Ribuan Orang Meriahkan Pembentukan Amigos de Indonesia di Kolombia

Ribuan Orang Meriahkan Pembentukan Amigos de Indonesia di Kolombia
info gambar utama

Ribuan orang dikabarkan antusias menyaksikan pembentukan Amigos de Indonesia, yakni perkumpulan diaspora dan sahabat Indonesia di Kolombia, yang akan berperan aktif memperkenalkan, mempromosikan, dan menampilkan potensi Indonesia.

Dikutip dari laman resmi kemlu.go.id, Selasa (3/10), Dubes RI Tatang Razak menilai bahwa pembentukan Amigos de Indonesia sangat penting sebagai sebuah platform yang mewadahi berbagai kerjasama dengan KBRI Bogota.

Bersamaan dengan hal itu juga, KBRI Bogota menyebutkan tentang Casa de Indonesia, yang merupakan pusat budaya Indonesia untuk mengajarkan berbagai produk seni dan budaya, seperti bahasa, tarian, hingga pelatihan membatik.

Acara pembentukan Amigos de Indonesia yang digelar pada 30 September 2023 turut dimeriahkan dengan pertunjukan seni, diantaranya tari Merak, tari Mbok Jamu, tari Yapong, tari Piring, dan tari Bajidor Kahot. Tarian dari berbagai daerah ini dibawakan oleh para anggota Amigos de Indonesia.

Pemerintah dan Diaspora Bangun Warisan Roemah Indonesia di Tiongkok, Apa Fungsinya?

Persahabatan RI–Kolombia

Kerja sama Indonesia dan Kolombia
info gambar

Persahabatan antara Indonesia dan Kolombia terjalin dalam kerja sama di berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, pendidikan, dan kepolisian. Hal ini telah disepakati dalam Forum Konsultasi Politik Ke-2 yang berlangsung tahun lalu di Bogota, Kolombia.

Indonesia dan Kolombia juga menjalin kesepakatan di bidang kelapa sawit yang berkelanjutan. Dalam forum tersebut, delegasi kedua negara turut melakukan pertukaran naskah Nota Kesepahaman kerja sama di bidang pengawasan obat antara BPOMRI dan INVIMA Kolombia.

Lebih lanjut, hubungan Indonesia dan Kolombia diketahui memasuki babak baru setelah diluncurkannya program kerja sama Indonesia dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC) pada 2019 lalu.

Kolombia sendiri merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Kawasan Amerika Latin yang telah mencatatkan surplus angka perdagangan bagi Indonesia dengan kenaikan yang signifikan, yakni 174,06 persen pada 2021.

INA-LAC 2023 Promosikan NTB ke Pasar Potensial Amerika Latin dan Karibia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini