Alunan Musik Kolintang Pukau Ratusan Penonton di Beijing

Alunan Musik Kolintang Pukau Ratusan Penonton di Beijing
info gambar utama

Sebanyak 460 orang dikabarkan memadati area Central Conservatory of Music Opera Hall di Beijing, untuk menikmati pagelaran seni musik dan tari tradisional asal Indonesia. Acara ini merupakan kerja sama dari KBRI Beijing dan “Purnomo Yusgiantoro Center” (PYC).

Dilansir dari Antara, Minggu (6/11), pagelaran seni berjudul “The Beautiful Cuture of Indonesia Goes to Beijing” tersebut berhasil memukau para penonton yang terdiri dari warga negara Indonesia (WNI), duta besar negara sahabat serta masyarakat China maupun warga asing lain.

Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun dalam sambutannya mengungkapkan bahwa budaya dan seni Indonesia sangat kompleks dan unik sheingga tidak mungkin digambarkan dalam entitas tunggal.

Keragaman Budaya Indonesia Meriahkan Pembukaan Asian Para Games 2022

Tampilkan budaya Nusantara

Ketua PYC Filda C Yusgiantoro mengatakan pagelaran seni itu menampilkan musik dan tarian yang mewakili berbagai daerah di Nusantara. Pihaknya mendatangkan sekitar 61 musisi dan penari dari Indonesia untuk memeriahkan acara tersebut.

“Pertunjukan malam menampilkan kekayaan budaya Indonesia mulai tarian dari Kalimantan Tengah, Papua dan daerah lain yang akan diiringi musik dari Sulawesi Utara yaitu kolintang karena seni memang dapat menyatukan orang yang berasal dari berbagai daerah dan bahasa,” kata Filda.

Pertunjukan seni dimulai dari ensambel kolintang yang membawakan lagu nasional “Rayuan Pulau Kelapa” oleh anggota Persatuan Indan Kolintang Nasional (Pingkan) Indonesia. Penampilan dilanjutkan dengan tarian “Giring-giring” dari Kalimantan Tengah yang biasanya untuk menyambut pengantin dan tamu.

Acara budaya tersebut kemudian ditutup dengan flashmob bersama para penonton di atas panggung, diiringi lagu Gemu Fa Mire yang bersasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timus. Salah satu penonton dari Arab Saudi mengaku terhibur dengan pertunjukan tari-tarian Indonesia.

Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Modernisasi

Referensi:

Antara. KBRI Beijing Suguhkan Musik dan Tari Tradisional. https://www.antaranews.com/berita/3767295/kbri-beijing-suguhkan-musik-dan-tari-tradisional-di-konservatorium

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini