Melestarikan Budaya Bangsa Melalui Pemuda Indonesia

Melestarikan Budaya Bangsa Melalui Pemuda Indonesia
info gambar utama

Dilansir dari Databoks, Indonesia memiliki 1.239 budaya takbenda yang diwariskan. Beberapa budaya tersebut bahkan sudah mendunia, seperti Batik, Gamelan, Tari Saman, Reog Ponorogo, Lagu Sayang-sayange, bahkan Angklung yang sudah mendapat pengakuan dari UNESCO dan dinobatkan sebagai bagian dari World Heritage. Kawan sebagai pemuda Indonesia tentunya bangga terhadap Indonesia yang kaya akan keberagaman budayanya. Dan yang pasti kawan sebagai penerus bangsa juga harus meneruskan warisan yang diberikan oleh leluhur.

Banyaknya pemuda di Indonesia lebih dari cukup untuk membantu melestarikan budaya yang ada. Dengan pemikiran yang luas serta ilmu yang pemuda Indonesia kini miliki, tentu upaya melestarikan kebudayaan akan semakin cepat.

Pasar Kangen Hadir di Prambanan Jazz Festival, Lestarikan Kuliner Tradisional

Mengapa harus pemuda?

Karena pemuda adalah penerus bangsa yang memiliki semangat juang yang tinggi, wawasan yang lebih luas untuk memajukan dan mengembangkan bangsa Indonesia. Selain itu, sebagai pemuda tentu kawan harus memelihara budaya bersama.

Dengan lestarinya budaya Indonesia, tentu orang luar akan lebih mengenal negara Indonesia dengan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Selain itu, pelestarian ini juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kawan bagi leluhur. Dengan melestarikan budaya bangsa juga dapat mempertahankan nilai-nilai luhur budaya meskipun telah melalui proses bentuk budaya.

Bukankah kekayaan budaya yang dimiliki bangsa adalah sesuatu yang harus dijaga agar tidak ditiru dan dirusak oleh negara lain? Karena itu, sangat penting melestarikan kebudayaan bangsa. Bukan hanya untuk kepentingan bangsa, tapi juga kepentingan bersama.

Lalu bagaimana cara melestarikan budaya melalui para pemuda Indonesia?

Kampung Lebah Multiflora: Dari Wisata Kuliner Hingga Wisata Alam Edukasi

Mengenali Diri Sendiri

Dengan berbagai kebudayaan yang berbeda dari setiap daerah tentunya kawan sebagai manusia juga memiliki minat dan keahlian di bidang yang berbeda pula. Entah itu di bidang seni tari, seni kriya, seni musik dan seni lainnya. Dengan mengenal dan memahami diri sendiri, kawan bisa tahu dari bidang apa yang bisa kawan kembangkan untuk ikut melestarikan kebudayaan Indonesia.

Berkelompok

Upaya melestarikan budaya tentunya akan semakin cepat apabila berkolaborasi dengan kelompok dari daerah lain. Beda daerah, beda budaya, tapi tetap satu jua. Contohnya dengan membuat komunitas yang bergerak di bidang kesenian budaya. Dari tiap budaya yang berbeda kita bisa tahu kebudayaan dari masing-masing daerah.

Pelajari Budaya

Setelah mengenal keahlian dari diri sendiri serta berkolaborasi dengan kelompok akan memudahkan kawan untuk mempelajari budaya sendiri maupun budaya orang lain. Dengan ini, kawan jadi tahu dan mengenal seberapa kaya Indonesia akan budaya yang dimilikinya.

Tolak Budaya Asing

Di zaman yang serba canggih di mana informasi mudah menyebar tentu kebudayaan dari luar negara bisa masuk dengan mudah. Sehingga membuat kita menjadi tertarik dengan budaya baru dan melupakan budaya sendiri. Saling mengenal budaya luar memang tidak salah, tapi cara menyikapinya lah yang salah. Bahkan sekarang style dari negara lain pun sudah marak di Indonesia. Terlalu asik menikmati produk luar daripada produk sendiri. Hampir anak muda jaman sekarang mengikuti trend atau style dari orang luar. Itulah mengapa sebagai penerus bangsa harus membatasi konsumsi budaya asing. Kenali budaya luar tanpa merampas budaya lokal yang sudah menjadi jati diri kawan.

Keragaman Kuliner Betawi sebagai Titik Temu Lintas Negara di Jakarta

Menggunakan Teknologi dan Internet

Setelah mengetahui beberapa cara melestarikan budaya seperti di atas, adakah hambatan di benak kawan bahwa kawan ingin mengikuti tips di atas, akan tetapi tidak tahu keahlian apa yang bisa kawan kembangkan untuk ikut melestarikan budaya Indonesia?

Tenang, bukankah kawan pasti mempunyai akun sosmed seperti Instagram, Tik Tok dan akun lainnya? Jika ada hal itu juga dapat membantu kawan. Apabila kawan adalah seorang yang gemar berpetualang terutama ke tempat-tempat seperti museum, tempat bersejarah, dan tempat-tempat lainnya, kawan dapat mengenalkan wisata atau budaya yang ada di Indonesia kepada orang luar dengan mengunggahnya di akun pribadi masing-masing. Ini juga salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan bangsa.

Sebagai penerus bangsa wajib bagi kawan untuk mempertahankan dan memelihara budaya dari leluhur. Mari kawan semakin mempererat silaturahmi satu sama lain agar kerukunan senantiasa tetap tercipta. Dengan adanya internet ini kawan bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan orang lain untuk menambah teman.

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini