Curug Cibaliung, Air Terjun Berair Jernih di Sentul Bogor

Curug Cibaliung, Air Terjun Berair Jernih di Sentul Bogor
info gambar utama

Curug Cibaliung adalah sebuah destinasi wisata curug di Bogor yang letaknya tak jauh dari Kota Jakarta. Sangat cocok bagi Kawan yang ingin melepas penat, untuk mengunjungi wisata alam satu ini. Dijamin, pikiran akan tenang bahkan bisa menjadi pilihan liburan seru bersama rekan-rekan.

Dengan keindahan alamnya yang masih asri, Curug Cibaliung diklaim sebagai wisata air terjun yang terbaik oleh masyarakat setempat. Curug Cibaliung ini berada di kawasan wisata Curug Leuwi Hejo, di kawasan ini juga terdapat obyek wisata alam lainnya seperti Curug Barong, Curug Leuwi Cipet, dan Curug Leuwi Lieuk.

Sejarah Curug Cibaliung

sejarah curug cibaliung di bogor
info gambar

Berada di tanah Sunda, yang mana curug memiliki arti “air terjun” dalam Bahasa Sunda. Jika diartikan Curug Cibaliung adalah Air Terjun Cibaliung, sementara masyarakat setempat menyebut objek wisata alam satu ini Curug Baliung.

Berawal dari ditemukannya sebuah aliran sungai di daerah Cibaliung, di sinilah asal muasal sejarah Curug Cibaliung. Nah, sejak itulah warga setempat menyebut tempat ini Curug Cibaliung.

Dimana lokasi Curug Cibaliung

lokasi curug cibaliung di bogor
info gambar

Curug Cibaliung ini merupakan salah satu wisata air terjun yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jangan kaget bagi Kawan yang ingin mencoba untuk berwisata ke Curug Cibaliung ini, karena lokasinya yang cukup menantang karena perjalannya yang membutuhkan ekstra tenaga agar bisa sampai ke sana. Tapi jangan khawatir, karena lelah kita akan terbayarkan saat sampai ke tempat ini.

Berapa HTM dan jam operasionalnya

HTM curug cibaliung di bogor
info gambar

Untuk menikmati keindahan alamnya yang asri, untuk harga tiket masuk Curug Cibaliung relatif terjangkau yaitu sebesar Rp15.000/orang dengan biaya parkir Rp5.000 dan biaya retribusi Rp5.000. Namun, HTM ini bisa saja berubah tanpa pemberitahuan.

Untuk jam operasionalnya dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Disarankan untuk bisa datang di pagi hari saat musim kemarau, agar Kawan bisa mendapatkan suasana berlibur yang seru dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dengan air terjun yang jernih dan memesona.

Apa yang bisa dilakukan di sana?

Namanya juga datang ke tempat wisata air terjun, tentunya kegiatan yang dapat dilakukan adalah berenang dengan air yang sangat jernih dan bening dari Curug Cibaliung ini. Di jamin, penat berjalan menuju lokasi akan terbayar tuntas dan membuat Kawan ingin kembali lagi menikmati suasana asri di sini.

Selain berenang, di sekitar curug juga terdapat spot foto yang menarik untuk melakukan bidikan kamera seperti di area air terjun, jembatan kayu penghubung area Curug Cibaliung dengan tebing di sebelahnya, serta area hutan yang rimbun dan asri.

Rute menuju ke Curug Cibaliung

rute menuju curug cibaliung di bogor
info gambar

Letaknya yang cukup dalam, untuk mencapai lokasi Curug Cibaliung dibutuhkan usaha yang lumayan berat. Bagi Kawan yang dari arah Jakarta bisa melalui tol Jagorawi dan keluar tol Sentul City, lalu masuk ke jalan utama Jungle Land di mana sebelum gerbang Jungle Land, belok ke kanan arah perkampungan. Lalu, setelah pertigaan belok kiri arah Leuwi Hejo.

Saat memarkirkan kendaraan, ada baiknya Kawan parkir di paling ujung arah ke Curug Cibaliung, agar tidak terlalu jauh untuk menuju lokasi.

Setelah parkir, di sinilah Kawan akan melakukan trekking untuk sampai ke lokasi Curug Cibaliung. Perjalanan bisa menghabiskan waktu satu sampai satu setengah jam, dengan medan yang dilalui adalah perjalanan naik turun dan cukup sulit. Jangan khawatir, di beberapa titik Kawan akan menemukan warung untuk beristirahat.

Seperti yang sudah disebutkan, perjalanan yang melelahkan tadi akan terbayar dengan sajian alam yang sangat menawan dari Curug Cibaliung! Bagaimana Kawan, tertarik untuk berwisata air terjun weekend ini?

Sumber artikel

  • sentulcity.co.id
  • bogorreview.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini