WIES 2023 di Padang, Wujudkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia

WIES 2023 di Padang, Wujudkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia
info gambar utama

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) yang digelar pada 6–9 September 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat, membawa misi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap agar kegiatan tersebut dapat menginisiasi lahirnya Global Muslimpreneur Forum yang merupakan asosiasi forum wirausaha muslim pertama di dunia yang berpusat di Sumatera Barat.

“Global Muslimpreneur Forum dapat menjadikan Indonesia sebagai centre of excellence muslimpreneur, dan untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi Meeting Incentive Convention and Exhibition (MICE) berkelas dunia,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Kemenparekraf.

Bentuk wirausaha berkarakter

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambutannya, memberikan dukungan penuh dalam pembentukan wirausaha berkarakter untuk mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar ajang WIES 2023 dapat menjadi forum bertukar gagasan dan membangun strategi kemitraan yang kolaboratif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di tingkat global.

“Manfaatkan forum untuk bertukar informasi dan gagasan, serta membangun strategi kemitraan yang sinergis dan kolaboratif. Khususnya antarnegara muslim, sebagai ikhtiar kolektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah global,” ungkapnya, dilansir dari laman wapresri.go.id.

Indonesia Raih Predikat Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2023

Tonggak pariwisata halal

WIES 2023 mengusung tema “Fostering Islamic Economic Growth Through Muslim Preneurship in Digital Transformation Era”. Acara ini diikuti delegasi dari sejumlah negara ASEAN dan Timur Tengah seperti malaysia, Vietnam, India, Markono, hingga Spanyol.

Dilansir dari Medcom.id, Minggu (10/9), Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah yang membuka gelaran WIES 2023, menyebut kegiatan bertaraf internasional ini bisa menjadi tonggak penting dalam memajukan pariwisata halal.

Menurutnya, penyelenggaraan WIES 2023 tak hanya berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisata halal, tetapi juga perekonomian Sumatera Barat. Kegiatan ini menjadi bentuk promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan luar negeri sehingga membuat Sumatera Barat semakin dikenal luas oleh komunitas muslim seluruh dunia.

Posisi Ekonomi Syariah Indonesia dalam SGIE Report 2022, Makanan Halal Masuk Peringkat 2

Referensi:

Medcom.id. Gubernur Sumatera Barat Berharap World Islamic eentrepreneur Jadi Tonggak Majukan Pariwisata Halal. https://www.medcom.id/nasional/daerah/3NOOmG2N-gubernur-sumatera-barat-berharap-world-islamic-entrepreneur-summit-jadi-tonggak-majukan-pariwisata-halal

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini