Spektakuler! Total Penonton MotoGP Mandalika 2023 Tembus 103.000 Orang

Spektakuler! Total Penonton MotoGP Mandalika 2023 Tembus 103.000 Orang
info gambar utama

MotoGP 2023 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia telah selesai digelar pada 13—15 Oktober lalu. Ajang balap kelas dunia ini dilaporkan sukses melampaui target seratus ribu penonton.

Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) merilis, 103.000 warga lokal dan internasional hadir langsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jumlah itu lebih banyak dari total penonton tahun lalu selama tiga hari, yaitu 102.801 orang.

Berdasarkan catatan tersebut, jumlah penonton MotoGP Mandalika 2023 mengalami peningkatan sebanyak 199 orang dibandingkan capaian 2022. Di samping itu, ITDC juga menyampaikan bahwa lebih dari 300 UMKM dari NTB ikut terlibat menyukseskan perhelatan ini.

"Inilah Indonesia. Nation Branding kita sudah bukan lagi kelas di Asia, tapi dunia yang harus mengakui kita selayaknya bangsa yang besar. Kita harus terus bisa mengangkat apa yang memang menjadi potensi di negara kita," ujar Direktur ITDC Ari Respati di Lombok Tengah dalam keterangan tertulis, Minggu (15/10/2023).

Ribuan Warga Mataram Turun ke Jalan, Meriahkan Parade MotoGP 2023

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menuturkan, berbagai apresiasi berdatangan dari banyak pihak, tak terkecuali para pembalap yang bertarung di atas aspal Sirkuit Mandalika sepanjang 4,32 kilometer.

Dia mengatakan, para pembalap menyukai produk-produk ekonomi kreatif khas Lombok, termasuk keris yang diberikannya kepada peraih podium, yaitu Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo.

"MotoGP 2023 ini sangat spektakuler. Saya menyerahkan persembahan masyarakat NTB (keris). Quartararo bilang spektakuler, Vinales bilang amazing, dan tentunya Peco (Bagnaia) karena dia sekarang nomor satu, dia menyampaikan Wonderful Indonesia," ucap Sandiaga.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa apresiasi dari banyak pihak akan menjadi sarana promosi pariwisata Indonesia, khususnya destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Mandalika.

"Saya ingin mengapresiasi semua pihak karena ini bukan hanya tentang MotoGP, tapi menghadirkan Mandalika sebagai episentrum motor sport," imbuhnya.

Di samping itu, kata Sandiaga, MotoGP Mandalika 2023 juga memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia menyebut, pihaknya akan mengkaji dampak ekonomi secara keseluruhan.

"Kami targetkan (dampaknya) sekitar Rp4,5 triliun yang menyamai tahun lalu. Tapi, kita harapkan akan ada peningkatan dan saya berharap ke depan akan lebih banyak lagi kerja sama yang baik di antara kita semua," tukas Sandiaga.

Pembalap MotoGP Tanam Terumbu Karang Sebelum Tancap Gas di Mandalika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini