Pentingnya Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak

Pentingnya Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak
info gambar utama

Komunikasi yang baik merupakan kunci dalam interaksi keluarga menjadi penuh kehangatan.

Namun faktanya menunjukkan, tidak semua orang tua dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga membuat anak tidak nyaman berbicara dengan orang tua nya sendiri sehingga hubungan orang tua dan anak tidak baik.

Nah, apa maksud dari komunikasi itu sendiri? Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (perasan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain.

Menurut Raymond S. Ross komunikasi sebagai suatu proses transaksional yang meliputi pemisahan dan pemilihan bersama lambang secara kognitif sehingga membantu orang lain untuk mengeluarkan dari pengalamannya sendiri.

Komunikasi merupakan aktivitas sehari-hari yang sering digunakan oleh manusia karena komunikasi sendiri memiliki peran penting bagi kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Komunikasi salah satu terpenting dari pembentukan hubungan antara orang tua dan anak. Namun, masih banyak orang tua yang tidak menyadari hal ini padahal komunikasi merupakan hal sederhana dan mudah dilakukan.

Jika komunikasi antara orang tua dan anak baik maka hubungan nya juga sangat baik dan tidak mengganggu psikologis anak.

Sebaliknya, jika komunikasi orang tua dan anak buruk maka psikologis anak terganggu dan anak akan merasa bahwa diri nya tidak berguna, terjadi pertengkaran anak dan orang tua.

Banyak di luar sana yang merasa kurang komunikasi dengan orang tua karena orang tua nya sibuk, tidak mau mendengarkan cerita anak.

Padahal hal ini sangat sederhana dan anak juga sangat senang jika cerita mereka didengar dengan baik oleh orang tuanya.

Baca Juga: Mengenal Dunning-Kruger Effect, Si Bodoh yang Sok Pintar

Dampak Kurangnya Komunikasi Orang tua dan Anak

  • Kemampuan komunikasi yang tidak baik

Menurut Professor Sandra Crosser, faktor yang berpengaruh pada kemampuan komunikasi anak yaitu dari keluarga.

Anak yang jarang berbicara dengan orang tua nya, anak kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya.

  • Hubungan keluarga tidak baik

Kurang berkomunikasi antara orang tua dan anak hubungan keluarga pun kurang baik. Banyak kesalahpahaman antara orang tua dan anak karena anak merasa tidak didengar dan tidak dapat dukungan orang tua nya secara langsung.

Hasil studi “The National Centre For Biotechnology Information” mengatakan bahwa hubungan keluarga keluarga yang tidak erat karena kurang komunikasi maka perilaku anak pada masa depan akan terganggu.

  • Masalah Perilaku dan Perkembangan Anak Terabaikan

Anak yang kurang komunikasi dengan ornag tua sering sulit untuk mengeksperiskan emosinya sehingga anak akan berperilaku negative, anak akan kena depresi dan sulit untuk percaya ke orang tua.

Perkembangan anak juga jadi terabaikan karena orang tua yang tidak banyak tahu tentang apa yang dialami anaknya karena kurangnya komunikasi dengan anak.

Cara Berkomunikasi yang Baik antara Orang tua dan Anak

  • Mendengarkan anak ketika bercerita

Orang tua wajib mendengarkan apa yang anak ceritakan karena ini adalah salah satu kunci utama dalam membentuk hubungan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak.

Jika anak bercerita sebagai orang tua jangan sambil menelpon atau melakukan kegiatan. Cukup dengarkan saja sehingga anak akan merasakan bahwa cerita yang dia sampaikan itu penting.

  • Membiasakan dialog dengan anak

Berbicara hal sederhana dapat dilakukan secara rutin agar memperkuat ikatan dan rasa percaya orang tua dan anak.

Jika anak mengalami suatu masalah makai a akan bercerita kepada orang tua nya dan berbicara dengan anak tidak harus menunggu ada nya suatu permasalahan.

  • Mengelola emosi ketika berkomunikasi dengan anak

Saat berkomunikasi dengan anak, orang tua harus mengendalikan emosi nya agar saat berkomunikasi dengan baik.

Orang tua juga harus menyadari emosi ketika sedang berbicara dengan anak. Apakah suasana hati sedang baik atau tidak.

Jika sedang emosi harus menenangkan diri agar anak merasakan kenyamanan saat berbicara. Dengan emosi negatif, anak akan merasa sulit untuk berbicara.

  • Memberikan apresiasi kepada anak

Memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan oleh anak. Sebagai orang tua kurangi mengkritik apa yang telah dilakukan anak karena jika terlalu banyak mengkritik akan menurunkan motivasi anak.

Baca Juga: Hidup Sebagai Seorang People Pleaser

Oleh karena itu orang tua perlu memberikan apresiasi kepada anak agar anak memiliki rasa percaya diri yang tingi dan anak merasakan kalau diri nya disayang.

Ayo perbaiki hubungan komunikasi dalam keluarga dan bangun hubungan yang lebih kuat dan lebih dekat dengan berkomunikasi secara aktif!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini