Melihat Canggihnya Rafale dan F-15EX, Jet Tempur Generasi 4.5 yang Dibeli Indonesia

Melihat Canggihnya Rafale dan F-15EX, Jet Tempur Generasi 4.5 yang Dibeli Indonesia
info gambar utama

Indonesia sedang getol menambah kekuatan militer udaranya. Salah satu caranya adalah membeli jet tempur untuk memutakhirkan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sejauh ini diketahui telah membeli tiga jenis jet tempur, yakni Mirage 2000-5 Rafale, dan F-15EX yang masing-masing jumlahnya 12, 42, dan 24 unit

Mirage 2000-5 adalah jet tempur dari generasi 4. Sedangkan Rafale dan F-15EX merupakan jet tempur dari generasi 4.5, yang mana bodinya serupa dengan jet tempur generasi 4, namun dilengkapi beberapa kecanggihan yang dimiliki generasi 5.

Jet tempur generasi 4 sendiri adalah jet tempur yang dirancang pada era 1970-an dan mulai beroperasi sejak 1980. Sementara itu, jet tempur generasi 5 mulai hadir pada awal 2000-an. Hal yang membedakan jet tempur dari setiap generasi adalah karakteristik serta teknologi yang dimilikinya.

Sama-sama dari generasi 4.5 seperti apa kecanggihan Rafale dan F-15EX?

Tak Cuma Upgrade Alutsista, Ini Misi Khusus Indonesia di Balik Pembelian Jet Tempur Rafale

Melihat Rafale dan F-15EX Lebih Dekat

Rafale adalah jet tempur yang diproduksi perusahaan Prancis, Dassault Aviation. Jet tempur satu ini pertama kali diperkenalkan pada 2001.

Dalam laman resmi Dassault Aviation, ditulis bahwa Rafale punya lebar sayap 10,90 meter. Panjangnya adalah 15,30 meter dan tingginya 5,30 meter.

Berat Rafale adalah 10 ton. Saat dioperasikan, jet tempur akan membawa sejumlah beban seperti bahan bakar dan persenjataan. Adapun berat maksimal Rafale agar bisa terbang yakni 24,5 ton.

Soal kecepatan, Rafale juga terbilang mumpuni karena bisa melaju di udara dengan kecepatan hingga sekitar 1,390 kilometer per jam.

Sementara itu, F-15EX adalah varian terbaru dari F-15 produksi Boeing, perusahaan dirgantara Amerika Serikat. F-15EX baru mulai mengudara pada 2021 lalu.

F-15EX punya ukuran yang lebih besar dari Rafale. Mengutip airforce-technology.com, panjang F-15EX adalah 19,45 meter, lebar 13,05m dan tinggi 5,64m.

F-15EX memiliki berat kosong 14.500 kg. Jet tempur ini bisa lepas landas dengan bobot maksimum adalah 37 ton.

Soal kecepatan, F-15EX juga lebih ngebut. Kecepatan maksimumnya saat terbang adalah 3087 kilometer per jam.

Sebagai jet tempur generasi 4.5, Rafale dan F-15EX punya beberapa keunggulan dibanding generasi pendahulunya. The Royal United Services Institute for Defence and Security Studies mencatat bahwa keunggulan tersebut di antaranya berupa kemampuan terbang dengan kecepatan supersonik tanpa banyak mengonsumsi bahan bakar, mampu bermanuver secara ekstrem dslam kecepatan tinggi, hingga lebih sulit dideteksi radar musuh.

Mengintip Spesifikasi Jet Tempur Rafale dan Kapal Selam Scorpene yang Diborong Indonesia

Referensi:

  • https://www.rusi.org/explore-our-research/publications/commentary/45-generation-fighters-multi-role-aircraft-search-role
  • https://www.dassault-aviation.com/en/defense/rafale/specifications-and-performance-data/
  • https://www.airforce-technology.com/projects/f-15ex-fighter-jet/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini