Benarkah Negara Madagascar Penduduknya Berasal dari Indonesia? Ini Jawabannya!

Benarkah Negara Madagascar Penduduknya Berasal dari Indonesia? Ini Jawabannya!
info gambar utama

Terpisah jauh dari daratan Benua Afrika wilayah dengan pemandangan menakjubkan dan kekayaan alam luar biasa ini menawarkan cerita yang mengagumkan. Pulau ini bukan sekedar tanah, tetapi juga ada sebuah kisah epik yang terukir di dalamnya. Dibalut sejarah alam yang indah inilah potret mempesona Madagascar, nagara yang jauh disana, namun memiliki tautan sejarah dengan Indonesia.

Madagascar adalah nama dari suatu pulau sekaligus negara yang lokasinya berada di Samudra Hindia dan berjarak sekitar 400 kilometer dari Benua Afrika. Ibukota dari Madagascar, yaitu Kota Antananarivo dan wilayah ini dipimpin oleh presiden dan dibantu oleh perdana menteri serta dewan legislatif berupa majelis rendah maupun majelis tinggi.

Berkeliling Janjang Koto Gadang, Replika Tembok Besar China dari Kota Bukittinggi

Terpisah dari Benua Afrika dan memiliki daratan tersendiri Madagascar mempunyai luas 587.041 km2 dan dihuni sekitar 28.172.462 penduduk. Madagascar termasuk nominasi pulau terbesar dengan peringkat keempat yang ada di dunia. Setelah Greenland, Papua Nugini, dan Kalimantan.

Nama Madagascar pertama kali dipopulerkan oleh orang Eropa, tepatnya pada abad pertengahan. Selain alam yang memukau, ada banyak hal menarik yang dapat di eksplor dari negara ini dan salah satunya dari hasil penelitian yang mengejutkan dari Peneliti Universitas Massey, Selandia Baru. Mereka menemukan bahwa, pulau itu tak hanya ditempati penduduk asli Afrika melainkan juga orang Indonesia, yang jarak kampung halamannya 8.000 kilimeter dari Madagascar.

Hasil penelitian tes DNA Mitokondria, menemukan bahwa 22% DNA milik 226 orang Madagascar yang diteliti memiliki tanda genetik orang Indonesia. Tes DNA Mitokondria dilakukan untuk mengetahui asal-usul keturunan suatu kaum atau kelompok. Merujuk penelitian tersebut diperkirakan ada sekitar 30 perempuan Indonesia yang ikut membentuk populasi awal di Madagascar.

Itu artinya nenek moyang Madagascar aslinya ada yang merupakan orang keturunan Indonesia. Fakta ini tentu sangat menarik mengingat letak kedua negara yang berjauhan, yang satu Afrika dan yang satu Asia. Namun, memiliki akar sejarah yang saling bertaut.

Nenek Moyang Indonesia dikenal sebagai seorang pelaut dan dari sinilah semua sejarah itu mulai. Saat para pelaut Indonesia berimigrasi mengarungi lautan menuju Madagascar, mereka tutur membawa budaya asal mereka di tempat tinggal barunya. Pulau Madagascar pertama kali dihuni oleh pendatang asal Indonesia yang kala itu masih disebut Nusantara.

Mereka diyakini berlayar sejauh 8.000 kilometer dari Kalimantan dan Sulawesi. Tiba pada abad ke-9 masehi atau lebih dari 1.000 tahun lalu dan orang ini secara turun-temurun membentuk koloni suku Malagashi. Saat ini, suku Malagashi masih eksis dan mendominasi wilayah Madagascar.

Perdagangan 2023 Ditutup, Pasar Modal Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kemiripan Madagascar dengan Indonesia juga dapat ditinjau secara linguistik. Bahasa Madagascar merupakan salah satu rumpun bahasa Melayu Polinesia, bahkan sangat mirip dengan bahasa suku Manyan, salah satu suku Dayak di Kalimantan Barat.

Tak hanya itu, beberapa kuliner Madagascar juga disebut ada kemiripan dengan makanan yang ada di Indonesia, salah satunya adalah sate. Kedekatan budaya semacam ini membuat bahasa Indonesia digandrungi di Madagascar. Tak heran bila di sini terdapat sekolah bahasa Indonesia yang setiap hari dipenuhi masyarakat bahkan orang Madagascar didorong mengambil beasiswa darmasiswa dan program master di Inonesia.

Namun sayangnya, kondisi dalam negeri Madagascar sangat rumit dengan masyarakatnya yang dilanda kemiskinan parah. Mayoritas 90% penduduk Madagascar berada dalam lingkaran kemiskinan. Selain itu infrastruktur di sini sangat minim dan berbanding jauh dengan yang ada di Indonesia.

Tak hanya sejarahnya yang menarik, alam Madagascar juga begitu tersohor ke seantero dunia. Madagascar memiliki tumbuhan yang menjadi ciri kahsnya yaitu pohon baubab. Pohon baubab adalah salah satu pohon yang luar biasa di dunia, dengan karekteristik unik yang mencakup ukuran, umur, dan banyak aspek lainnya.

Salah satu ciri mencolok dari pohon baubab adalah batangnya besar dan tebal. Baubab dapat tumbuh mencapai 30 meter dan memiliki diameter batang 10 hingga 11 meter. Batang ini mengandung jaringan silen yang sangat kuat dan membantu pohon ini menyimpan air. Pohon Baubab juga dikenal sebagai salah satu pohon yang dapat hidup dalam waktu yang sangat lama.

Beberapa pohon baubab bahkan dapat mencapai usia ribuan tahun karena pertumbuhannya yang lambat. Pohon baubab bisa mencapai usia lebih dari 6000 tahun. Madagascar memiliki flora dan fauna yang sangat beragam, lemur merupakan salah satu hewan yang mencuri perhatian di sana. Lemur adalah primata ekslusif yang hanya ditemukan di pulau Madagasca dengan lebih dari 100 spesies yang beragam. Mereka adalah makhluk juno yang berkembang dalam isolasi.

Setelah Dirawat 7 Bulan, Orangutan Bernama Rongring Dilepasliarkan ke SM Siranggas Sumut

Lemur adalah hewan nokturnal dengan mata besar hidup dalam kelompok sosial yang dipimpin oleh betina dominan. Makananya terdiri dari buah, daun, dan serangga kecil. Masyarakat Madagascar memiliki berbagai mitos, legenda, dan tradisi yang melibatkan lemur serta hewan ini sering kali dianggap sebagai simbol keberuntungan atau roh leluhur dalam kepercayaan mereka.

Meskipun jarak Madagascar dan Indonesia sangat jauh terpisah benua dan samudera, namun siapa sangka memiliki hubungan sejarah erat dengan Indonesia. Ini membuktikan jarak yang membentang bukanlah sebuah halangan. Selagi daratan masih bisa dijelajahi dan lautan masih bisa disembrangi, maka bumi bukan hal mustahil kisah ini dapat terukir.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini