Asyik! Sri Lanka Bebaskan Visa untuk Wisatawan Indonesia

Asyik! Sri Lanka Bebaskan Visa untuk Wisatawan Indonesia
info gambar utama

Sri Lanka dikabarkan membebaskan visa untuk turis asal Indonesia. Dengan begitu, masyarakat Indonesia yang hendak berwisata ke negara yang dijuluki sebagai Air Mata India ini tak perlu lagi menggunakan visa.

Dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (26/10), Pemerintah Sri Lanka ternyata tidak hanya memberikan kemudahan bebas visa kepada Indonesia. Beberapa negara seperti India, China, Rusia, Thailand, Malaysia, dan Jepang juga diberikan keistimewaan yang sama saat warganya ingin berlibur ke Sri Lanka.

Menteri Luar Negeri Sri Lanka Ali Sabri mengungkapkan bahwa program bebas visa tersebut akan menjadi percontohan yang diberlakukan dengan segera. Pihaknya telah menyetujui penerbitan visa gratis sebagai proyek percontohan hingga 31 Maret 2024.

Pemerintah Sri Lanka juga tengah mengembangkan sistem tiket elektronik pada sebagian besar destinasi wisata. Strategi bebas visa dan tiket elektronik ini tidak lain demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari luar negeri.

Ikat Persaudaraan Sejak Abad 8 Masehi, Indonesia Sumbang 11 Arca Buddha ke Sri Lanka

Solidaritas dan kerja sama RI-Sri Lanka

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe pada 17 Oktober 2023, di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, untuk membahas peningkatan kerja sama dalam berbagai sektor.

Dalam pertemuan itu, Presiden Wickremesinghe mengusulkan untuk membentuk perjanjian perdagangan preferensial dengan Indonesia. Hal ini dilakukan karena perdagangan antara kedua negara menunjukkan penurunan volume sebesar 27,5 persen pada 2022.

Presiden Jokowi juga menyebutkan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia juga telah melakukan eksplorasi kerja sama konkret dengan Sri Lanka. Pihaknya berharap agar Pemerintah Sri Lanka dapat memberikan dukungan terutama di sektor pengadaan gerbong kereta api dan pencetakan paspor elektronik.

Kedua negara tersebut juga membicarakan potensi kerja sama ekonomi biru. Dalam hal ini, Presiden Jokowi menyatakan dukungan Indonesia terhadap kepemimpinan Sri Lanka di Indian Ocean Rim Association (IORA) selama periode 2023–2025 serta menyambut keinginan negara ini untuk menjadi Mitra Sektoral ASEAN.

Nelayan RI Selamatkan 3 ABK Sri Lanka Terapung 22 Hari di Samudra Hindia

Referensi:

CNN Indonesia. Sri Lanka Bebaskan Visa untuk Turis Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231026094604-269-1016118/sri-lanka-bebaskan-visa-untuk-turis-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini