Pagelaran Macan Gala 2023 untuk Dukung Program Pendidikan Seni Indonesia

Pagelaran Macan Gala 2023 untuk Dukung Program Pendidikan Seni Indonesia
info gambar utama

Museum MACAN mempersembahkan 2023 MACAN Gala yang merupakan sebuah perayaan tahunan seni dan budaya yang mengumpulkan filantropis, kolektor, dan perupa ternama Indonesia.

Kegiatan ini untuk mendukung program pendidikan dan pemberdayaan komunitas di Museum MACAN. Tahun ini, Gala berlangsung di The St. Regis Jakarta pada hari Jumat, 25 Agustus 2023.

Sejak tahun 2019, MACAN Gala telah melakukan penggalangan dana melalui sebuah lelang amal yang dipandu oleh rumah lelang ternama, Phillips. Sandy Ma, International Specialist, Associate Director for 20th Century & Contemporary Art.

Intip Pameran Lukisan Raden Saleh hingga Walter Spies di Museum MACAN

Mereka akan kembali memimpin lelang karya-karya dari perupa ternama Indonesia dan Asia Tenggara. Karya yang akan dilelang di antaranya adalah dari Agung Kurniawan, Alexander Sebastianus Hartanto, FX Harsono, Goenawan Mohamad.

Selain itu ada Hendrik Paulides, Irfan Hendrian, Isabel dan Alfredo Aquilizan, Jumaadi, Sunaryo; dan sebuah tas Fendi Medium Baguette yang dilukis oleh I Putu Adi Suanjaya (Kencut).

Mendukung program pendidikan

Hasil dari penyelenggaraan 2023 MACAN Gala akan digunakan untuk mendukung program pendidikan dan pemberdayaan komunitas, di antaranya program jangkauan sekolah, kunjungan untuk anak usia sekolah dari beragam latar belakang sosial dan ekonomi, lokakarya membuat karya seni, wicara, kuliah umum, dan pemutaran film.

Diadakan di Astor Ballroom yang mewah, para tamu 2023 MACAN Gala akan mengenakan busana bergaya whimsical yang sesuai dengan tema dan dress code tahun ini. Mereka akan menikmati jamuan makan malam yang dipersiapkan secara khusus oleh The St. Regis Jakarta.

“Yayasan Museum MACAN berupaya memperkaya kehidupan generasi muda melalui pengenalan dan pengalaman seni yang bermakna. Sejak tahun 2017, program pendidikan Museum MACAN telah mengubah ranah pendidikan seni di Indonesia,” jelas
Fenessa Adikoesoemo, Ketua Yayasan Museum MACAN.

Museum MACAN Akan Pamerkan Instalasi Besar Karya Isabel & Alfredo Aquilizan

Dijelaskan oleh Fenessa, hal ini dapat dilihat, tidak hanya melalui jumlah siswa yang terlibat dengan program Museum Macan di seluruh negeri, namun juga jumlah jejaring guru yang terlibat dalam program.

Disebutkan sumber materi pendidikan yang dihasilkan dikembangkan agar dapat terintegrasi dengan kurikulum pendidikan Indonesia. Sejak tahun 2017, Museum Macan telah menyambut lebih dari 900,000 pengunjung, diantaranya 272,000 siswa dan anak-anak.

“Tim museum telah bekerja dengan 736 sekolah dan 3,162 pendidik dari 23 provinsi di seluruh Indonesia melalui inisiatif jangkauan luring dan daring. Kami bersyukur akan dukungan yang diberikan dari para patron, mitra, dan sponsor, yang membuat seluruh inisiatif ini dapat terlaksana, dan kami berharap dapat terus melanjutkan misi untuk mengubah masa depan ribuan anak muda melalui seni.” paparnya.

Memperluas kesempatan

Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto menyatakan MACAN Gala membantu memperluas kesempatan bagi anak-anak dari beragam latar belakang sosial dan pendidikan untuk terlibat dalam pengembangan potensi seni yang transformatif.

Dirinya sadar bahwa pendidikan seni merupakan penggerak yang kuat untuk mengembangkan pola berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah yang kreatif–menumbuhkan imajinasi, memperluas pemahaman anak-anak terhadap dunia, dan memberikan sarana untuk pembentukan empati dan toleransi.

“Meneruskan hasil kerja keras kami selama enam tahun ini, Museum MACAN memiliki ambisi yang besar untuk memperluas program-program yang telah dibuat, serta memastikan bahwa keterbatasan sosial dan ekonomi tidak menjadi halangan untuk mendapatkan pendidikan seni di Jakarta. Acara Gala kami membawa para pelaku industri seni di Indonesia dan para dermawan untuk bersama-sama mendukung misi ini,” tegasnya.

Ketika Kertas Karbon Masuk ke Ruang Kreasi Seni

2023 MACAN Gala dibuka dengan sesi red carpet pada pukul 18:30 WIB di The St. Regis Jakarta, dengan duta 2023 MACAN Gala dan selebritas, di antaranya: Adinia Wirasti dan Michael Wahr, Andien, Andini Effendi, Ario Bayu dan Valentine Payen-Wicaksono, Asmara Abigail, Ayla Dimitri, Angga Yunanda, Axton Salim, Dewi Ivo, Harry Halim, Michelle Maryam, Neysa Soediro, Omar Daniel, Shenina Cinnamon, Titi DJ, Titi Radjo Padmaja, Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha.

2023 MACAN Gala didukung oleh The St. Regis Jakarta dan BMW sebagai Sponsor Utama; Time International, Johnny Walker Blue Label, dan Oaken Lab sebagai Sponsor; dengan Mitra Lelang dari Phillips; ELLE Indonesia sebagai Mitra Media; Event Organizer dan Dekorasi oleh Tiara Josodirdjo & Associates dan Stupa Caspea; ISA Art, BAIK ART, Gajah Gallery, Helen Koeswoyo dan Art Moments, Selasar Sunaryo Art Space, Sullivan and Strumpf, dan Yavuz Gallery, sebagai perwakilan dari perupa.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini