Pasar Induk Among Tani Kota Batu Diklaim Terbesar se-Indonesia, Benarkah?

Pasar Induk Among Tani Kota Batu Diklaim Terbesar se-Indonesia, Benarkah?
info gambar utama

Pasar Induk Among Tani yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur diklaim menjadi pasar terbesar di Indonesia. Klaim tersebut dinyatakan oleh Presiden RI, Joko Widodo saat peresmian Pasar Induk Among Tani, Kamis (14/12). Pasar yang dibangun selama tiga tahun, sejak 2021 itu menempati area seluas 3,4 hektare atau sekitar 34.042 meter persegi.

“Saya melihat ini adalah pasar terbesar yang pernah saya lihat di Republik Indonesia ini. Menempati 3,4 hektare, gedungnya sangat megah berlantai tiga, semuanya ditata,” ujar Presiden.

Dengan luas tersebut, Pasar Induk Among Tani diperkirakan mampu menampung hingga 1.716 kios dan 914 los yang dibagi ke dalam tiga lantai. Kios-kios tersebut ditata sedemikian rupa sehingga tampak lebih rapi.

Lantai pertama seluas 1,49 hektare khusus untuk area basah, lantai dua dengan luas area 1,41 hektare untuk area kering, sedangkan lantai tiga seluas 0,6 hektare difungsikan sebagai pusat kuliner dan kantor.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa optimis pasar tersebut dapat mendongkrak perekonomian provinsi Jatim, khususnya Kota Wisata Batu.

“Kami yakin ekonomi Kota Batu akan semakin terungkit. Karena geliat dan perputaran ekonomi akan meningkat lewat adanya pasar induk yang sangat nyaman, fasilitasnya lengkap, dan juga ramah lingkungan,” tutur Khofifah.

Pasar Induk Among Tani didesain dengan konsep yang apik dan matang. Pasar tersebut dilengkapi dengan green building, ruang yang luas untuk berinteraksi, dan CCTV sebagai alat untuk memantau aktivitas di pasar tersebut. Selain itu, sirkulasi udara dan sanitasi, khususnya di pasar basah juga mendapat perhatian lebih. Sanitasi tersebut menggunakan sistem Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang modern.

“Saya apresiasi di sektor daging dan ayam, selama ini kebanyakan kurang friendly dan kurang higienisnya. Tapi di sini sanitasi dan sirkulasi udaranya cukup. Kami yakin bahwa pembelinya pasti sangat nyaman ketika berbelanja,” imbuh Khofifah.

Dengan dana pembangunan senilai Rp166,7 miliar, Pasar Induk Among Tani diklaim ramah disabilitas dengan dibuktikan adanya ramp difabel.

Pasar Ikan Hias Parung Terbesar di Asia Tenggara, Raup Omzet 1 Miliar Per Hari

Lantas, Benarkan Pasar Tani Among Batu Merupakan Pasar Terluas di Indonesia?

Untuk membuktikan klaim Presiden Jokowi bahwa Pasar Induk Among Tani merupakan pasar terbesar di Indonesia, penelusuran telah dilakukan melalui laman pencarian Google menggunakan kata kunci “pasar terbesar di Indonesia”. Dari pencarian tersebut, beberapa artikel menyebut Pasar Aur Kuning Bukittinggi, Pasar Beringharjo Yogyakarta, Pasar Tanah Abang Jakarta, Pasar Seni Sukawati Bali, dan Pasar Gedhe Solo merupakan deretan pasar terbesar di Indonesia.

Dengan menggunakan kata kunci atau keyword yang berbeda, didapati luas masing-masing pasar tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Luas Pasar Beringharjo Yogyakarta ialah 2,5 hektare.
  2. Luas Pasar Aur Kuning Bukittinggi ialah 2,3 hektare.
  3. Luas Pasar Tanah Abang Jakarta ialah 1,8 hektare.
  4. Luas Pasar Seni Sukawati Bali ialah 0,9 hektare.
  5. Luas Pasar Gedhe Solo ialah 0,6 hektare.

Jika Pasar Induk Among Tani dengan luas 3,4 hektare dikomparasikan dengan berbagai hasil penelusuran di atas, maka klaim Presiden Jokowi bahwa Pasar Induk Among Tani merupakan pasar terbesar dan terluas di Indonesia adalah benar.

Pemerintah Kucurkan Rp49 Miliar untuk Renovasi Pasar Sila di NTB

Referensi:

  • https://www.suarasurabaya.net/ekonomibisnis/2023/pasar-induk-among-tani-batu-diresmikan-presiden-khofifah-optimis-ekonomi-akan-terungkit/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini