Siap-siap! Produk Indonesia Bakal Sering Mejeng di Drama Korea

Siap-siap! Produk Indonesia Bakal Sering Mejeng di Drama Korea
info gambar utama

Agensi periklanan Tanah Air, KVI Multitainment menjalin kemitraan strategis dengan Astory Co Ltd Korea Selatan, salah satu rumah produksi drama terbesar dan perusahaan media terkemuka di Korea Selatan.

Kedua pihak telah menyepakati kerja sama ini melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berfokus pada pengembangan dan pemasaran bisnis periklanan, dengan penekanan utama pada promosi melalui industri hiburan Korea.

Adanya kemitraan tersebut akan membuka akses Indonesia untuk memasarkan bisnis ke pasar Korea Selatan. Kerja sama ini juga diharapkan dapat memperkuat ikatan budaya dan ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan.

Mengintegrasikan produk Indonesia

Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengintegrasikan produk dan merek Indonesia ke dalam lanskap dinamis drama Korea. Kemitraan ini berperan penting dalam mempromosikan bisnis dalam negeri dengan memanfaatkan popularitas dan pengaruh industri hiburan korea.

Dilansir dari Liputan6.com, Selasa (19/12), Direktur Indonesia untuk KVIM berharap agar partisipasi Indonesia dalam drama Korea dapat menciptakan situasi yang menguntungkan, mendorong pertukaran budaya dan kerja sama ekonomi di antara kedua negara.

Salah satu produk lokal yang beberapa kali mejeng di drama Korea adalah Kopiko. Permen asli buatan Indonesia ini terpilih menjadi sponsor drama Korea populer, yang disukai di banyak negara berjudul “Little Women”.

Kopiko, Permen Kopi Asal Indonesia yang Muncul di Sederet Drama Korea hingga Luar Angkasa

Menggunakan produk dalam negeri

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Dody Widodo menyatakan pihaknya akan terus mendorong pengembangan produk lokal melalui penerapan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

P3DN dilaksanakan melalui optimalisasi belanja APBN pemerintah pusat dan daerah serta BUMN. Selain itu, Kemenperin juga memfasilitasi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bagi industri kecil dan menengah untuk promosi dan sosialisasi.

Dikutip dari laman kemenperin.go.id, salah satu contoh sukses penguatan kemampuan lokal adalah berkembangnya sentra industri logam tembaga di Boyolali. Kabupaten ini juga menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) yang digunakan untuk pembangunan sentra.

Produk Indonesia Merambah Dunia Lewat Halal Expo 2023 di Istanbul

Referensi:

Liputan6.com. Produk Indonesia Bakal Muncul di Drama Korea. https://www.liputan6.com/regional/read/5483829/produk-indonesia-bakal-muncul-di-drama-korea?page=3

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini