Pelatihan Self-Compassion Kepada Remaja di 5 Panti Asuhan Kota Bandung

Pelatihan Self-Compassion Kepada Remaja di 5 Panti Asuhan Kota Bandung
info gambar utama

Sebanyak 92 Remaja Panti Asuhan di Kota Bandung dengan rentang pendidikan SMP - SMA mendapatkan pelatihan Parent Yourself with Compassion in Positive Ways (PYCP).

Yayasan Teman Saling Berbagi berkolaborasi dengan Indika Foundation berkolaborasi dalam rangka program Social Impact Incubator untuk dapat bersama-sama memperluas dampak perubahan sosial, dampak yang ingin dicapai oleh YTSB dan Indika Foundation yaitu peacebuilding.

Remaja panti asuhan merupakan individu yang memiliki potensi untuk berkembang untuk menjadi anggota masyarakat yang berdaya apabila diberikan dukungan oleh lingkungan sekitarnya. Namun, seringkali panti asuhan hanya dijadikan sebagai objek pemberi doa dan santunan donasi. Maka dari itu, perlu adanya perubahan dalam peningkatan pola pikir bagi remaja panti asuhan dan masyarakat sekitar agar mereka menjadi lebih berdaya.

Seekor Anak Badak Jawa Baru Terekam di Taman Nasional Ujung Kulon

Yayasan Teman Saling Berbagi (YTSB) adalah sebuah organisasi non-profit yang bergerak di bidang sosial-pendidikan yang berbasis di Kota Bandung. Salah satu program rutin yang YTSB lakukan yaitu memberikan edukasi berbasis kompetensi sosial-emosional bagi seluruh pihak di Panti Asuhan.

Tidak hanya itu, YTSB berkomitmen untuk mendukung kehidupan anak dan remaja di panti asuhan bebas dari stigma ketidakberdayaan serta ketimpangan sosial yang dihadapi dalam kehidupan mereka. Bagi mereka yang tinggal di tempat tersebut, kehidupan yang berlangsung seringkali berlandaskan pada motivasi bertahan hidup seperti pemenuhan kebutuhan primer. Padahal, di tengah zaman yang semakin dinamis, mereka perlu tumbuh menjadi pribadi yang kompeten secara sosial-emosional.

Salah satu tantangan khusus yang mereka hadapi adalah kurangnya pemahaman tentang self-awareness (kesadaran diri) dan self-compassion (welas asih pada diri sendiri). Dengan rasio pengasuhan yang tidak imbang, anak dan remaja yang hidup di panti asuhan kesulitan dalam mengenali perasaan dan emosi mereka.

Kurangnya pemahaman menyebabkan kesulitan dalam regulasi emosional dan masalah perilaku yang dapat mempengaruhi self-esteem (harga diri) yang berimplikasi juga terhadap kemampuan membuat keputusan hidup yang tepat. Terlebih lagi, stigma sosial yang melekat pada panti asuhan memperburuk sikap rendah diri yang membuat mereka merasa terisolasi atau tidak dihargai.

Oleh karena itu, Yayasan Teman Saling Berbagi dan Indika Foundation berkolaborasi untuk meningkatkan keterampilan hidup remaja di panti asuhan melalui pelatihan yang berjudul “Parent Yourself With Compassion and Positive Ways (PYCP)”. Program ini berlangsung sejak Bulan Juli sampai dengan November 2023 yang melibatkan para relawan fasilitator dan dokumentalis yang berkomitmen di bidangnya.

Melalui pelatihan berbasis teori self-compassion yang dilakukan kepada remaja di panti asuhan, diharapkan dapat menciptakan karakter positif dengan meminimalisir emosi negatif dan perilaku destruktif seperti kenakalan remaja dengan mendorong ruang emosi positif, pemahaman dan penerimaan diri sendiri, hingga langkah mencintai diri sendiri.

Pemahaman mengenai self-compassion memerlukan beberapa langkah, YTSB merancang program ini selama enam modul pelatihan. Di antaranya adalah Memahami Alasan Hidup, Memahami Diri Tanpa Penghakiman, Menerima Emosi Tanpa Penyangkalan, Manajemen Konflik Diri & Sesama, dan Penerapan Self-Compassion untuk Hidup yang Damai.

Produksi Mamin hingga Perlengkapan Rumah Buatan RI Laris Manis di Chile

Pelatihan PYCP diberikan kepada lima panti asuhan di Kota Bandung, di antaranya adalah Panti Asuhan Putera Maranatha, Panti Asuhan Muhammadiyah Sumur Bandung, LKSA Kuncup Harapan Putri, Panti Asuhan Mitra Yatim Nurul Ihsan, dan Pondok Yatim Assalaam. Adapun jumlah penerima manfaat sebanyak sembilan puluh dua (92) orang remaja yang masih berjenjang pendidikan variatif dari SMP - SMA.

Hasil dari pelatihan ini diharapkan mampu mengembangkan keterampilan self-compassion yang solid, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan meraih kesempatan menjadi versi terbaik.

“Menjadi remaja tidaklah mudah, banyak sekali proses adaptasi yang harus dilalui. Termasuk juga mereka yang hidup di Panti Asuhan dengan keterbatasan pengasuhan. Oleh karena itu, pelatihan PYCP adalah sebuah upaya kolaboratif dan empatik terhadap ekosistem di Panti Asuhan,” tegas Farhanah Fitria Mustari, Managing Director dari YTSB.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

YB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini