Perayaan Cigombong Harmoni dan Upaya Pelestarian Kebudayaan

Perayaan Cigombong Harmoni dan Upaya Pelestarian Kebudayaan
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023

#PekanKebudayaanNasional2023

#IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Mengenal Arti, Makna dan Sejarah Singkat Cigombong

https://images.app.goo.gl/DDcs7q4F6b2jzjF79
info gambar

kecamatan Cigombong merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kecamatan Cigombong merupakan Kecamatan Pemekaran dari Kecamatan Cijeruk, pada tanggal 17 Juni 2005. Pernyataan ini merujuk berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 26 Tahun 2005.

Menurut sejarah, nama Cigombong adalah salah satu nama yang diberikan oleh leluhur dan sesepuh. Cigombong diambil dari adanya air yang mengalir melintasi gombong (AWI), makanya secara singkat oleh leluhur dan sesepuh serta tokoh-tokoh agama dan masyarakat serta pemuda memberi namanya itu ialah Cigombong (CI-GOMBONG)

Cigombong Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Dilansir dari Okezone.com Presiden Joko Widodo telah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido City Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KEK memiliki luas 1.040 hektare ini dimiliki oleh PT MNC Land Tbk (KPIG) melalui anak perusahaannya PT MNC Land Lido. Peresmian KEK ini dilaksanakan pada hari Jumat (31/3/2023).

Presiden Joko Widodo mengatakan, dengan adanya pembangunan KEK Lido memberikan dampak yang luar biasa terhadap masyarakat Indonesia di sektor tenaga kerja. Ia menyebutkan bahwa sudah ada 30.000 pegawai yang sudah berkerja di KEK Lido Bogor.

Upaya Para Pemuda dalam Pelestarian Kebudayaan di Cigombong, Jawa Barat

Merujuk pada Perda Nomor 26 tahun 2005, maka Kecamatan Cigombong telah berusia 18 tahun yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2023. Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-18 Kecamatan Cigombong tersebut, Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cigombong mengadakan acara bertajuk 'Cigombong Harmoni' yang bertempat di Lapangan Garda, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Serangkaian acara ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti potong tumpeng, arak-arakan dongdang dan sedekah bumi, pencak silat aliran Cimande, tarawangsa, debus, dan tarian tradisional yang menjadi momentum dalam upaya pelestarian kebudayaan.

Membaur dengan Kebudayaan Warga Lokal di Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 17 Juni 2023 ini dihadiri berbagai pihak, dari mulai para pengurus dan anggota Karang Taruna yang berada di wilayah Bogor Selatan, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pengurus KNPI Kecamatan Cigombong, Muspika Kecamatan Cigombong, serta masyarakat Cigombong yang juga turut hadir dalam acara tersebut.

Penampilan Musik Tradisional Tarawangsa | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda
info gambar

Kecamatan Cigombong memiliki sumber daya alam yang indah, letak geografis yang diapit oleh dua pegunungan yaitu gunung gede pangrango dan gunung salak yang menjadikannya sebagai potensi luar biasa dalam sektor pariwisata.

Tidak kalah membanggakan, potensi sumber daya manusia serta industri kreatif nya pun menjadi pilar penting bagi warga Cigombong dan perayaan hari jadi kecamatan ini merupakan salah satu cara untuk menggali dan memperlihatkan potensi tersebut.

Rangkaian kegiatan panjang ini merupakan wujud kecintaan terhadap masyarakat kecamatan Cigombong untuk dapat bersatu padu dalam kebhinekaan yang dibalut dalam bingkai 'Cigombong Harmoni'.

Cigombong Harmoni merupakan wujud dari kolaborasi berbagai unsur baik pemerintah, organisasi maupun komunitas serta masyarakat hingga keberagaman suku dan bahasa warga yang tinggal di Cigombong. Tema ini diambil dengan harapan dapat menjadikan para stackholder hingga warga asli pribumi maupun pendatang untuk dapat berdampingan mengisi dan tinggal di tanah ini dengan rukun, damai dan harmonis serta pemerintah dan warganya dapat mengisi serta membangun Cigombong dengan segala kearifan lokal yang ada dan dapat saling berdampingan demi kesejahteraan warganya.

Perayaan Cigombong Harmoni memiliki harapan agar dapat memberikan kontribusi dalam berbagai sektor baik sektor ekonomi, pariwisata maupun pemajuan kebudayaan. Dengan melibatkan para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk ambil peranan dalam event ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi event tahunan untuk mendorong perekonomian masyarakat dan menjadi daya tarik wisatawan serta mengangkat kembali tradisi-tradisi lokal yang ada di kecamatan Cigombong agar tidak lekang oleh zaman sebagai bagian dari upaya pelestarian kebudayaan.

Semoga dengan ditetapkannya Kecamatan Cigombong sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido, dapat memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan, ekonomi, sosial dan lingkungan serta berkelanjutan. Sehingga masyarakatnya dapat mengambil peranan dalam sebuah pembangunan untuk kesejahteraan.

Belajar Cinta Indonesia dengan Balok Kayu Kebudayaan

Referensi:

https://kecamatancigombong.bogorkab.go.id/pages/1447

https://economy.okezone.com/read/2023/03/31/470/2790677/jokowi-senang-pembangunan-kek-lido-serap-30-000-tenaga-kerja

https://bogor.hallo.id/bogor-raya/amp/1119184176/cigombong-harmoni-meriahnya-hari-jadi-cigombong-ke-18-oleh-pengurus-katar-kecamatan-dengan-kebudayaan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini