Yuk Cari Tahu Pengertian dan Ciri-ciri Patung Figuratif Beserta Contohnya!

Yuk Cari Tahu Pengertian dan Ciri-ciri Patung Figuratif Beserta Contohnya!
info gambar utama

Patung Pancoran, Patung Monumen Selamat Datang hingga Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan sederet patung yang begitu populer di Indonesia. Tahukah Kawan? Patung-patung ikonik tersebut merupakan karya seni yang masuk ke dalam jenis patung figuratif.

Patung sendiri merupakan salah satu jenis karya seni Trimatra yang disukai karena memiliki nilai estetika tinggi. Terbagi ke dalam berbagai jenis, patung figuratif menjadi salah satu jenis patung yang sangat populer karena dibuat dengan mengimitasi bentuk objek tertentu secara alamiah sehingga nampak realistik.

Pengertian dan Ciri-ciri Patung Figuratif

Patung figuratif merupakan patung yang dibentuk atau didesain dengan menirukan objek tertentu secara alamiah. Bentuk yang ditiru biasanya berupa benda hidup seperti manusia, binatang, dan tumbuhan.

Dikutip dari buku yang berjudul Diksi Rupa,Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa (2011) karya Mikke Susanto, sebutan patung figuratif sendiri berasal dari kata "figur" dan memiliki definisi sebagai patung yang terbentuk serta memiliki kesamaan dengan suatu objek tertentu.

Bukan hanya membentuk patung menyerupai objek yang ditiru secara utuh, biasanya pematung juga akan menambahkan estetika dari seni pop-surealis seperti menonjolkan karakter atau sifat objek tersebut. Hal inilah yang membuat patung figuratif menjadi lebih estetis, dramatis, dan tampak lebih "bernyawa" dibandingkan jenis patung non figuratif. Untuk lebih memahami karakteristik patung jenis ini, berikut beberapa ciri patung figuratif yang bisa Kawan ketahui.

Bentuknya Objek Asli

Seperti yang telah dijelaskan bahwa patung jenis figuratif ini memiliki bentuk menyerupai objek asli. Objek yang dipilih pada umumnya memiliki nilai historis atau merupakan sosok penting seperti pahlawan nasional.

Kasat Mata dan Bisa Dipegang

Ciri berikutnya adalah patung jenis ini kasat mata dan bisa dipegang. Kawan bisa melihat dan menyentuh detail yang realistis dari objek yang dibuat menjadi patung.

Memiliki Tekstur

Selanjutnya patung jenis figuratif juga memiliki tekstur sesuai dengan objek yang ditiru. Tekstur ini berguna untuk memberikan dimensi tambahan dalam menciptakan kedalaman visual pada karya seni.

Berupa Patung Realis atau Representatif

Perlu diketahui bahwa patung jenis figuratif merupakan patung yang memiliki rupa realis atau representatif. Yang dimaksud dengan realis di sini adalah sesuai dengan bentuk nyata atau asli dari objek. Sedangkan representatif berarti mencontoh sesuai dengan apa yang ada di kehidupan nyata.

Makna dan Kisah di Balik 5 Patung Ikonik dan Terkenal Indonesia

Contoh Patung Figuratif Paling Ikonik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat terkenal akan kekayaan seni dan budayanya. Di negara ini ada banyak sekali pematung handal yang menciptakan karya-karya luar biasa. Nah berikut ini merupakan contoh patung figuratif paling populer dan ikonik yang ada di Indonesia.

  1. Patung Garuda Wisnu kencana di Jimbaran Bali
  2. Patung Satria Gatotkaca di Bali
  3. Patung Monumen Selamat Datang di Jakarta
  4. Patung Dirgantara/Pancoran di Jakarta
  5. Monumen Patung Pancasila Sakti di Jakarta
  6. Patung Jenderal Sudirman di Jakarta
  7. Patung Jalesveva Jayamahe di Surabaya
  8. Patung Ikan Sura dan Baya di Surabaya
  9. Patung Yesus Memberkati di Manado Sulawesi Utara
  10. Patung Christina Martha Tiahahu di Ambon Maluku
  11. Patung Buddha Tidur di Mojokerto
  12. Patung Dewa Murugan di Langkat Sumatera Utara

Selain 12 patung di atas, masih banyak lagi patung figuratif yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dan tentu saja, setiap patung tersebut menyimpan makna dan sejarah tersendiri yang tersirat pada tiap lekuk dan guratannya. Jadi, patung figuratif manakah yang paling berkesan bagi Kawan?

Sumber:
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6190511/apa-itu-patung-figuratif-yuk-kenali-ciri-ciri-dan-contohnya
https://kumparan.com/berita-hari-ini/perbedaan-patung-deformatif-imitatif-dan-non-figuratif-1wCyxDF6kRh
https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/patung-di-indonesia-terpopuler-acc/28769
https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/patung-patung-jakarta/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini