Sambut Libur Nataru, Pemerintah Siapkan Paket Wisata #DiIndonesiaAja

Sambut Libur Nataru, Pemerintah Siapkan Paket Wisata #DiIndonesiaAja
info gambar utama

Dalam rangka menyambut momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pihak-pihak terkait untuk menyiapkan paket wisata #DiIndonesiaAja.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Vinsensius Jemadu menilai libur Natal dan Tahun Baru sebagai salah satu momentum besar di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, pihaknya akan memanfaatkan momen ini dengan menyebarkan pesan #BanggaBerwisatadiIndonesia.

“Tentunya kami di Kemenparekraf akan memanfaatkan momentum libur Nataru ini dengan kampanye #BanggaBerwisatadiIndonesia sehingga target 1,2–1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara tahun 2023 dapat tercapai,” ungkap Vinsensius dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (6/11/2023).

Berlibur di Indonesia

Kemenparekraf akan menghadirkan #DiIndonesiaAja Travel Fair yang bekerja sama dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Injoutney, untuk menawarkan paket-paket libur Nataru di dalam negeri.

Selain itu, pihaknya juga berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam menyosiasisasikan momen libur sekolah atau kuliah dengan semangat #DiIndonesiaAja.

Vinsensius mengungkapkan bahwa Kemenparekraf juga akan bekerja sama dengan agen travel online, AGODA, yang menyiapkan paket promo bagi 10.000 pax perjalanan wisata selama Desember 2023 dengan nilai total promo sekitar Rp500 juta.

Kayutangan Heritage, Wisata Bersejarah di Pusat Kota Malang

Ramal kenaikan mobilitas

Berdasarkan data perkiraan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pada libur Nataru akhir tahun ini akan terdapat kenaikan pergerakan orang sebesar 5 persen.

Pihaknya mengestimasikan ada 904.496 orang penumpang transportasi umum saat libur Nataru. Untuk moda transportasi darat, diperkirakan akan ada pengguna angkutan roda dua sebanyak 52.755 unit, roda empat 98.267 unit, bus 12.157, dan truk 55.569 unit.

Sebagai langkah antisipasi lonjakan arus liburan, Ditjen Perhubungan Darat bersama Anggota Komisi V DPR RI dan PT ASDP Indonesia Ferry telah menggelar rapat koordinasi Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 pada 2 November 2023 lalu.

Deretan Tempat Wisata di Tangerang Raya yang Patut Dikunjungi: Dari Pasar hingga Kelenteng

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini