Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Web atau Artikel

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Web atau Artikel
info gambar utama

Cara menulis daftar pustaka dari internet sebetulnya tidak memiliki perbedaan jauh dengan cara menulis daftar pustaka dari buku atau artikel jurnal. Meskipun demikian, penulisan daftar pustaka dari internet perlu dipelajari karena ada unsur lain yang perlu dicantumkan seperti link dan tanggal mengakses.

Hal tersebut sangat penting karena artikel di internet bisa terus berubah sewaktu-waktu. Berbeda dengan buku dan artikel jurnal yang isinya sudah final dan tidak bisa diubah oleh siapapun. Artikel ini membahas tentang cara menulis daftar pustaka dari internet, web atau artikel.

Apa Itu Daftar Pustaka?

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi sumber di sebuah karya tulis ilmiah. Daftar pustaka berisi informasi tentang identitas sumber yang digunakan, mulai dari penulis, judul artikel, hingga identitas penerbitnya. Daftar pustaka memiliki kedudukan yang sangat penting dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Salah satu tujuan adanya daftar pustaka dalam penulisan ilmiah adalah untuk menghindari plagiarisme. Pasalnya, di era modern seperti sekarang, plagiarisme dengan sangat mudah dilakukan saat menulis karya tulis ilmiah. Padahal, tindakan plagiarisme sangat merugikan dan melanggar etika akademik.

Selain itu, daftar pustaka juga bertujuan untuk memperkuat sebuah karya tulis ilmiah. Daftar pustaka berisi sumber-sumber yang digunakan untuk menulis karya ilmiah. Maka dari itu, daftar pustaka akan mencerminkan seberapa kredibel sumber yang dipakai dalam menulis dan menentukan juga kualitas dan isi tulisan di sebuah karya tulis ilmiah.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Web atau Artikel

Selain buku dan artikel jurnal, sumber lain yang bisa digunakan dalam menulis karya tulis ilmiah adalah artikel web yang bersumber dari internet. Beberapa artikel web bisa diandalkan tergantung siapa penulisnya dan seberapa baik kualitas websitenya.

Dalam penulisan daftar pustaka dari internet, web atau artikel perlu untuk menyertakan beberapa unsur berikut seperti nama penulis atau domain halaman website, tahun atau tanggal artikel tersebut diterbitkan, dan tanggal mengaksesnya.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Web atau Artikel dengan APA Style

Jenis APA Style adalah format penulisan yang paling umum digunakan. Berikut ini adalah cara menulis daftar pustaka dari internet, web atau artikel dengan APA Style: Nama Penulis atau Domain Halaman Website. (Tahun, Tanggal Terbit Artikel). Judul Artikel. Tanggal Diaksesnya, Tautan Website.

Contoh: Richtel, M. (2023, 25 Oktober). Is Social Media Addictive? Here’s What the Science Says. Diakses pada 31 Oktober 2023, dari https://www.nytimes.com/2023/10/25/health/social-media-addiction.html

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Web atau Artikel dengan Harvard Style

Selain APA Style, salah satu jenis penulisan daftar pustaka yang populer dan kerap dipakai untuk menulis daftar pustaka dalam karya tulis ilmiah adalah Harvard Style. Berikut ini adalah cara menulis daftar pustaka dari internet, web atau artikel dengan Harvard Style: Nama Penulis atau Editor, Judul Artikel, Nama laman, Tanggal akses, Alamat web.

Contoh: desJardins, M 1998, How to succeed in postgraduate study, Applied Ecology Research Group, University of Canberra, diakses pada 26 April 2001, https://aerg.canberra.edu.au/jardins/t.html

Demikian adalah cara menulis daftar pustaka dari internet, web atau artikel online yang perlu Anda ketahui. Pastikan penulisan daftar pustaka selalu tepat agar informasi yang disampaikan bisa utuh dan tidak terpotong.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini