Pemerintah dan Diaspora Bangun Warisan Roemah Indonesia di Tiongkok, Apa Fungsinya?

Pemerintah dan Diaspora Bangun Warisan Roemah Indonesia di Tiongkok, Apa Fungsinya?
info gambar utama

Warisan Roemah Indonesia (WRI) di Beijing, China, mulai dibangun sejak Senin (17/7/2023) lalu. Tempat ini memiliki fungsi sebagai sarana promosi produk UMKM, pembelajaran budaya Indonesia, hingga tempat berkumpul dan berkarya bagi WNI di Beijing.

Dilansir dari Media Indonesia, Kamis (20/7/2023), Wakil Duta Besar Indonesia untuk China, Dino R. Kusnadi mengapresiasi pembangunan Warisan Roemah Indonesia yang menjadi satu-satunya promotion hub bernuansa khas Nusantara di Tiongkok.

Pihaknya berharap agar masyarakat RRT dapat memperoleh informasi yang positif mengenai Indonesia melalui WRI. Termasuk juga informasi terkait pariwisata dan budaya Indonesia, serta semakin meningkatkan people-to-people contact antara RI dan RRT.

Sinergi diaspora dan pemerintah

Nantinya WRI juga diharapkan dapat berfungsi sebagai sinergi diaspora Indonesia di Beijing ebrsama perwakilan pemerintah Indonesia di RRT, yakni KBRI Beijing dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing.

Sebagai sarana promosi, WRI akan dilengkapi dengan restoran dan kafe khas Indonesia. Dengan ini, masyarakat dan pelaku bisnis di China bisa melihat dan merasakan langsung budaya dan produk Indonesia.

Pembangunan WRI sendiri digagas oleh tiga WNI yang sudah lama berbisnis di China, yakni Vini Liang, Gandhi Priambodo, dan William Yosanto. Ketiga diaspora ini merasakan perlunya sebuah hub agar produk-produk Indonesia lebih banyak lagi masuk ke pasar Tiongkok.

Menilik Kolaborasi Pemerintah dan Diaspora untuk Promosikan Potensi Parekraf Indonesia

Bawakan produk UMKM

WRI juga ditujukan agar masyarakat Tiongkok menjadi lebih paham lagi tentang keberagaman Indonesia. Apalagi selama ini belum ada Indonesia promotion hub di China yang menggabungkan unsur rumah, kafe, workshop, dan promosi.

“Proyek Warisan Roemah Indonesia dimulai dengan visi membangun tempat unik bernuansa Indonesia. Ini akan menjadi tempat promosi budaya Indonesia yang di dalamnya ada promosi kuliner, seni budaya, fashion, pariwisata, peluang investasi, perdagangan dengan menggabungkan lewat workshop dan kegiatan yang melibatkan masyarakat kedua negara di Beijing,” kata Vini Liang.

Sementara itu, dikutip dari Sindonews, Kamis (20/7/2023), Kantor Perwakilan BI di Beijing berharap kolaborasi dengan WRI bisa bersama-sama mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia yang masuk pasar China.

Bank Indonesia akan memasang berbagai produk UMKM di rak display promosi WRI. Selain itu, pihaknya juga mendukung Warisan Roemah Indonesia dengan media TV besar yang nantinya bakal dipasang video produk UMKM Bank Indonesia, serta video promosi pariwisata Indonesia.

Dukung Wirausaha Diaspora, Pemerintah Luncurkan Program Indostar di Hong Kong

Referensi:

  • Media Indonesia. Pembangunan Warisan Roemah Indonesia di Beijing Dimulai. https://mediaindonesia.com/internasional/597826/pembangunan-warisan-roemah-indonesia-di-beijing-dimulai
  • Sindonews. Warisan Roemah Indonesia Mulai Dibangun di Beijing. https://nasional.sindonews.com/read/1155539/15/warisan-roemah-indonesia-mulai-dibangun-di-beijing-1689750425

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini