Jepang Dukung Komitmen RI untuk Atasi Krisis Kemanusiaan di Palestina

Jepang Dukung Komitmen RI untuk Atasi Krisis Kemanusiaan di Palestina
info gambar utama

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Tokyo, pada 16 Desember 2023. Pertemuan ini membahas kerja sama kedua negara di berbagai bidang termasuk membangun perdamaian di Palestina.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Jepang akan mendukung komitmen Indonesia untuk terus mengupayakan gencatan senjata permanen, merancang bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan, dan mendorong dimulainya proses penyelesaian konflik di kedua negara.

Jepang menjadi salah satu negara yang turut memberikan perhatian atas krisis yang terjadi di Gaza melalui penyaluran bantuan sebesar 10 juta dolar AS (Rp156,5 milyar) bagi warga sipil di sana. Jepang juga terus mendorong upaya diplomatik agar mendapat akses kemanusiaan.

Relasi ASEAN-Jepang

Kunjungan Presiden Jokowi ke Jepang juga dimaksudkan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 50 Tahun Hubungan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang yang dilaksanakan keesokan harinya pada 17 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menggarisbawahi pentingnya merealisasikan kerja sama yang konkret, saling menguntungkan, dan bermanfaat langsung bagi masyarakat, seperti pendanaan infrastruktur, transisi energi, hingga penguatan rantai pasok.

Presiden juga berpesan agar kemitraan ASEAN-Jepang harus berorientasi masa depan. Untuk itu, ASEAN berharap Jepang dapat terus menjadi trusted partner dalam mewujudkan Asia Timur dan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang tangguh dan pusat pertumbuhan ekonomi.

Kemitraan antara ASEAN dan Jepang juga diharapkan berlandaskan pada visi bersama dan rencana implementasi yang dihasilkan melalui KTT tersebut. Tidak hanya itu, hasil KTT ini juga diharapkan dapat mendukung visi Komunitas ASEAN 2045.

RI dan Jepang Bakal Bangun MRT Balaraja-Cikarang Sejauh 84 KM

Kemitraan Strategis Komprehensif

Pada KTT ke-26 ASEAN-Jepang yang digelar di Jakarta, pada 6 September 2023 lalu, kedua pihak sepakat membentuk kemitraan strategis komprehensif yang tertuang dalam Joint Statement on the Establishment of the ASEAN-Japan Comprehensive Strategic Partnership.

Jepang juga berkomitmen untuk mendukung pembiayaan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Komitmen ini disampaikan secara langsung oleh perwakilan Jepang pada pertemuan bersama para pemimpin negara ASEAN.

“Jepang juga menyampaikan komitmen pendanaan sebesar 100 juta dolar AS untuk dukung implementasi AOIP melalui Japan-ASEAN Integration Fund (JAIF) 3.0,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dikutip dari laman setkab.go.id.

Investasi Besar-besaran Asia Tenggara: AS vs China vs Jepang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini