KAI Luncurkan Kereta Suite Class Compartment, Setara Maskapai Kelas Satu Dunia

KAI Luncurkan Kereta Suite Class Compartment, Setara Maskapai Kelas Satu Dunia
info gambar utama

PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2023). Layanan tersebut mengusung konsep kelahiran kembali KA Bima atau Bima Reborn yang dulu menjadi kereta api kelas tertinggi di Indonesia.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, kereta mewah itu bersifat high-end. Kelasnya lebih tinggi satu level dibandingkan kereta luxury dan setara dengan maskapai penerbangan first class atau kelas satu dunia.

"Untuk itu, mari kita sambut dengan pelayanan yang betul-betul berkelas, menuju the next level, menuju KAI baru untuk Indonesia yang maju,” ungkap Didiek dalam keterangan resmi KAI, Selasa (10/10/2023).

Kereta Suite Class Compartment, kata dia, diluncurkan dalam rangka menyambut HUT ke-78 KAI pada 28 September 2023. Kereta ini dihadirkan untuk menggaet pangsa pasar masyarakat ekonomi kelas atas. Selama periode 10—31 Oktober 2023, KAI menawarkan tarif promo Kereta Suite Class Compartment dengan harga Rp1.950.000.

"Melalui hadirnya Kereta Suite Class Compartment, KAI ingin menciptakan customer experience yang exceptional dan extraordinary guna meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik. New customer experience yang sifatnya pengalaman pribadi dan privasi yang penuh dengan kemewahan," tuturnya.

Kereta Cepat Made in RI, Sambungkan Jakarta-Surabaya Kurang dari 4 Jam

Jadwal keberangkatan

Kereta Suite Class Compartment dirangkaikan pada dua kereta jarak jauh. Pertama, KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng pulang pergi (pp). Keberangkatan dari Gambir dijadwalkan pukul 17.00, tiba di Surabaya Gubeng pukul 03.30 WIB. Lalu, Keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 19.20 dan tiba di Gambir pukul 06.00 WIB.

Kedua, KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp. Keberangkatan dari Gambir pukul 06.20, tiba di Surabaya Gubeng pukul 16.50 WIB. Sebaliknya, keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 09.05, tiba di Gambir pukul 19.40 WIB.

Fasilitas mewah

Kereta Suite Class Compartment didesain untuk memberikan privasi pelanggan secara maksimal. Setiap satu kereta menyediakan 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Desain ruangan didominasi warna cokelat keemasan dengan pencahayaan temaram demi memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

Dekorasi Kereta Suite Class Compartment terinspirasi dari suku Dayak. Setiap ruangan memiliki pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis. Kemudian, kursinya bisa direbahkan (reclining) sampai 180 derajat, sehingga penumpang dapat menggunakannya sebagai tempat tidur. Kursi itu juga bisa diputar (revolving), sehingga penumpang dapat menyesuaikan posisinya dengan arah perjalanan kereta api.

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan kursi juga bisa diatur. Kursi penumpang kereta dilengkapi dengan fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Di situ juga ada baki lipat yang bisa difungsikan sebagai meja makan atau meja kerja.

Sementara itu, di dekat jendela terdapat TrainOnboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik berbagai genre, hingga kanal televisi nasional, yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan. Bukan itu saja, pelanggan pun dimanjakan dengan layanan makanan lengkap, mulai dari hidangan pembuka, utama, penutup, hingga aneka minuman, dan berbagai layanan spesial lainnya.

Ini Dia Logo Resmi Kereta Cepat Whoosh Pilihan Jokowi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini