Kemenpora Suntikkan Dana Rp399,5 Miliar untuk Piala Dunia U-17

Kemenpora Suntikkan Dana Rp399,5 Miliar untuk Piala Dunia U-17
info gambar utama

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI memberikan bantuan sebesar Rp399,5 miliar kepada PSSI untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 dan pemusatan latihan timnas Indonesia. Nota kesepahaman kerja sama ini ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi dan Pejabat Pembuat Kebijakan (PPK) Darmo Susilo di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

Menpora RI Dito Ariotedjo mengumumkan, total dana tersebut terdiri dari kerja sama bantuan sebesar Rp399 miliar ditambah pemberian pemerintah Rp500 juta. Dia berharap, suntikkan dana ini bisa menyokong penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 agar berjalan lancar. Bukan itu saja, kepercayaan internasional juga meningkat, sehingga Indonesia akan semakin banyak menggelar ajang kelas dunia.

"Ini menandakan kehadiran pemerintah dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan persiapan Timnas Indonesia U-17,” ujar Dito usai menyaksikan penandatanganan MoU.

Bacuya, Si Badak Energik yang Meramaikan Piala Dunia U-17 2023

Dia menyebut, segala proses bantuan pemerintah kepada cabang olahraga akan dilakukan dengan transpran dan akuntabel.

“Ini adalah kesempatan yang baik untuk pesepak bola muda kita masuk ke kancah dunia dan bersaing dengan negara-negara hebat lainnya,” tandas Dito.

Sementara itu, Ketua PSSI Erick Thohir membocorkan bahwa sebanyak 28—34 pemain Timnas Indonesia U-17 akan bertolak ke Jerman pada 16 September 2023 untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Kegiatan ini akan berlangsung pada 18 September s.d. 24 Oktober 2023.

Selama di Jerman, Skuat Garuda Muda dijadwalkan akan melawan dua tim nasional dan empat klub lokal sebagai laga uji coba.

“Uji coba ada dua timnas lain dan empat klub di Jerman. Nanti kita umumkan karena bisa saja nanti ada beberapa perubahan. Kita ingin memastikan kondisi para pemain bisa prima dan menghindari cedera. Ini yang benar-benar kita jaga,” pungkas Erick.

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan akan berlangsung pada 10 November s.d. 2 Desember 2023. Sebanyak empat stadion di Indonesia dipastikan bakal menjadi lokasi pertandingan di antaranya: Jakarta International Stadium (JIS), Stadium Si Jalak Harupay Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Renovasi 4 Stadion Piala Dunia U-17, PUPR Kucurkan Rp100 Miliar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini