Mengapa Jurusan Akuntansi Dominan Dibanding Jurusan Lainnya?

Mengapa Jurusan Akuntansi Dominan Dibanding Jurusan Lainnya?
info gambar utama

Sebagai pelajar yang akan melanjutkan studi ke jenjang kuliah, diperlukan informasi mengenai jurusan apa saja yang tersedia di universitas pilihan kita. Ada baiknya Kawan GNFI dapat mengetahui minat yang telah diasah dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.

Selain itu, diperlukan juga nilai akademis yang tinggi agar menjadi patokan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kawan. Dalam memilih jurusan, pilihlah sesuai dengan hal yang disenangi tanpa adanya suatu paksaan, sehingga membuat perkuliahan menjadi beban dalam hidup.

Sebagai gambaran, jika Kawan GNFI senang dalam menganalisis atau mengelola keuangan dalam pengeluaran sebulan, kamu dapat untuk mencari tahu mengenai jurusan Ekonomi. Salah satu jurusan relevan yang mendominasi sekarang adalah Ilmu Akuntansi.

Hal ini dapat menjadi keuntungan bagi masa depan sebagai mahasiswa yang memilih jurusan tersebut. Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan.

Pro dan Kontra Job Hopper, Kutu Loncat dalam Perjalanan Karier

1. Prospek kerja yang luas

Akuntansi adalah salah satu jurusan Ekonomi yang memiliki prospek kerja yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Apabila suatu perusahaan membutuhkan laporan keuangan, maka diperlukan akuntan untuk menyusun dan membuat laporan keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan.

Selain akuntan, juga diperlukan audit untuk melakukan pengecekan pada laporan keuangan yang telah dibuat agar tidak terjadi manipulasi data dan mencegah kesalahan dalam laporan keuangan. Tak heran, jurusan ini sangat banyak peminat dan lulusannya pun mencari lowongan dengan profesi akuntan atau audit yang diperlukan dalam suatu perusahaan.

2. Memiliki kemampuan dalam perhitungan

Perhitungan dalam akuntansi sangat diperlukan karena melalui hal ini, sebagai akuntan harus terbiasa dalam menghitung keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Dalam hal ini, juga diperlukan ketelitian dalam pembuatan maupun pengecekan laporan keuangan agar tidak terjadi ketidakseimbangan antara pemasukan maupun pengeluaran yang terjadi.

Sehingga lulusan akuntansi yang dicari selain dapat melakukan perhitungan, dibutuhkan ketelitian yang baik untuk membuat laporan keuangan suatu perusahaan.

3. Berpikir kritis dan bertanggung jawab

Selain diperlukan ketelitian dalam ilmu ini, dalam akuntansi juga diajarkan untuk dapat berpikir kritis dan dapat bertanggung jawab atas laporan keuangan yang telah dibuat. Berpikir kritis ini diperlukan untuk menganalisis laporan keuangan tersebut sesuai atau tidak dengan data keuangan yang terjadi. Kemudian apakah tidak ada kejanggalan dalam data tersebut yang telah dicatat dalam laporan keuangan.

Setelah dianalisis laporan keuangannya, Kawan GNFI perlu bertanggung jawab atas laporan keuangan yang telah dibuat tersebut karena sudah sesuai dengan data keuangan yang tercatat.

Milka Santoso dan Pandangan Memosisikan Diri Sebagai Seorang Ibu Sekaligus Wanita Karier

4. Berkeinginan untuk membuka usaha sendiri

Menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah karena memerlukan modal dan kemampuan dalam berwirausaha. Membuka usaha pun diperlukan skill dalam melakukan pengelolaan keuangan yang terjadi serta mengetahui keuntungan atau kerugian yang terdapat di dalam menjalankan usaha tersebut.

Maka, diperlukan jurusan akuntansi untuk melakukan pengelolaan keuangan yang akan terjadi sebagai catatan keuangan baik usaha kecil maupun usaha besar. Dalam hal ini, Kawan GNFI dapat menjadi pemilik usaha itu sendiri ataupun berprofesi sebagai akuntan yang membantu mengelola keuangan yang terjadi di dalam usaha tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan, jurusan Akuntansi banyak diminati karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Kawan GNFI mendalami dengan serius. Memilih jurusan sesuai dengan keinginan akan terasa nyaman untuk dijalani selama perkuliahan berlangsung. Semua jurusan mempunyai keuntungannya masing-masing yang sesuai dengan minat yang kita miliki.

Jadi, pilihlah jurusan yang Kawan GNFI minati dan yakin dengan pilihan sendiri.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini