Momen Langka yang Hadir di KTT ASEAN: Kamala Harris hingga Justin Trudeau Tampil Berbatik

Momen Langka yang Hadir di KTT ASEAN: Kamala Harris hingga Justin Trudeau Tampil Berbatik
info gambar utama

Dari sekian banyak momen penting di KTT ASEAN 2023, tampilnya para pemimpin dunia dengan mengenakan batik bisa dibilang adalah salah satu yang paling langka.

KTT ASEAN 2023 telah tuntas. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN ini sukses dilaksanakan pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Selama tiga hari, sederet agenda diikuti oleh para delegasi serta tamu dari berbagai negara. Ada satu agenda yang mencuri perhatian banyak orang, yakni gala dinner yang diselenggarakan di Hutan Kota, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu malam, 6 September 2023.

Acara gala dinner itu memang menarik. Bukan hanya karena jamuan Indonesia sebagai tuan rumah yang sungguh ciamik, juga karena para pemimpin dunia yang hadir mengenakan batik khas Indonesia.

Gala Dinner KTT ASEAN di Hutan Kota GBK Sajikan Hidangan Nusantara Secara Mewah

Batik di Gala Dinner KTT ASEAN 2023

Ya, batik seperti menjadi dress code bagi para undangan. Para pemimpin dunia yang hadir pun mengenakan batik dengan berbagai motif dan corak.

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris misalnya. Ia tampak hadir mengenakan blus batik berwarna kuning dan cokelat. Blus itu ia padukan dengan celana panjang hitam.

Kemudian, ada pula Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Datang bersama putranya, Xavier, Trudeau mengenakan kemeja batik lengan panjang dengan warna oranye dan merah, serta celana panjang hitam.

Sang anak pun tak ketinggalan memakai batik. Berbeda dengan ayahnya, Xavier mengenakan kemeja batik lengan pendek berwarna dasar hijau muda dan celana panjang warna terang.

Telah Usai, Ini Beberapa Hal Menarik dari KTT ASEAN ke-43 yang Sayang Dilupakan

Jokowi dan Pakaian Khas Betawi

Menariknya lagi, sementara para tamu undangan mengenakan batik, lain halnya dengan Presiden Joko Widodo. Bersama sang istri Iriana, mereka mengenakan pakaian tradisional Betawi.

Jokowi mengenakan pakaian adat yang terdiri dari baju demang dan celana hitam. Ada pula kain ujung serong yang diikatkan di bagian pinggang serta penutup kepala berwarna oranye.

Laman Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menjelaskan jika baju demang merupakan busana hasil reka cipta Betawi baru yang kental dengan budaya luar. Baju demang yabg wujudnya berupa jas tutup ini dipengaruhi budaya Belanda kolonial.

Sementara Jokowi tampil gaya dengan baju demang, Iriana mengenakan setelan kebaya encim yang warnanya kompak dengan aksesoris yang dipakai Sang Suami. Kebaya dan kerudung Iriana tampak berwarna oranye terang.

Kebaya encim atau yang juga dikenal dengan kebaya kerancang adalah model kebaya yang biasanya dikenakan dengan sarung maupun kain panjang yang disarungka. Untuk bawahan kebaya encim lazimnya yakni kain sarung tumbak, belah ketupat, atau buket.

Mau Menikmati Hutan Kota GBK Tempat Gala Dinner KTT ASEAN? Bisa dan Tak Perlu Keluar Duit!

Referensi:

  • https://setkab.go.id/berbaju-adat-betawi-presiden-dan-ibu-iriana-gelar-gala-dinner-ktt-ke-43-asean/
  • https://indonesia.go.id/galeri/foto/detail/3692
  • https://dinaskebudayaan.jakarta.go.id/encyclopedia/blog/2018/07/baju-sadariah
  • https://dinaskebudayaan.jakarta.go.id/disbuddki/news/2021/09/Mengenal-Busana-Perempuan-Adat-Betawi-Kebaya-Kerancang



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini