Rencana Liburan Ke Nusa Penida? Ketahui Terlebih Dahulu Tips Liburan ke Sana!

Rencana Liburan Ke Nusa Penida? Ketahui Terlebih Dahulu Tips Liburan ke Sana!
info gambar utama

Apakah Kawan pernah mendengar tentang daerah wisata yang bernama Nusa Penida? Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Pulau ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Nusa ceningan dan Pulau Nusa Lembongan. Pulau Nusa Penida termasuk kepulauan yang terletak di Kabupaten Klungkung Bali dan secara administratif berlokasi di satu kecamatan yaitu Kecamatan Nusa Penida.

Saat ini, Nusa Penida sudah mulai menunjukkan geliatnya dalam hubungan dengan dunia industri pariwisata. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya tempat-tempat menarik mulai dibenahi oleh pemerintah setempat sehingga tampil cantik dan bisa dijual kepada para pengunjung yang kebanyakan berasal dari mancanegara.

Juga dukungan kemajuan teknologi informasi dirasa sangat membantu menyebarkan informasi tentang daya tarik yang tersimpan di dalam pulau kecil ini. Apalagi keberadaan pulau ini yang sangat strategis berdekatan dengan pulau-pulau kecil lainnya yang rata-rata sangat menarik dan sudah duluan populer di mata para turis mancanegara. Namun, oleh pemerintah setempat, di masa depannya rencananya Nusa Penida akan bisa mengimbangi kepopuleran pulau-pulau lainnya yang mengelilinginya.

Nusa Penida pada awalnya cukup populer bagi warga lokal terutama dari kelompok umat Hindhu di Pulau Bali dan sekitarnya guna melakukan kegiatan spiritual bernama Tirta Yatra. Namun, sekarang warga lokal sudah mengembangkan tujuan ke tempat ini tidak sekadar melakukan kegiatan agama rutin saja melainkan juga menikmati liburan akhir pekan atau liburan hari raya ke pulau ini.

RI Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan Eksekutif UNESCO, Apa Saja Tugasnya?

Mereka sangat menyukai menikmati panorama alam Nusa Penida yang sangat indah dan inilah yang disukai oleh turis mancanegara saat ini hingga berkali-kali mengunjungi pulau ini buat berlibur. Meskipun demikian, bagi Kawan yang pertama kali merencanakan liburan ke pulau tersebut, wajib tahu beberapa informasi atau sejumlah tips liburan yang dapat membantumu melakukan kegiatan dengan aman dan nyaman selama liburan di Nusa Penida.

Baik itu hubungannya dengan tips dalam memilih hotel untuk menginap, transportasi seperti fast boat, dan juga menikmati beragam atraksi di Pulau Nusa Penida ini. Berikut adalah penjelasannya:

  • Pesanlah hotel lebih awal. Kamu bisa mencarinya melalui brosur atau website, karena di sini jumlah penyedia hotel cukup terbatas apalagi saat musim liburan terkadang hotel penuh. Pertimbangkan tempat tinggal yang ada di lokasi strategis untuk memudahkanmu mencari makanan atau akomodasi.
  • Kamu bisa memilih transportasi laut untuk melakukan penyebrangan. Rekomendasi yang sering digunakan adalah fast boat atau kapal cepat dari Sanur, Padang Bai, dan Kusumba.
  • Jika Kawan menghendaki harga tiket lebih murah dari kapal cepat, pilih kapal ferry dari Padang Bai. Kmau bisa membawa serta kendaraan pribadi. Adapun jadwal keberangkatannya sekitar pukul 11.00 dan 13.00 WITA dari Pelabuhan Padang Bai.
  • Menikmati pemandangan alam Nusa Penida juga bisa dilakukan dengan naik Quicksilver Cruise, yaitu berlayar seharian tanpa menginap dari dermaga di tanjung Benoa menuju ke Dermaga Toya Pakeh, lengkap dengan makan siang yang nikmat, hiburan, dan permainan watersport di PontoonCruise.
  • Tour di Nusa Penida bisa dilakukan dengan sewa mobil plus sopir yang merangkap sebagai tour guide dengan rata-rata biaya berkisar antara Rp600 ribu—Rp900 ribu atau sewa sepeda motor dengan harga sewa sekitar Rp70 ribu per hari. Btw, karena medan menuju obyek wisata mungkin terjal dan cukup sulit, Kawan GNFI bisa mempertimbangkan menggunakan pemandu orang lokal.
Kerja Sama "Sister City" Denpasar-Mossel Bay Diperluas untuk Pengembangan SDM
  • Pilihlah rute tour atau perjalanan yang searah dengan daerah objek wisata populer di Nusa Penida. Misalnya arah barat akan menuju objek wisata Angel’s Billabong, Pasih Uug, Pantai Klingking, dan Crystal Bay. Kemudian, perjalanan yang searah menuju wilayah timur adalah Pantai Atuh dan Pantai Seribu. Lalu, selatan menuju Bukit Mata Air Guyangan dan Bukit Teletubbies.
  • Jangan lupa bawa makanan dan minuman seperlunya saja selama dalam perjalanan, terutama jika Kawan membawa anak-anak. sebab, memasuki wilayah terpencil jarang ditemukan warung-warung makan dan minuman apalagi kafe atau restoran.
  • Untuk antisipasi, melakukan traveling ke Nusa Penida jangan lupa membawa peralatan P3K.
  • Pulau Nusa Penida tidak hanya mempunyai keindahan alam pantai saja, jiwa petualang lebih tepat menikmati keindahan bawah lautnya menjadi tujuan populer untuk wisata snorkeling dan diving, menjadi nikmat juga melihat keindahan alam laut Nusa penida dari dekat.
  • Saat mengendarai sepeda motor, kadang-kadang Kawan akan menjumpai beberapa jalan dengan kondisi yang kurang bagus sehingga untuk antisipasi perlu memakai helm, jaket, dan sepatu untuk lebih aman mengendari sepeda motor meskipun di tempat ini jarang ada polisi jaga.

Nah, demikianlah sejumlah tips wisata bagi Kawan yang berencana liburan ke Nusa Penida. Demi keamanan dan kenyamanan, silakan ikuti rekomendasi di atas ya, agar berwisatamu menjadi sesuai harapan.

Pagelaran Wayang Kulit "Sang Tetuka" Hibur Ratusan Warga Moskow, Rusia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini