Hari Kedua KTT ASEAN, Polda Metro Jaya Lakukan Pengalihan Lalu Lintas Jakarta

Hari Kedua KTT ASEAN, Polda Metro Jaya Lakukan Pengalihan Lalu Lintas Jakarta
info gambar utama

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN memasuki hari kedua. Sejak Selasa, 5 September 2023 lalu, Polda Metro Jaya sudah melakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan Ibukota Jakarta untuk pengamanan KTT ASEAN yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).

Pengalihan arus lalu lintas ini bertujuan untuk mengurai kemacetan akibat KTT ASEAN yang sedang berlangsung. Sore nanti, Jakarta sebagai tuan rumah akan turut menggelar gala dinner bagi para delegasi yang hadir di konferensi ini.

Gala dinner yang akan dilaksanakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) ini mengakibatkan pihak kepolisian harus memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Senayan dan Semanggi dan akan dilanjutkan dengan sterilisasi jalan pada pukul 16.00 WIB.

Presiden Jokowi Sambut Para Pemimpin Negara di Forum AIPF, Optimis Akan Potensi ASEAN

Pengalihan Lalu Lintas di DKI Jakarta Jelang Gala Dinner

Pengalihan arus lalu lintas ini dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB pagi tadi, serta pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB nanti, menyesuaikan dengan agenda resmi KTT ke-43 ASEAN.

Polda Metro Jaya dalam unggahannya di akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya menginfokan beberapa ruas jalan yang akan dialihkan hari ini, diantaranya:

  1. Jalan MH. Thamrin – Jalan Jenderal Sudirman (Bundaran Patung Kuda – Bundaran Senayan).
  2. Jalan HR. Rasuna Said dari TL. Cokro sampai dengan TL. Kuningan.
  3. Jalan Gatot Subroto (TL. Kuningan – TL. Slipi) dan Jalan Imam Bonjol hingga Bundaran Hotel Indonesia.
Info lalu lintas dan Jalur Alternatif dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Hari Rabu tanggal 06 September 2023.
info gambar

Dalam unggahannya, Polda Metro Jaya turut meminta maaf kepada masyarakat akibat adanya pengalihan lalu lintas yang dilakukan.

Himbau Masyarakat Pakai Rute Alternatif

Selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung, pihak kepolisian menghimbau para pengguna jalan untuk menggunakan rute alternatif.

Beberapa rute alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat diantaranya:

  1. Lalu lintas dari arah Selatan (Cipete) menuju ke arah Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pd. Indah – Berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar – dst.
  2. Lalu lintas dari arah Utara (Harmoni) menuju ke arah Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis – Jalan Fahrudin – Jalan K.H. Mas Mansyur – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Kyai Maja – Jalan Panglima Polim dst.
  3. Lalu lintas dari arah Timur (Tebet) ke arah Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean – Jalan Wolter Monginsidi – Jalan Trunojoyo – Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pd. Indah Berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar – Jalan S.Parman dst.
  4. Lalu lintas dari arah Barat (Slipi) menuju ke arah Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S.Parman – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan RM. Margono – Jalan Galunggung – Jalan Dr. Saharjo – Jalan Prof Dr. Soepomo – Jalan MT. Haryono dst.
Info lalu lintas dan Jalur Alternatif dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Hari Rabu tanggal 06 September 2023.
info gambar

Akibat dari pengalihan jalan ini, beberapa ruas jalan terpantau macet parah. Seperti Jalan Mampang, Prapatan Raya, hingga Gatot Subroto.

Beberapa masyarakat turut merasakan dampak pengalihan lalu lintas selama KTT ke-43 ASEAN ini.

Mengenal 12 Negara Mitra Wicara ASEAN, Hadir di KTT ke-43?

Sekitar Sudirman HI sampe monas macet parah, jalan pada ditutup untuk KTT hati-hati ges” cuit salah satu akun Twitter.

Hal senada turut disampaikan oleh salah seorang pengguna Instagram di akun resmi TMC Polda Metro Jaya, menanggapi postingan pengalihan arus lalu lintas, “Semangat turut mensukseskan KTT ASEAN… tapi minta tolong mimin infonya agak jauh lebih awal yaaa… makasii.

Sementara itu, Polda Metro Jaya terus melakukan pemantauan dan memberikan update terkait lalu lintas selama gelaran KTT ASEAN ini berlangsung.

Referensi:

  • https://humas.polri.go.id/2023/09/06/polda-metro-jaya-lakukan-pengalihan-arus-lalu-lintas-di-jakarta-hari-ini/
  • https://twitter.com/TMCPoldaMetro
  • https://www.instagram.com/tmcpoldametro/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini