsumsinya?

Kenapa Jus Bisa Menurunkan Kolesterol?

Ada beberapa alasan ilmiah yang menjelaskan bagaimana jus tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol:

1. Kandungan Serat Larut

Banyak buah dan sayuran yang dijadikan sumber jus kaya akan serat larut. Serat ini membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus besar dan akhirnya menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Fitosterol

Beberapa jenis sayuran dan buah mengandung fitosterol yang strukturnya mirip dengan kolesterol. Dengan mengonsumsi sumber makanan yang kaya fitosterol, tubuh akan mengurangi penyerapan kolesterol.

3. Antioksidan dan Polifenol

Kandungan antioksidan dalam buah dan sayuran, seperti flavonoid dan polifenol, dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ketika LDL tidak teroksidasi, risikonya untuk menempel di dinding arteri dan menyebabkan aterosklerosis berkurang.

Baca juga: 9 Makanan Fermentasi Khas Jepang, Sehat dan Unik

Pilihan Jus Terbaik sebagai Penurun Kolesterol

Kolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum di kalangan masyarakat modern. Meski obat-obatan bisa menjadi solusi, banyak orang kini beralih ke metode alami untuk mengendalikannya, salah satunya dengan mengonsumsi jus dari berbagai buah dan sayuran. Berikut ini adalah daftar jus yang direkomendasikan sebagai penurun kolesterol:

1. Jus Apel

Apple | Foto: Freepik.com

  • Kandungan & Manfaat: Apel kaya akan serat larut yang bernama pektin. Serat ini efektif dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, apel juga mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, mengurangi risiko kerusakan oksidatif pada LDL (kolesterol jahat).
  • Cara Pembuatan: Cuci apel, potong menjadi beberapa bagian (tanpa mengupas kulitnya karena kandungan serat tertinggi ada di kulit), dan peras dengan juicer.

2. Jus Bit (Beetroot)

  • Kandungan & Manfaat: Bit merah memiliki kandungan nitrat alami yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Bit juga kaya akan serat, yang membantu menurunkan kolesterol.
  • Cara Pembuatan: Kupas kulit bit, cuci bersih, potong-potong, lalu peras dengan juicer. Bisa juga dicampur dengan wortel atau apel untuk rasa yang lebih nikmat.

3. Jus Seledri

Seledri | Foto: Freepik.com

  • Kandungan & Manfaat: Seledri mengandung antioksidan yang dapat mencegah oksidasi LDL. Selain itu, seledri juga memiliki kandungan fitokimia yang dapat menurunkan produksi hormon stres, salah satu penyebab kolesterol tinggi.
  • Cara Pembuatan: Cuci bersih beberapa batang seledri, potong kecil-kecil, dan peras dengan juicer.

4. Jus Delima

Delima | Foto: Freepik.com

  • Kandungan & Manfaat: Delima merupakan sumber alami dari antioksidan kuat yang dikenal sebagai punicalagins dan antosianin. Jus delima dapat meningkatkan produksi nitrat oksida, sebuah senyawa yang memperluas arteri dan mendorong sirkulasi darah yang sehat.
  • Cara Pembuatan: Buka buah delima, pisahkan biji-bijinya, dan peras menggunakan juicer.

5. Jus Labu Kuning

Labu Kuning | Foto: Freepik.com

  • Kandungan & Manfaat: Labu kuning memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi. Selain itu, labu kuning juga kaya akan serat dan fitoesterol yang bisa membantu menurunkan kolesterol.
  • Cara Pembuatan: Kupas labu kuning, buang bijinya, potong kecil-kecil, dan peras menggunakan juicer.

Sebagai tambahan, saat mengonsumsi jus sebagai solusi menurunkan kolesterol, sebaiknya jangan menambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Konsumsi jus dalam keadaan segar agar mendapatkan kandungan nutrisi yang optimal. Semua jus di atas dapat dicampur atau dikombinasikan sesuai selera, asalkan tidak mengurangi khasiat masing-masing bahan.

Baca juga: Benarkah Jus Seledri Punya Segudang Khasiat untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit?

Dengan memahami bagaimana dan mengapa jus penurun kolesterol bekerja, serta bagaimana cara terbaik mengonsumsinya, Kawan bisa memanfaatkan manfaat kesehatannya secara optimal. Tentunya, selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum melakukan perubahan signifikan pada pola makan Kawan.


Sumber referensi:

  • Albatha.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini