Bukit Peramun Belitung Raih Rekor MURI sebagai Hutan Digital Pertama di Indonesia

Bukit Peramun Belitung Raih Rekor MURI sebagai Hutan Digital Pertama di Indonesia
info gambar utama

Desa Wisata Bukit Peramun yang terletak di Kabupaten Belitung dinobatkan sebagai Hutan Digital Pertama Berbasis Masyarakat di Indonesia oleh Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (26/9), anugerah rekor MURI itu diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muhammad Neil El Himam pada 30 Mei 2023 lalu.

Capaian tersebut menjadi tonggak penting bagi Desa Wisata Bukit Peramun dalam upaya mengoptimalkan teknologi digital yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, sekaligus memanfaatkan potensi desa wisata.

Aplikasikan inovasi teknologi

Komunitas Arsel yang mengelola Desa Wisata Bukit Peramun mengambil langkah maju dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat untuk pelestarian alam dan hutan. Selain itu, keterlibatan masyarakat juga tak kalah penting sebagai kunci keberhasilan desa wisata ini.

Adapun inovasi teknologi yang diaplikasikan, di antaranya adalah aplikasi virtual assistant berbasis android untuk memperkenalkan jenis dan manfaat tanaman di Bukit Peramun serta virtual guide dalam dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris.

Dengan teknologi tersebut, kekayaan flora yang tersimpan di Bukit Peramun bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang berkualitas dan memiliki daya tarik. Hal ini pada gilirannya juga menjadi upaya berkelanjutan dalam meningkatkan perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat lokal.

Bukit Peramun, Hutan dengan Kekayaan Tanaman Obat di Pulau Belitung

Digitalisasi identifikasi hutan

Hutan Digital
info gambar

Penerapan teknologi digital dalam pemanfaatan hutan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menggunakan teknologi i-tree hasil riset peneliti dari IPB University dan United States Forest Services International Program (USFS-P).

Dikutip dari jabarprov.go.id, Selasa (26/9), Ketua Peneliti IPB DR. Kaswanto menjelaskan, teknologi i-tree dapat memastikan dengan tepat secara data digital tentang potensi hutan secara menyeluruh, mulai dari jenis dan usia pohon, oksigen yang dihasilkan, hingga serapan karbon oleh hutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar Dodit Ardian Pancapana mengungkapkan teknologi tersebut dapat diterapkan untuk menjaga hutan di Jawa Barat. Pihaknya menyatakan dukungan dan akan menggunakan hasil riset teknologi itu sebagai dasar untuk mengambil kebijakan mendatang.

Cerita Warga Desa Senamat Ulu yang Bermimpi Hutan Mereka Hijau Kembali

Referensi:

Kompas. Desa Wisata Bukit Peramun Belitung Hasil Kolaborasi Pemerintah dan BCA Raih Rekor MURI. https://travel.kompas.com/read/2023/06/02/171736527/desa-wisata-bukit-peramun-belitung-hasil-kolaborasi-pemerintah-dan-bca-raih?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini