Kampung Berseri Astra Tabek Talang Babungo Upayakan Mitigasi dan Perubahan Iklim Mandiri

Kampung Berseri Astra Tabek Talang Babungo Upayakan Mitigasi dan Perubahan Iklim Mandiri
info gambar utama

Perubahan iklim adalah salah satu capaian indikator Sustaninable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang tengah digencarkan oleh pemerintah. Untuk mencapainya, tidak hanya membutuhkan pendanaan tetapi juga keterlibatan semua pihak yang saling bahu-membahu dan saling berkolaborasi.

Untuk itu, PT. Astra Internasional Tbk melalui program uggulannya, yakni Kampung Berseri Astra (KBA) mewujudkannya melalui kolaborasi bersama 167 kampung di tahun 2022. Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Salah satu diantaranya adalah KBA Tabek Talang Babungo Solok yang terletak di Desa Jorong Tabek, Kelurahan Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Padang. Kampung ini telah bekerja sama sejak tahun 2016 sebagai bagian dari kampung binaan PT. Astra Internasional dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang disebut dengan program kampung iklim (PROKLIM).

Mengenal Klebelsberg Konyvtar, Perpustakaan Terbesar di Eropa Tengah

KBA Tabek Talang Babungo Solok yang digerakan oleh Ibu Pelni sebagai bagian dari program kampung iklim berusaha mewujudkan tiga misi utamanya, yaitu electric vehicles, renewable energy, dan digitalisation. Nah, apa saja yang dilakukan untuk mencapainya?

Electric vehicle (kendaraan listrik) adalah salah satu alternatif dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan. Mengingat letak kampung yang terletak di lekuk bukit tentu membutuhkan alat transportasi yang memadai untuk distribusi hasil komoditas dan kebutuhan masyarakatnya. Tidak hanya kendaraan yang hemat energi tetapi juga kendaraan yang tidak menimbulkan polusi sehingga mampu menjaga kestabilan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Renewable energy (energi terbarukan) adalah salah satu upaya yang telah dicapai dan harus dilanjutkan di Tabek Talang Babungo. Letak kampung yang jauh dari akses listrik milik pemerintah, mendorong masyarakat desa membangun sumber daya listriknya sendiri. Hal ini dilakukan melalui biogas dimana masyarakat mengumpulkan limbah industri, kotoran hewan ternah dan sisa-sisa makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gas elpiji dan bahan bakar generator penghasil listrik. Cara lain masyarakat dalam menghasilkan listrik adalah dengan menggunakan panel surya rumahan dan panel surya swadaya. Selain itu, untuk mengurangi jumlah kabel listrik yang bergelantungan mayarakat memasang lampu tenaga surya sebagai penerangan di jalan-jalan penghubung kampung. Lampu tenaga surya tidak hanya bermanfaat sebagai bentuk kemandirian listrik masyarkat, tetapi juga mengingat letak kampung di lekuk bukit sehingga jalanan naik turun dan tentu bermanfaat demi keselamatan warga sendiri. Misalnya, mengurangi kabel yang putus akibat badai, angin, atau cuaca yang berubah-ubah.

Digitalisation (digitalisasi) adalah salah-satu cita-cita masyarakat yang ingin dicapai tahun ini. KBA Tabek Talang Babungo Solok saat ini bersama pemerintah desa setempat tengah berusaha mebuat website yang ditujukan sebagai akselerasi admininstrasi dan ekonomi warga. Digitalisasi menjadi suatu misi yang dianggap memiliki urgensi mengingat dominasi teknologi yang dibutuhkan masyarakat yang seba cepat. Dengan pengadaan website pemerintah desa dapat menyalurkan informasi kepada mayarakat dan dengannya masyarakat bisa melakukan pengaduan secara praktis. Sehingga, baik masyarakat maupun pemerintah dapat memberikan respons dan bantuan timbal balik secara tepat, tranparan, dan cepat. Dengan website masyarakat juga dapat meningkatkan perekonomiannya, yakni mempercepat pemasaran, mempelajari tren pasar, menemukan pembeli yang sesuai tanpa perantara calo yang justru dapat merugikan masyarakat.

Mahasiswa Universitas Brawijaya Temukan Manfaat Kulit Delima untuk Gigi, Apa Itu?

Dengan fasilitas binaan yang dilakukan KBA Tabek Talang Babungo yang telah dilakukan selama ini, diharapkan dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat. Mereka diharapkan dapat konsisten dalam misinya membangun kampung yang sejahtera dan menginspirasi kampung-kampung lainnya untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya melalui #kabarbaiksatuindonesia.

#kabarbaiksatuindoenesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini